bolehkah ibu hamil makan mie instan

Sebenarnya, Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Mie instan memang merupakan makanan siap saji atau junk food yang populer di kalangan masyarakat. Begitu mudah membuat mie instan yang enak dan akan menolong rasa lapar dalam seketika. Tidak hanya itu, citara rasa yang gurih dan segar seringkali membuat ibu hamil menjadi ketagihan. Namun, bolehkah ibu hamil makan mie instan ?

bolehkah ibu hamil makan mie instan

Mengkonsumsi mie instan secara berlebihan sangatlah tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Apalagi untuk ibu hamil, seseorang tidak mengalami kehamilanpun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi mie instan berlebihan. Kandungan-kandungan dalam mie instan ternyata dapat membahayakan janin yang dikandung.

Bolehkah ibu hamil makan mie instan pada saat ngidam?

Nah, sebelum mengetahui apa mie instan boleh atau tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, lebih baik anda mengetahui terlebih dahulu komposisi dalam mie instan.

I. Kandungan Mie Instan

Beberapa kandungan yang berbahaya pada mie instan bagi ibu hamil.

1. Monosodium Glutamat (MSG)

Bahan yang paling berbahaya dalam mie instan adalah bumbunya. Jika anda tidak percaya, anda bisa menyiramkan kuah mie instan ke tanaman. Dalam jangka waktu seminggu, jika anda menyiram tanaman tersebut dengan kuah mie instan, tanaman itu akan mati.

Begitu pula juga dengan bumbu mie intan yang masuk kedalam tubuh secara terus menerus. Hal itu dapat mengganggu fungsi dan merusak organ tubuh. Bumbu mie instan juga dapat menyebabkan mual, kerusakan lambung, sulit tidur, dan juga pusing.

Bumbu mie instan tersebut mengandung MSG yang membuat mie instan menjadi gurih. MSG yang dikonsumsi berlebihan tidak bagus untuk kesehatan, perkembangan, dan pertumbuhan janin. Sebenarnya konsumsi MSG ganganlah melebihi 12 gram perharinya.

2. Lilin

Zat lilin dalam mie instanlah yang membuat mie menjadi tidak lengket. Selain itu, jika anda jeli mempehatikan, mie instan memiliki permukaan yang mengkilat yang mendakan terdapat zat lilin didalamnya. Bolehkah ibu hamil makan mie instan goreng dan mie rebus yang mengandung lilin?

Anda tahu sendiri jawabannya. Semakin sering ibu hamil makan mie pangsit dan mie instanberarti semakin sering zat lilin masuk kedalam tubuh.

3. Natrium

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap mie instan, mie instan juga mengandung natrium yang membahayakan tubuh. Mie instan biasanya terasa asin karena kandungan natriumnya yang tinggi. Natrium yang dikonsumsi secara terus menerus atau berlebihan dapat menyebabkan maag akut dan juga hipertensi. Dalam 1 bungkus mie instan, terdapat kira-kira 1.380 miligram natrium. Kadar natrium tersebut tergolong tinggi.

4. Kalori

Mie instan juga tinggi akan kalori. Kalori yang berlebihan ini dapat menyebabkan efek negative terhadap kesehatan.

5. Penambah Rasa dan Pengawet

Penambah Rasa ini biasanya tersedia dalam aneka rasa dan membuat mie instan menjadi semakin nikmat. Misalnya saja rasa kari ayam, rasa ayam bawang, rasa soto sapi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mie instan juga mengandung pengawet yang dapat membuat mie instan awet disimpan dalam jangka yang lama.

Zat pengawet tersebut berbahaya jika masuk ke tubuh secara berlebihan. Penambah rasa pada mie instan juga mengandung banyak flavor. Konsumsi zat ini bisa menyebabkan kandungan tidak sehat ini menumpuk didalam tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.

6. Kandungan Bergizi dalam Mie Instan

Sebenarnya mie instan mengandung komposisi zat besi, kalsium, asam folat, vitamin A, B1, B6, B12, C, serat, lemak, dan karbohidrat. Walaupun kandungan kandungan bergizi tersebut terdapat dalam kadar yang sedikit. Namun, kandungan-kandungan tersebut setidaknya cukup membantu dalam tumbuh kembang janin.

II. Bahaya Mie Instan Terhadap Ibu Hamil dan Janin

1. Membahayakan Janin yang dikandung

Seperti yang disebutkan diatas, salah satu bahan yang berbahaya dalam mie instan untuk ibu hamil trimester pertama adalah MSG atau Monosodium Glutamat. Apabila MSG dikonsumsi secara berlebihan, ini dapat menyebabkan lemas, mual, dan muntah. Ini sangatlah berdampak negative pada bayi yang dikandung. Bahkan, kandungan ini juga dapat menyebabkan keguguran.

bolehkah ibu hamil makan mie instan

Oleh karena itu, lebih baik anda menghindari konsumsi mie instan. Jika memang anda tidak bisa menghindari untuk mengkonsumsi mie instan, anda bisa mengkonsumsinya dua bulan sekali.

2. Menimbulkan Obesitas pada Ibu Hamil

Saat masa kehamilan, ibu akan mengalami perubahan fisik terutama di daerah perut dan tubuh. Hal ini wajar karena disebabkan oleh perkembangan janin yang dikandungnya. Namun, bahan-bahan yang digunakan dalam mie instan memiliki kadar garam dan lemak yang tinggi. Kandungan-kandungan ini merupakan pemicu utama obesitas pada anda. Obesitas akan sangat mebahayakan ibu dan janin.

3. Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Mie instan juga mengandung propylene glycol yang berbahaya bagi ibu hamil. Zat kimia ini dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun. Jika sistem imun ibu melemah, ia akan mudah terserang berbagai penyakit yang akan membahayakan kehamilannya. Bahkan kandungan ini juga dapat merusak hati, ginjal, dan jantung pada ibu hamil makan mie instan mentah.

4. Terganggunya Sistem Metabolisme Tubuh

Makan mie instan saat hamil muda yang mengandung zat pengawet yang akan berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak. Zat pengawet dan zat penguat rasa dalam mie instan dapat mengganggu sistem metabolisme ibu hamil dan janin.

Jika sistem metabolism terganggu, ibu akan rentan mengalami penyakit degenerative. Penyakit degenerative yang bisa muncul akibat mie instan adalah stroke, kanker, diabetes, dan penyakit berbahaya lainnya.

III. Tips Mengkonsumsi Mie Instan untuk Ibu Hamil

Bolehkah ibu hamil makan mie instan? Sebenarnya jika ibu hamil sangat ingin makan mie instan, boleh saja asal dengan frekuensi dan penyajian yang tepat. Mie instan tidak boleh dikonsumsi sekali sehari, hanya boleh dikonsumsi seminggu sekali bagi ibu hamil.

Terdapat beberapa tips mengkonsumsi mie instan jika ibu hamil tidak bisa mengindarinya sama sekali. Sebaiknya ibu hamil hanya menggunakan setengah dari bumbu keseluruhan. Hal ini dikarenakan bumbu mie instan mengandung natrium yang tidak sehat. Lebih baik anda menggunakan bumbu dapur yang sehat dan alami untuk pengganti bumbu.

Selain itu, tambahkan bahan-bahan makanan lainnya yang dapat menambah nilai gizi mie instan tersebut. Anda bisa menambahkan wortel, seledri, bayam, sawi, ikan, udang, ayam, dan telur. Ketika memasak mie, sebaiknya anda menggunakan air yang banyak. Kemudian, setelah matang, anda harus membuang airnya dan menggunakan air baru untuk penyajian.

Hal ini berguna untuk membuang zat-zat kimia dalam air rebusan mie. Hindari juga mengonsumsi mie instan dalam wadah plastic. Wadah semacam itu dapat meleleh dan berisiko terhadap kesehatan ibu hamil dan janin.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Jawabannya boleh asal ibu memperhatikan hal-hal diatas. Jangan menyepelekan dan mengabaikan larangan mengonsumsi mie instan secara berlebihan pada masa kehamilan.

Kini, tingga anda yang menentukan apakah lebih mementingkan kesehatan si calon buah hati ataukah kepuasan lidah dalam sekejap. Batasi konsumsi mie intan, terutama bagi anda yang sedang hamil. Ketahui juga sayuran dan buah yang dilarang untuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin anda.

No Responses

Write a response