buah yang bagus untuk ibu menyusui

Bun, Ini Lho Buah Yang Bagus Untuk Ibu Menyusui

Ibu yang baru saja menghadapi hari besar ketika awal mula sang buah hati hadir menjadi bagian dari keluarga, tentunya masih bingung apa saja buah yang bagus untuk ibu menyusui. Salah satu asupan makanan ini tentunya penting untuk diketahui mengingat asupan makanan ibu akan mempengaruhi kualitas ASI dan ibu akan menyusui si kecil hingga kurang lebih 30 minggu atau 6 bulan.

Buah- buahan memang memiliki kandungan dengan segudang manfaat didalamnya. Namun, beberapa buah tentunya memiliki keistimewaan tersendiri. Buah-buahan tertentu bermanfaat untuk melancarkan produksi ASI dan membuat anak lebih sehat dan cerdas.

Beberapa buah yang bagus untuk ibu menyusui mengandung vitamin dan mineral essensial. Kandungan buah ini baik untuk merangsang pertumbuhan tulang dan gigi anak, melancarkan sistem pencernaan, dan sistem metabolismenya. Manfaat lainnya dari buah- buahan ini adalah menangkal radikal bebas yang dapat mengundang berbagai penyakit.

Nah, buah yang bagus untuk ibu menyusui akan dirangkum dalam ulasan kali ini.

1. Buah Naga

Buah naga adalah salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Buah ini cukup terkenal karena keunikan bentuknya dan juga manfaatnya yang tak perlu diragukan lagi. Buah naga mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh sang ibu dan juga anaknya.

Kandungan bermanfaat dalam buah naga untuk ibu menyusui adalah vitamin C, vitamin B kompleks seperti B1, B2, B3, B12, zat besi, serat, fosfor, kalsium, dan juga zat antioksidan didalamnya. Vitamin B1 dan B2 dapat menambah nafsu makan si kecil di usia selanjutnya. Juga, mengonsumsi buah naga secara rutin dapat membantu proses pertumbuhan gigi dan tulang bayi.

Selain itu, buah yang bagus untuk ibu menyusui ini sangat bermanfaat untuk tekanan darah. Banyak pula penelitian yang membuktikan bahwa buah ini dapat mencegah dan mengatasi diabetes karena kegunaanya dalam mengontrol gula darah.

2. Keluarga Berry

Keluarga berry termasuk blueberry dan strawberry adalah buah- buahan yang banyak disukai berbagai kalangan masyarakat terutama anak- anak karena rasanya yang nikmat dan manfaat yang akan didapatkan. Hal yang menjadikan blueberry dan strawberry sangat istimewa bagi ibu menyusui adalah kandungan antioksidannya yang sangat kaya.

Dari sekian banyak buah yang mengandung antioksidan, blueberry dan strawberry dinobatkan sebagai buah dengan kandungan ini yang paling potensial. Khasiat antioksidan ini berasal dari kandungan vitamin C nya.

Namun, selain mengandung vitamin C, makanan menyehatkan untuk ibu menyusui ini mengandung nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, E, K, kalsium, mangan, dan zat besi.

Ketika buah yang bagus untuk ibu menyusui ini dikonsumsi, bayi turut memakannya juga. Karena itulah, bayi yang terpapar kandungan blueberry dan strawberry ini tidak akan mudah sakit dan tidak mudah terserang infeksi bakteri dan virus.

Selain bermanfaat bagi sang buah hati, blueberry dan strawberry akan bermanfaat bagi sang ibu berupa melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh dan sebagai anti-inflamasi atau menghentikan peradangan.

3. Mangga

Mangga adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan serat atau fibernya. Kandungan serat inilah yang menjadikan buah mangga baik untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Jika anda ingin mencoba menikmati buah mangga, ini sangat enak untuk dikonsumsi secara langsung atau dibuat sebagai jus buah.

buah yang bagus untuk ibu menyusui

Rasa buah ini sangatlah manis karena terdapat 14,8 gram gula dalam 100 gram mangga. Selain itu, tak perlu susah- susah mencari, mangga mudah didapatkan baik di pasar maupun swalayan terdekat.

Kandungan bermanfaat bagi ibu menyususi dalam buah mangga adalah vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E, K, dan asam folat, dan juga berbagai mineral penting seperti zinc, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Semua unsur vitamin dan mineral dalam mangga berperan dalam pembentukan dan penyerapan sel darah merah kedalam jaringan tubuh, melancarkan pencernaan, dan melancarkan metabolisme pada tubuh ibu dan bayi. Karena alasan itulah, mangga menjadi salah satu buah yang bagus untuk ibu menyusui.

4. Kelapa

Buah kelapa adalah buah yang banyak ditemukan di pesisir pantai dan karena itulah sering dijuluki buah tropis. Kelapa termasuk kedalam buah wajib yang dikonsumsi ibu menyusui selanjutnya. Semua komponen buah kelapa, termasuk daging dan airnya akan meberikan banyak manfaat jika dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Air kelapa mampu menjaga sang ibu tetap terhidrasi dengan baik karena mengandung elektrolit dan mineral essensial. Sementara daging kelapanya sendiri dapat meningkatkan produksi ASI ibu. Disamping itu, buah yang bagus untuk ibu menyusui ini kaya akan zat besi yang akan mencegah sang ibu dan bayi mengalami anemia.

Juga, buah kelapa mengandung asam laurat yang bermanfaat untuk mencegah dan melawan terjadinya penyakit. Asam laurat dalam buah untuk memperlancar ASI ini dapat menjadi anti-virus, anti- bakteri, dan juga menjaga kesehatan si kecil dari virus berbahaya seperti herpes dan HIV.

5. Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu buah yang cocok dikonsumsi oleh ibu menyusui karena mengandung beragam nutrisi yang akan memberikan sumber energi saat masa menyusui. Selain itu, buah alpukat mengandung asam lemak sehat yang akan mebantu tumbuh kembang si kecil.

Kandungan nutrisi lainnya dalam alpukat adalah vitamin A, B, C, E, karbohidrat, protein, zat besi, kalsium, fosfor, dan masih banyak lagi. Jika ibu menyusui mengonsumsi alpukat secara rutin, tubuh ibu akan bugar sepanjang hari dan tidak akan cepat lelah.

Disamping itu, buah yang baik untuk ibu menyusui ini dapat meningkatkan imunitas sang ibu dan bayi. Alpukat mengandung glutathione yang merupakan antioksidan yang berhubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh. Menurut jurnal Processing of Society Nutrition, sistem imunitas tubuh akan berkerja dengan baik jika sel limfoid seimbang dengan glutathione.

Kemudian, alpukat pun akan membantu menambah berat badan bayi. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung kalori dan nutrisi yang bisa menaikan berat badan bayi melalui ASI. Beberapa literature menunjukan bahwa 100 gram alpukat mengandung 200 kalori. Oleh karena itulah, alpukat termasuk buah untuk menjadikan bayi gemuk.

Itulah beberapa buah yang bagus untuk ibu menyusui. Semoga ulasan kali ini akan menambah wawasan ibu dalam memilih buah yang baik untuk dikonsumsi saat menyusui. Rutinlah dalam mengonsumsi buah- buahan diatas agar sang buah hati manjadi insan yang cerdas dan sehat.

Baca ulasan lainnya mengenai memperbanyak ASI untuk ibu menyusui dan cara memperbanyak asi agar anda dapat memberikan ASI ekslusif pada sang buah hati selama 6 bulan penuh. Selain itu, ketahui buah yang baik untuk ibu hamil jika anda masih dalam masa kehamilan.

No Responses

Write a response