buah yang baik untuk ibu hamil

Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil haruslah mengonsumsi makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap termasuk buah-buahan. Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral essensial yang bagus untuk ibu hamil dan janinnya. Buah-buahan juga dapat dijadikan cemilan untuk menggantikan makanan ringan yang tidak bagus untuk ibu hamil. Lalu apa saja sih buah yang baik untuk ibu hamil dan apa saja kandungan-kandungan didalamnya?

Ternyata selain kandungan vitamin dan mineral, buah juga mengandung serat yang dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar bagi ibu hamil. Beta-karoten yang terdapat dalam vitamin A dalam buah yg baik untuk ibu hamil dan janin dapat membantu perkembangan sel dan jaringan pada bayi, penglihatan, dan juga membangun kekebalan tubuh. Vitamin C berfungsi untuk membentuk kolagen untuk jaringan ikat bayi dan juga pembentukan tulang dan gigi.

Kemudian, tahukah anda bahwa ibu hamil dan janinnya memiliki kekebalan tubuh yang menurun? Hal ini dapat menyebabkan ibu hamil dan janin mudah terserang bakteri, virus, dan mikroba lainnya. Namun, vitamin C dalam buah untuk ibu hamil muda sangat berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Asam folat dalam buah sehat untuk ibu hamil juga berguna untuk mengatasi anemia pada ibu hamil dan mencegah cacat janin. Kemudian, kalium bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah pada ibu hamil.

Namun, pada masa kehamilan tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi buah secara sembarangan. Buah durian, nanas, dan delima tidak boleh untuk ibu hamil karena akan menyebabkan keguguran. Ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang diawetkan dalam kaleng. Konsumsilah buah yang masih segar.

Apa saja buah yang baik untuk ibu hamil? Ulasan dibawah ini akan mereview beberapa buah yang bermanfaat untuk ibu hamil.

1. Pisang

Pisang mengandung kalori yang cepat diubah menjadi energy yang merupakan buah yang baik untuk ibu hamil 3 bulan. Oleh karena itu, ibu hamil akan tercegah dari kelelahan. Pisang juga kaya akan mineral yang disebut elektrolit kalium. Kalium berfungsi menjaga tekanan darah pada ibu hamil.

Pisang juga merupakan sumber kalsium yang berguna untuk perkembangan tulang dan pembentukan sistem kerangka tulang. Buah yang bagus untuk ibu hamil ini juga memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah pada ibu hamil.

buah yang baik untuk ibu hamil

Pisang juga merupakan buah yang mudah dicerna karena mengandung serat. Oleh karena itu, buah ini cocok sebagai makanan alternative jika ibu hamil mengalami mual dan muntah. Buah ini juga mengandung vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan dan melindungi mata pada janin.

Kandungan vitamin B6 dalam buah ini juga berfungsi meningkatkan perkembangan sel sistem saraf pusat pada janin. Vitamin ini juga dapat membantu mengatasi morning sickness.

Selain itu, vitamin C dalam buah ini juga sangat tinggi yaitu 33,3% dalam setiap buahnya. Vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah proses penuaan pada ibu hamil. Pisang juga mengandung asam folat. Asam folat ini sangat penting dalam perkembangan sumsum tulang belakang, otak, dan sistem saraf pusat.

2. Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Pada beberapa tahun terakhir, buah ini mulau populer di kalangan masyarakat. Walaupun banyak orang yang menganggap bahwa buah naga tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, ternyata anggapan tersebut tidaklah benar.

Dibalik nama dan bentuknya yang unik, buah naga memiliki beribu khasiat yang bagus untuk ibu hamil. Namun, buah naga memiliki kandungan yang baik untuk ibu hamil dan janinya jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.

buah yang baik untuk ibu hamil

Kandungan yang baik dalam buah untuk ibu hamil ini, diantaranya serat, folat, karbohidrat, karoten, dan zat besi. Bahkan ibu hamil yang mengalami anemia diwajibkan untuk mengonsumsi buah naga. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung zat besi yang dapat membantu pemebentukan sel darah merah di dalam tubuh ibu hamil.

Selain itu, karoten yang terdapat dalam buah naga juga dapat membantu jaringan penglihatan pada janin. Buah naga yang telah matang juga dapat mengeluarkan dahak yang sering terjadi pada ibu hamil. Ternyata buah naga juga jarang menggunakan pestisida. Hal itu merupakan kabar baik bagi para ibu hamil.

3. Jambu Air

Buah selanjutnya yang bagus untuk ibu hamil adalah jambu air. Jambu air adalah salah satu jenis jambu yang banyak tubuh di Asia Tenggara. Kandungan-kandungan pada jambu air dipercaya mampu mengoptimalkan kerja sel-sel darah putih dan juga melancarkan sistem pencernaan pada ibu hamil. Selain itu, jambu air juga mengandung air, vitamin A, dan C yang tinggi yang dapat mengatasi dehidrasi pada ibu hamil.

Vitamin A ini berfungsi untuk meningkatkat ketajaman mata dan menjaga kesehatan ibu hamil. Kandungan vitamin C dapat mengatur tekanan darah dan menjaga kekebalan tubuh. Buah yang baik untuk ibu hamil muda ini juga kaya akan vitamin E, polifenol, karotenoid, dan flavonoid.

Kandungan-kandungan ini bermanfaat dalam perkembangan sistem saraf pusat pada otak janin. Jambu air juga mengandung serat yang dapat mencegah ibu hamil dari masalah sembelit dan diare. Kandungan vitamin B3 dan B6 juga berfungsi menigkatkan dan merangsang kecerdasan otak pada janin.

4. Kurma

Buah-buahan yang bagus untuk ibu hamil yang lainnya adalah buah kurma. Kurma mengandung banyak gizi yang bermanfaat untuk ibu hamil. Kurma mampu memperkuat dinding rahim dan juga mengatasi kram yang seringkali dialami ibu hamil. Kurma mengandung gula hingga 60-70%, kalium, vitamin B komplek, dan zat besi. Kandungan zat besi berguna untuk pembentukan sel-sel darah merah sehingga mencegah anemia pada ibu hamil.

buah yang baik untuk ibu hamil

Kurma juga diperkaya akan vitamin A yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Buah untuk ibu hamil 1 bulan ini juga menganding serat yang bermanfaat untuk mencegah sembelit atau susah buang air besar pada ibu hamil. Bahkan dalam kurma terdapat zat yang meirip hormone oksitosin. Hormon oksitosin dapat membantu melancarkan dan memudahkan proses persalinan. Kurma juga mengandung tinggi kalori. Kandungan ini dapat menambah energy bagi ibu hamil.

5. Cherry

Buah cherry adalah buah yang memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut yang bagus untuk ibu hamil. Fakta menunjukan bahwa cherry memiliki manfaat yang lebih besar 20 kali lipat dibandingkan buah apel dan jeruk. Buah cherry mengandung mangan, tembaga, alium, zat besi dan kandungan bermanfaat lainnya yang dapat membuat kulit bayi putih dan sehat dan juga melancarkan pencernaan ibu hamil.

Kandungan-kandungan ini dapat meningkatkan perkembangan sistem saraf pusat, mencegah penuaan dini, melawan kanker, dan anti peradangan bagi ibu hamil dan janinnya. Buah cherry juga dapat melancarkan peredaran darah.

buah yang baik untuk ibu hamil

Selain itu, buah ini juga dapat menjadi garnis makanan bagi ibu hamil. Oleh karena itu, ceherry juga dapat menambah nafsu makan pada ibu hamil. Dengan bertambahnya nafsu makan, nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil juga semakin terpenuhi. Cherry juga dapat dijadikan minuman atau jus buah yang baik untuk ibu hamil.

Demikianlah ulasan buah yang baik untuk ibu hamil. Tentunya ibu hamil tidak boleh mengonsumsi buah-buahan tersebut secara berlebihan. Selain itu, buah-buahan juga dapat membantu diet yang seimbang pada ibu hamil. Konsultasikan juga dengan dokter anda mengenai asupan buah dan sayuran yang bagus untuk anda dan janin anda.

No Responses

Write a response