cara mengatasi anak susah makan nasi

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

Bagaimana cara mengatasi anak susah makan nasi? Bagi seorang ibu, pasti anda mengidamkan anak yang aktif serta cerdas. Namun, bagaimana jadinya jika anak anda tidak mau makan nasi? Bunda pasti seringkali merasa cemas dan khawatir dengan kondisi seperti itu. Takutnya tumbuh kembang anak akan terganggu karena kekurangan gizi dan nutrisi. Lalu, bagaimana cara mengatasi anak susah makan nasi?

Tentu saja kondisi anak tidak mau makan nasi adalah sesuatu hal yang tidak bunda harapkan. Namun, jangan cemas dulu karena bunda tidak sendirian. Dalam urusan perawatan anak, salah satu masalah yang paling mengkhawatirkan adalah masalah anak yang malas makan.

Ulasan kali ini akan memberikan anda jawaban dari pertanyaan “Bagaimana cara mengatasi anak susah makan nasi agar nafsu makannya bisa kembali naik?”

1. Sajikan Makanan dalam Porsi Kecil

cara mengatasi anak susah makan nasi

Orang tua memang akan khawatir dan gelisah mendapati keadaan anak yang susah sekali untuk menelan makanan. Menelusuri dan mengetahui penyebab anak menjadi sulit untuk makan adalah hal pertama yang harus dilakukan bunda dalam mengatasi anak susah makan. Anda akan memahami apa sebenarnya yang diinginkan anak dengan mengetahui alasan di balik kesulitan anak untuk menelan makanan agar nafsu makannya menjadi naik.

Biasanya, karena orang tua terbiasa menghidangkan makanan dalam porsi besar dan sulit dihabiskan anak adalah salah satu kecenderungan anak menjadi susah untuk makan. Padahal kebanyakan orang tua selalu menasehati agar anak menghabiskan makanan yang telah diambil anaknya tanpa memperhatikan bahwa ukuran lambung anak jauh berbeda dengan orang tua. Mengurangi porsi makan si anak bisa menjadi solusi menarik perhatian anak untuk cara mengatasi anak susah makan nasi.

Secara otomatis kenikmatan rasa makanan yang dirasakan oleh anak akan jauh lebih enak jika porsi makan yang diberikan menjadi lebih sedikit. Sebaliknya, anak akan kurang menikmati makanan dan mengalami rasa bosan saat bunda menyajikan makanan anak dalam porsi yang terlalu banyak. Menyajikan dan menghidangkan makanan dalam porsi kecil dapat mengatasi anak susah makan nasi.

2. Menyajikan Makanan dengan Menarik

cara mengatasi anak susah makan nasi

Selain bunda dituntut untuk pintar memasak, bunda pun dituntut untuk bisa pintar dalam menyajikan makanan untuk si kecil. Jika tampilan makanan menarik, si kecil akan menjadi berselera untuk memakan makanannya. Bento adalah adalah salah satu cara menyajikan menu makanan agar terlihat menarik. Dan, bunda bisa mengikuti les khusus bento bila bunda belum bisa menata makanan dengan baik.

Atau, bunda bisa mengikuti tips berikut. Yang terpenting adalah fokus pada warnanya. Warna-warni makanan alami selain akan menarik perhatian si kecil, itu juga baik bagi tubuhnya. Memakan variasi sayuran dan buah dalam warna pelangi akan menyediakan berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan pertumbuhan fisik si kecil.

Disamping itu, sajikan makanan dari jenis yang sama tapi dengan warna yang berbeda, misalnya jeruk warna merah, lobak putih, tomat warna kuning atau hijau, dan kembang kol warna ungu. Cara ini bisa menjadi solusi bagi anak tidak mau makan nasi.

3. Sajikan Menu Olahan Nasi

cara mengatasi anak susah makan nasi

Mengolah nasi menjadi variasi menu makanan lain adalah cara mengatasi anak yang susah makan nasi selanjutnya. Sebagai salah satu cara meningkatkan nafsu makan anak, bunda dapat mengubah nasi putih menjadi lontong yang hangat atau bubur ayam. Atau, bunda bisa memasak nasi menjadi nasi goreng dan nasi kuning. Anak akan tertarik menghabiskan hidangan nasi yang sudah dibumbui.

Bunda bisa mencoba resep nasi goreng ikan asin. Nasi goreng ikan asin cocok dihidangkan pada anak untuk sarapan dengan menu nasi. Menu ini bisa menjauhkan anak dari kata ‘bosan’ makan dan nasi goreng yang biasa- biasa saja dengan telur dan sosis.

Bunda tinggal menyiapkan nasi, toge, ikan jambal roti, telur, dan bahan- bahan lainnya yang biasa diapakai untuk membuat nasi goreng. Lalu, tinggal membuat nasi goreng seperti biasanya. Bisanya mengganti nasi putih dengan menu olahan nasi bisa menjadi solusi bagi anak umur 2 tahun susah makan nasi sehingga ia mau makan nasi lagi.

4. Sediakan Alat Makan Khusus

Cara mengatasi anak susah makan nasi tidak selalu karena lauk pauk dan hidangan sayur yang menemaninya. Suasana makan pun turut berkontribusi dalam mempengaruhi keinginan anak untuk makan. Karena itu, bunda harus berusaha membangun suasanya yang menyenangkan. Misalnya saja dengan cara memberi si kecil alat makan khusus miliknya.

Ajak si kecil untuk memilih sendiri perlatan makannya yang akan dugunakan sehari- hari, diantaranya gelas, mangkuk, piring, garpu, dan sendok. Si kecil bisa menjadi lebih bersemangat saat menyambut kedatangan waktu makan dengan memiliki alat makan berwarna cerah atau bergambar karakter favorit sesuai kesukaannya. Menggunakan alat- alat makan yang si kecil sukai adalah cara agar anak mau makan nasi lagi.

5. Hindari Minum Susu Terlalu Banyak

Banyak keluarga menganggap bahwa susu adalah makanan “dewa” yang bisa menggantikan makanan utama si kecil, termasuk nasi, lauk pauk, dan hidangan sayurnya. Atau, banyak orang tua mengganti makanan utama dengan susu karena takut anaknya kelaparan. Akhirnya, orang tua memberikan susu berlebihan daripada perut si anak tidak kemasukan makanan.

Padahal kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukan suatu hal yang wajib bagi anak berusia lebih dari satu tahun. Dari segi gizinya, susu hanya bisa memenuhi kebutuhan fosfor dan kalsium saja. Kalsium dan fosfor sendiri bisa mudah didapatkan dari sayur, buah, dan ikan-ikanan.

Anak di atas usia 1 tahun hanya membutuhkan susu 2 gelas perhari saja. Anak harus mulai dilatih dengan memberikan berbagai jenis makanan. Menghindari pemberian susu terlalu banyak pada si kecil dapat mengatasi anak tidak mau makan nasi sama sekali agar ia mau makan nasi.

Demikianlah, cara mengatasi anak susah makan nasi agar anak anda mau mengonsumsi nasi lagi dan kebutuhan karbohidrat dan gizi lainnya pun dapat terpenuhi. Pelajari juga cara mengatasi anak susah makan dan temukan tips- tips lainnya dalam menghadapi anak yang sulit makan. Juga, ketahui tanda bayi sehat jika anda memiliki anak bayi yang susah makan. Dengan begitu, bunda bisa mengetahui apakah ia susah makan karena tidak sehat atau memang hal yang wajar.

No Responses

Write a response