buah penambah nafsu makan

5 Buah Penambah Nafsu Makan

Kurang nafsu makan atau malas makan adalah hal yang muncul karena gangguan faktor fisik ataupun psikologis pada anak. Banyak anak yang tengah mengalami tidak nafsu makan karena pencernaanya sedang bermasalah. Sementara, tidak nafsu makan akibat faktor psikologis karena anak sedang sedih atau stress.

Faktanya, anak memerlukan banyak nutrisi untuk beraktivitas. Dan, jika nafsu makannya berkurang, cobalah 5 buah penambah nafsu makan beriku.

1. Buah Jeruk

buah penambah nafsu makan

Buah jeruk atau memiliki nama latin Citrus Sinensis merupakan buah perangsang makan anak dan dewasa. Anda pasti pernah mendengar bahwa buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C nya. Vitamin C dalam jeruk mencukupi 90% kebutuhan harian manusia atau mencapai 53,2 mg per 100 g. Vitamin ini memang telah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Namun, bukan itu saja ternyata kegunaanya.

Faktanya, vitamin C pun dapat menambah nafsu makan bagi si kecil. Disamping itu, jeruk mengandung nutrisi dan gizi essensial lainnya, berupa vitamin B1, serat pangan pektin, folat, dan vitamin A. Cobalah untuk memberikan buah jeruk ini secara teratur pada buah hati anda. Selain itu, untuk mengatasi masalah nafsu makan pada anak- anak dan ibu hamil, buah jeruk dapat dijadikan sebagai jus buah untuk anak susah makan.

Bahkan selain menambah nafsu makan anak, didalam jeruk juga terdapat asam folat yang bisa membantu proses perkembangan dan pertumbuhan otak anak. Diketahui bahwa asam folat ini memiliki peran penting dalam proses pembentukan otak anak. Selain itu jeruk dapat membantu mencegah kanker, mencegah diabetes, sebagai sumber kalium atau potassium, menurunkan risiko penyakit batu ginjal saat ia dewasa, menjaga kesehatan jantung, dan membantu pertumbuhan jaringan tubuh anak.

2. Apel

buah penambah nafsu makan
Mengkonsumsi buah apel adalah cara agar anak nafsu makan tinggi selanjutnya. Buah dengan rasa enak dan lezat ini ternyata mampu meningkatkan proses pencernaan. Hasilnya, tubuh anda akan cepat lapar secara alami.

Walaupun begitu, apel pun dapat menjadi makanan untuk tidak nafsu makan. Bahkan, apel ini sering digunakan oleh pelaku diet untuk menurunkan berat badan mereka.

Mengonsumsi apel dapat membantu tubuh menjaga kesehatan secara keseluruhan karena kandungan vitamin dan mineral didalamnya. Kandungan- kandungan dalam apel yang dapat menambah nafsu makan dan menjaga kesehatan tubuh anak, yakni folifenol, anti oksidan flavonoid, dan fitonutrien.

Total kandungan kekuatan anti oksidannya mencapai 5900 TE dalam 100 apel. Selain itu, apel berukuran sedang menyediakan 14% kebutuhan harian vitamin C dan mengandung 4 gram serat makanan.

Dan, untuk menambah nafsu makan si kecil, apel bisa dijadikan sebagai jus dan dicampur dengan buah strawberry. Lalu bagaimana cara membuat satu gelas jus strowberi apel yang segar? Mula- mula, siapkan 4 buah stroberi yang sudah matang, 1 buah apel merah, 100 ml air matang.

Kemudian, buang biji apel dan masukan potongan apel dengan 4 buah stroberi yang sudah matang ke dalam blender bersamaan. Lalu, tambahkan air. Nyalakan blender dan tunggu hingga apel dan strawberry tercampur merata. Setelah itu, masukkan ke dalam gelas dan jus apel strawberry pun siap dihidangkan.

3. Buah Pepaya

buah penambah nafsu makan

Satu buah yang banyak mengandung nutrisi untuk menunjang kesehatan tubuh anak dan menambah nafsu makan anak adalah papaya. Pepaya mengandung berbagai nutrisi, berupa papain, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium karbohidrat, magnesium, dan kalsium. Selain itu, dalam 100 gram buah papaya, terdapat serat dengan kadar 1,3 gram. Pepaya pun mengandung papain yang berfungsi untuk mengurai protein dalam usus.

Juga, buah ini mengandung suatu alkaloid karpaina yang dapat menumpas masalah- masalah penyakit yang dapat menyebabkan anak menjadi susah makan. Karpaina ini mampu mencegah konstipasi (sembelit), melancarkan saluran pencernaan, meredakan demam, mengatasi infeksi, mengatasi sariawan, dan untuk peluruh cacing. Dengan mengonsumsi buah papaya pun anak akan terhindar dari sembelit atau susah buang air besar.

4. Pisang Ambon

obat nafsu makan tradisional

Pisang Ambon bisa menjadi salah satu buah buahan untuk anak untuk menambah nafsu makannya. Buah ini kaya akan nutrisi dan energy yang dibutuhkan oleh si kecil. Dengan memberikan pisang pada anak, buah ini bisa menambah asupan karbohidrat di dalam tubuh anak. Selain itu, ini merupakan buah pilihan untuk makanan bayi karena teksturnya yang lembut. Untuk anak- anak, pisang bisa menjadi bekal yang sehat ke sekolah.

Sebuah studi pernah dilakukan di sekolah Twickehnham di Middlesex, Inggris terhadap 200 pelajarnya. Kepada para pelajar diberikan makanan tambahan berupa pisang saat sarapan, makan siang, dan istirahat. Hasilnya, konsumsi pisang tersebut membantu proses belajar para murid. Ternyata kandungan yang berperan meningkatkan konsentrasi belajar anak adalah kalium.

Orang tua pun dapat mencoba resep pisang ini untuk menambah nafsu makan anak. Caranya sangat mudah yaitu dengan menyiapkan dua sendok pisang ambon. Lalu, campurkan dengan dua sendok makan madu. Kemudian, aduk- aduk hingga merata. Ini bisa dikonsumsi setiap hari hingga nafsu makan anak normal kembali.

5. Buah Beri

Dibandingkan jenis buah-buahan lainnya, buah yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi adalah buah beri. Selain itu, buah beri juga kaya akan vitamin A, B Kompleks, C dan E serta selenium, tembaga, antosianin, zat besi, dan zinc.

Jenis buah berry memang memiliki banyak varian dan macam. Rasa asam yang ditimbulkan dan warna yang menarik dapat menambah nafsu makan pada anak. Atau, berikan campuran beri pada kue atau pudding sebagai cemilan penambah nafsu makan si buah hati.

Misalnya saja buah strawberry. Strawberry merupakan salah satu buah yang disukai oleh anak- anak karena memiliki rasa asam yang menyegarkan dan juga rasa manis. Selain itu, biasanya buah strawberry dijadikan jus, sebagai perasa kue, dan digunakan sebagai campuran pada es krim. Juga, buah ini sering menghiasi kue ulang tahun untuk anak- anak. Hal ini dikarenakan secara fisik buah strawberry memiliki bentuk dan warna yang cerah dan cantik.

Itulah buah penambah nafsu makan yang bisa anda jadikan camilan sehat untuk sang buah hati agar keinginan makannya kembali lagi. Baca juga vitamin otak untuk anak untuk meningkatkan kecerdasan dan kepintarannya disamping menambah nafsu makannya. Selain itu, pelajari juga cara mengatasi anak susah makan nasi.

No Responses

Write a response