antibiotik untuk infeksi saluran kemih

Berikut Jenis Antibiotik Untuk Infeksi Saluran Kemih

Apa itu infeksi saluran kemih atau ISK dan apa saja antibiotik untuk infeksi saluran kemih? Infeksi saluran kemih atau ISK adalah infeksi yang terjadi pada salah satu atau seluruh bagian saluran kemih. Penyebab ISK yang paling sering terjadi adalah akibat bakteri yang masuk ke uretra dan berkembang biak di kandung kemih. Bakteri yang paling sering menyebabkan Iinfeksi saluran kemih adalah E.Colli (Escherichia Coli.).

Bakteri ini hidup disekitar anus dan didalam usus besar. Infeksi oleh bakteri ini akibat kurang bersihnya saat membersihkan sisa buang air besar atau buang air kecil. Oleh karena itu, bakteri yang tertinggal akan masuk ke uretra dan menginfeksi saluran kemih. Ada juga perilaku yang menyebabkan ISK yaitu membersihkan anus dan saluran kencing dengan tisu toilet yang sama. Selain itu, ISK juga sering disebabkan oleh bakteri akibat hubungan seksual seperi gonorrhea, herpes, dan chlamidya.

Apabila anda menderita infeksi saluran kemih atau ISK, sebaiknya anda cepat berkonsultasi dengan dokter agar penggunaan antibiotik dapat segera dilakukan. Beberapa jenis antibiotik yang sering diromendasikan oleh dokter adalah Levofloxacin, Ciprofloxacin, dan trimethoprim.

Selain antibiotik tersebut, yang juga sering digunakan untuk mengatasi ISK adalah fosfomycin, azithromycin, cephalexin, ceftriaxone, dan doxycycline. Selama infeksi kandung kemih masih tergolong ringan dan tidak berisiko menimbulkan penyakit, perawatan di rumah sakit tidak diperlukan.

Ulasan dibawah ini akan membahas beberapa antibiotik untuk infeksi saluran kemih.

Apa saja jenis antibiotik dan manfaatnya? Simak ulasannya.

1. Ciprofloxacin

Ciprofloxacin adalah salah satu antibiotik golongan kuinolon (quinolone) yang digunakan untuk mengatasi beberapa infeksi akibat bakteri. Beberapa kondisi yang dapat diatasi oleh ciprofloxacin adalah infeksi saluran kemih, infeksi ginjal, dan infeksi menular seksual. Jenis antibiotik untuk infeksi saluran kemih ini bekerja dengan cara mencegah dan membunuh bakteri penyebab infeksi.

antibiotik untuk infeksi saluran kemih

 

Karena ditujukan untuk mengatasi infeksi bakteri, ciprofloxacin tidak bermanfaat untuk mengatasi infeksi virus seperti flu dan pilek. Merek dagang dengan kandungan ciprofloxacin diantaranya Pharpros, Baquinor Forte, Phaproxin, Wiaflox, Floxid, Coroflox, Ciprec 500, Lapilfox, Cifloxan, Bestypro, dan masih banyak lainnya. Bentuk obatnya berupa tablet, obat oles, sirup, tetes mata, tetes telinga, dan infuse.

Terdapat beberapa peringatan dalam menggunakan ciprofloxacin untuk ISK. Bagi penderita epilepsy, defisiensi glukosa-6-fosfat dehidrogenase (G6PD), myasthenia gravis, penyakit jantung, aritmia, gangguan ginjal, dan tendonitis, anda perlu berhati-hati. Ciprofloxacin dapat menyebabkan kejang-kejang. Selain itu, penting meminum antibiotik ciprofloxacin hingga habis sesuai petunjuk dokter agar bakteri musnah seluruhnya dan mencegah infeksi datan kembali.

Selanjutnya, antasida, suplemen yang mengandung zinc dan zat besi, susu, dan jeruk dapat menghambat kinerja antibiotik ini. Kemudian, segera hubungi dokter jika mengalami alergi atau overdosis.

Mengenai dosis, ciprofloxacin diberikan sesuai dengan jenis dan keparahan infeksi. Mintalah petunjuk dokter untuk mengetahui dosis untuk remaja dibawah 18th dan anak-anak. Untuk orang dewasa, tentunya dosis ciprofloxacin juga berbeda-beda. Misalnya, untuk infeksi saluran kemih yang akut dan tidak terkomplikasi, dosisnya adalah 250 mg tiap 12 jam selama 3 hari. Untuk infeksi saluran kemih yang ringan atau sedang, dosisnya adalah 250 mg tiap 12 jam selama 1-2 minggu. Untuk ISK yang parah dan terkomplikasi, dosisnya adalah 500 mg tiap 1-2 minggu.

2. Levofloxacin

Salah satu jenis antibiotik yang dapat mengatasi ISK adalah levofloxacin. Levofloxacin adalah jenis antibiotik yang masuk kedalam golongan quinolone. Cara kerja levofloxacin adalah dengan mencegah duplikasi DNA bakteri. Mencegah duplikasi DNA berarti menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri.

antibiotik untuk infeksi saluran kemih

 

Selain itu, Levofloxacin akan membunuh bakteri dan mencegahnya tumbuh kembali. Levofloxacin dapat mengatasi infeksi saluran kemih atau kecing, infeksi usus, infeksi ginjal, infeksi prostat, infeksi jaringan lunak, infeksi kulit, dan sinusitis. Antibiotik ini juga dapat mencegah Pes (termasuk bentuk pneumonic dan septicemic) dan juga mengobati penyakit anthrax.

Levofloxacin biasanya digunakan jika antibiotik lain tidak dapat mengatasi infeksi atau tidak dapat diresepkan oleh dokter karena alasan tertentu. Merek dagang dengan kandungan Levofloxacin diantaranya Cravit/Cravit IV, Voxin, Rinvox, Nislev/Nislev IV, Armolev 500 dan masih banyak yang lainnya.

Masalah dosis, dosis Levofloxacin oral bagi orang dewasa adalah 500mg/hari. Dosis biasanya akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan tingkat keparahan penyakit. Untuk infeksi kandung kemih atau ISK, dokter biasanya akan memberikan dosis 250mg/hari. Levofloxacin diberikan 3-28 hari tergantung pada jenis dan tingkat keparahan infeksi. Terkadang pengobatan infeksi saluran kemih bisa dilakukan selama 60 hari jika memang diperlukan.

3. Trimethoprim

Trimethropim adalah jenis antibiotik yang sering diresepkan oleh dokter untuk mengatasi berbagai infeksi bakteri. Salah satu kegunaan dari antibiotik ini adalah mengatasi ISK. Trimethropim tergolong kedalam antibiotik keras sehingga penggunaannya jangan dilakukan dalam jangka waktu lama.

Namun, khusus untuk Infeksi Saluran kemih atau ISK biasanya dokter akan menganjurkan pemakaian trimethropim daam jangka waktu yang lama. Obat ini bekerja dengan cara membunuh bakteri dan mencegah pertumuhannya. Selain ISK, Trimethropim juga bisa digunakan untuk mengobati infeksi dada atau pneumonia.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatiKan penderita ISK dalam mngonsumsi trimethropim. Trimethropim tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena dapat membahayakan janinnya. Sedangkan untuk ibu menyusui, konsultasikanlah dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Kemudian, harap berhati-hati dalam mengonsumsi trimethropim jika anda mengalami gangguan ginjal atau darah. Selain itu, berhati-hati jika anda kekurangan asam folat atau vitamin B9.

Mengenai dosis, trimethropim digunakan berdasarkan golongan usia. Untuk anak- anak 12th keatas hingga dewasa, trimethropim dikonsumsi 100 mg 2 kali sehari atau 200 mg sekali sehari. Pengguaannya biasanya untuk jangka waktu 10 hari. Kemudian untuk anak-anak dibawah 12th, penggunaannya tidak dianjurkan kecuali ada instrusi dari dokter.

4. Cephalexine

Cephalexine adalah salah satu jenis antibiotik yang dapat memberantas bakteri penyebab ISK. Cephalexine adalah jenis antibiotik untuk infeksi saluran kemih yang masuk kedalam golongan sefalosporin. Selain itu, cephalexine dapat mengatasi kondisi infeksi lainnya seperti infeksi dada, infeksi telinga, infeksi kulit, dan masih banyak yang lainnya.

Dalam mengobati dan mengatasi penyakit-penyakit tersebut, cephalexine bekerja dengan cara membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri. Antibiotik ini sebenarnya aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak dibawah usia 5 tahun. Oleh karena itu, Cephalexine dapat mengatasi infeksi saluran kemih pada ibu hamil.

Ada beberapa perhatian yang perlu diketahui oleh penderita ISK dalam mengonsumsi cephalexine. Untuk infeksi saluran kemih pada wanita hamil, sesuaikan dosis dengan pentunjuk dari dokter. Kemudian, harap berhati-hati jika penderita ISK memiliki riwayat gangguan ginjal.

Dalam hal dosis, dosis cephalexine untuk dewasa dan manula adalah 500 mg tiga kali sehari. Untuk anak-anak diatas 5 tahun, cephalexine diberikan sebanyak 250 mg tiga kali sehari. Sedangkan untuk bayi dibawah 5 tahun, dosisnya adalah 125mg tiga kali sehari.

5. Azithromycin

Azithromycin adalah antibiotik yang masuk dalam golongan makrolida. Azithromycin dapat digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri seperti infeksi kulit, infeksi kelamin, infeksi telinga, dan masih banyak yang lainnya. Jenis antibiotik untuk infeksi saluran kemih ini biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang alergi terhadap antibiotik golongan penisilin.

Azithromycin bekerja dengan cara mencegah dan menghambat perkembangbiakan akibat bakteri. Antibiotik ini hanya diberikan melalui rese dari dokter. Merek dagang dengan kandungan Azithromycin adalah Zycin, Zitrolir, Zithromax, Zithrax, Zifin, Zarom, Mezatrin 250, dan Azomax.

Nah, itulah ulasan mengenai antibiotik untuk infeksi saluran kemih. Untuk terhindar dari ISK, jagalah kebersihan dengan membersihkan sisa buang air kecil dan besar hingga tuntas dan bersih. Bersihkan dengan menggunakan tisu atau air dari arah depan kebelakang. Selain itu, minumlah air putih yang banyak agar bakteri terbuang dan sulit untuk berkembang biak. Anda juga bisa membaca ulasan antibiotik yang aman untuk ibu hamil dan menyusui disini.

No Responses

Write a response