ciri-ciri hamil anak laki-laki

Mengetahui Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki

Bayi dengan jenis kelamin tertentu telah ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang sangat mendambakan sang buah hati. Namun sayangnya, untuk mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan, ibu perlu bersabar hingga usia kandungan memasuki 7 bulan. Bagi ibu hamil yang tidak sabar mengetahui jenis kelamin anaknya, ibu bisa mengetahui ciri-ciri hamil anak laki-laki atau perempuan.

Namun, selama ini banyak mitos yang beredar bahwa kehamilan anak laki-laki ditandai oleh beberapa tanda tertentu. Mitos ini biasanya beredar di masyarakat yang tidak memiliki akses pemeriksaan USG untuk melihat jenis kelamin bayi. Mitos tidak boleh dipercayai begitu saja, ibu hamil perlu mengetahui fakta dan informasi yang sebenarnya.

Apa saja ciri-ciri hamil anak laki-laki? Ulasan dibawah ini akan membahas ciri-ciri yang sering dialami ketika ibu mengandung anak laki-laki.

1. Posisi Perut

Ciri-ciri hamil anak laki-laki pertama yang sering diperhatikan adalah posisi perut sang ibu. Tanda kehamilan anak laki-laki, posisi perut ibu hamil tidak menggantung ke atas tapi perut akan cenderung ke bawah. Berbeda jika ibu hamil mengandung anak perempuan, perut ibu akan meninggi.

Selain itu, banyak orang yang mengaggap bahwa jika ibu hamil memiliki bentuk perut bulat sempurna dan bundar, ini berarti ibu tengah hamil anak laki-laki. Biasanya perut ibu hamil akan berbentuk seperti perut orang buncit. Hal itu dikarenakan janin perempuan akan berada di bagian atas Rahim. Sedangkan janin laki-laki akan berada di tengah atau bawah Rahim. Bayi laki-lakipun cenderung memiliki berat yang lebih.

ciri-ciri hamil anak laki-laki

Inilah alasan mengapa banyak ibu hamil anak laki-laki yang mengalami kenaikan berat badan yang drastic. Oleh karena itu hamil anak laki-laki akan memiliki posisi perut yang ke bawah dan posisi kandungan yang lebih rendah jika dibandingkan anak perempuan.

Namun menurut Menurut Dr Lisa Masterson, OBGYN dan mantan presenter acara The Doctors, tidak ada kebiasaan atau perubahan fisik ibu hamil yang akurat menandai jenis kelamin janin dalam kandungan. Ia mengatakan bahwa walupun melalui USG janin laki laki, keakuratan menebak jenis kelamin bayi hanyalah 50-50. Dr Lisa Masterson telah mematahkan mitos tersebut.

2. Tidak Mengalami Morning Sickness

Perbedaan hamil bayi laki laki dan perempuan dapat dilihat dari apakah ibu mengalami morning sickness. Banyak orang yang percaya bahwa ibu tidak mengalami morning sickness atau mual muntah pada masa kehamilan, ini berarti bahwa ibu tengah mengandung anak laki-laki. Hanya ketiadaan mual dan muntah ini akan digantikan dengan adanya sakit kepala.

Berbeda jika ibu hamil sering mengalami mual muntah atau morning sickness, itu berarti ibu tengah mengandung bayi perempuan. Faktanya, hormon hCG yang merangsang mual dan muntah atau morning sickness biasanya lebih tinggi jika ibu hamil anak perempuan.

Namun, hal itu hanyalah mitos. Ibu yang mengandung anak laki-laki bisa juga mengalami morning sickness, bahkan dalam kondisi yang lebih berat. Bahkan sebuah studi di Swedia melakukan penelitian terhadap 1 juta wanita yang memiliki rasa mual. Ternyata 55% diantaranya mengandung anak perempuan. Oleh karena itu, apakah ibu mengalami mual dan muntah atau tidak tidaklah menandakan bahwa ia mengandung bayi laki-laki atau perempuan.

3. Ngidam Makanan Asin dan Asam

Hampir setiap ibu hamil pasti mengalami ngidam. Masa ini cukup merepotkan karena jika tidak terpenuhi, kondisi emosional sang ibu akan terganggu. Ngidam disebabkan oleh perubahan hormone dan sistem metabolism dalam tubuh sang ibu. Ngidam sendiri adalah pertanda bahwa tubuh ibu hamil memerlukan nutrisi. Misalnya, ibu kekurangan zat besi, akhirnya ibu ngidam daging atau coklat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

Ternyata, perbedaan hamil anak laki-laki dan anak perempuan juga bisa ditentukan dari jenis makanan yang diidamkan. Jika ibu sering ngidam makanan asin dan asam, itu adalah ciri ciri hamil anak laki laki di awal kehamilan. Ibu yang mengandung bayi laki-laki juga cenderung mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Bahkan situs Consumer Genetics, ibu hamil laki-laki sering mengisap lemon dan memakan daging, walaupun kedua makanan ini sebelumnya tidak disukai. Sedangkan jika ibu senang makanan manis, mungkin ibu tengah mengandung anak perempuan.

4. Muncul Banyak Jerawat

Jika ibu hamil anak laki-laki, ibu cenderung memiliki kulit wajah yang berjerawat. Berbeda jika ibu mengandung anak perempuan, wajah ibu akan terlihat bersih. Meskipun sebelum hamil ibu tidak pernah berjerawat, kondisinya akan berbanding terbalik jika ibu sedang hamil anak laki-laki. Penyebabnya adalah peningkatan hormone kehamilan dalam tubuh sang ibu.

ciri-ciri hamil anak laki-laki

Namun, sebenarnya ini tidak ada dasar ilmiahnya. Baik ibu yang mengandung bayi laki-laki maupun perempuan bisa saja mengalami jerawat. Hal ini dikarenakan jerawat akan sering muncul saat hamil.

5. Berubahnya Ukuran Payudara

Ukuran payudara akan terus membesar seiring bertambahnya usia kehamilan. Hal ini dipengaruhi oleh faktor hormone agar tubuh ibu siap memproduksi ASI untuk anaknya. Tidak hanya itu, ukurang pinggang dan pinggulpun akan semakin besar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Ukuran payudara yang berbeda bisa terjadi pada siapa saja.

Namun ketika ibu hamil mengandung anak laki-laki, payudara sebelah kanan akan lebih besar dibandingkan payudara sebelah kiri. Memang tanda-tanda seperti itu butuh penelitian lebih dalam lagi. Sebaiknya ibu hamil melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang lebih akurat.

6. Warna Urin Pada Pagi Hari

Warna urin yang dikeluarkan oleh ibu hamil dapat menjadi indikator apakah ibu hamil mengandung anak laki-laki atau perempuan. Bahkan cara inipun telah diakui oleh dunia medis. Jika ibu mengandung anak laki-laki, warna urin yang dikeluarkan adalah bening dan kuning terang. Berbeda jika ibu mengandung anak perempuan, air urin yang dikeluarkan cenderung kuning gelap. Keadaan ini lagi-lagi dikarenakan perubahan hormonal pada tubuh sang ibu yang seiring memberikan petunjuk mengenai jenis kelamin bayi.

Namun, itu hanyalah mitos belaka. Para ahli menyebutkan bahwa warna urin terkait dengan kondisi kesehatan seseorang. Ibu hamil yang mengeuarkan air urin yang lebih bening berarti ia telah banyak minum. Sedangkan ibu yang mengeluarkan urin kuning pekat dan gelap berarti ia sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau mengalami kondisi kesehatan tertentu. Segera konsultasikan dengan dokter apabila ibu hamil telah banyak minum tapi tepa mengeluarkan urin berwarna kuning pekat.

7. Gerakan Janin

Dalam teori fisiognomi, ada cara lain untuk menentukan apakah ibu hamil mengandung anak laki-laki atau perempuan yaitu dengan merasakan gerakan janin. Gerakan janin adalah kegiatan janin dalam kandungan ibu. Ciri-ciri hamil anak laki-laki ditandai dengan tendangan dalam perut dan janin yang bergerak aktif walaupun usia kandungan masih dalam trimester pertama.

Kemudian, denyut jantung pada janin sudah mulai terasa begitu usia kandungan memasuki 3 bulan. Sedangkan pada masa kehamilan 5 bulan keatas, janin lebih aktif bergerak dibandingkan janin perempuan. Intensitas gerakan janinpun lebih sering dibandingkan janin perempuan. Selain itu, menurut fiognomi Tiongkok, bayi laki-laki cenderung melakukan gerakan yang teratur dan berirama.

Demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri hamil anak laki-laki. Banyak orang atau orang tua yang menganggap bahwa anak laki-laki lebih berhak dibandingkan anak laki-laki. Selain itu, banyak yang menggap bahwa laki-laki lebih pantas menjadi pemimpin dibandingkan perempuan.

Namun yang perlu disadari adalah baik anak laki-laki maupun perempuan adalah anugerah yang Tuhan titipkan. Jangan sampai orang tua membeda-bedakan anak hanya karena jenis kelamin. Ketahui juga ciri-ciri hamil anak perempuan untuk meyakinkan apakah anda mengandung perempuan atau laki-laki.

No Responses

Write a response