ciri-ciri hamil anak perempuan

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan, Mitos Atau Fakta?

Sejak janin masih dalam kandungan, pasangan suami istri pasti penasaran apakah anaknya berjenis kelamin perempuan atau laki-laki. Apalagi pasangan yang menginginkan anak perempuan, pasti sering mempertanyakan apa saja ciri-ciri hamil anak perempuan.

Sayangnya ibu hamil sering memendam rasa penasarannya hingga kandungan memasuki usia 7 bulan. Hal ini dikarenakan jenis kelamin tidak bisa terdeteksi hingga kandungan memasuki 7 bulan atau 28 minggu.

Melalui USG, ibu hamil akan mengetahui jenis kelamin anaknya tapi itu jika sang jabang bayi tidak membelakangi layar USG dan tidak menutupi kelaminnya. Bagi ibu hamil yang tidak sabar, ia bisa mengetahui ciri-ciri hamil anak perempuan dengan tanda-tanda tertentu.

Semakin banyak tanda yang cocok, semakin besar juga ibu hamil memiliki anak perempuan. Namun, yang perlu diingat adalah tanda-tanda ini mungkin saja meleset bila dibandingkan USG dengan akurasi mendekati 100%.

Ciri-ciri hamil anak perempuan ada berbagai macam. Ulasan dibawah ini akan membahas ciri-ciri atau tanda jika bayi dalam kandungan anda berjenis kelamin perempuan.

1. Mual dan Muntah

Ibu hamil yang mengalami mual dan muntah sejak usia kandungan 1 bulan pertama hingga lebih dari 5 bulan, bisa jadi ini adalah tanda hamil anak perempuan. Memang mual dan muntah adalah gejala morning sickness yang sering dan wajar terjadi pada setiap ibu hamil. Namun yang membedakannya adalah ibu hamil anak perempuan akan mengalami mual dan muntah hingga usia kandungan lebih dari 5 bulan.

Selain itu, gejala morning sickness atau mual dan muntah pada ibu hamil anak perempuan akan lebih hebat dan parah dibandingkan ibu hamil anak laki-laki. Untuk ibu hamil anak perempuan, ibu perlu memenuhi asupan nutrisi dan gizi untuk kesehatan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan karena muntah banyak membuang nutrisi dari tubuh ibu hamil.

2. Detak Jantung

Jika USG tidak bisa menunjukan jenis kelamin anak anda, ibu hamil masih bisa mengetahui bahwa ia mengandung anak perempuan dari detak jantung sang janin. USG juga akan menunjukan detak jantung janin permenitnya. Kebanyakan tanda tanda mau melahirkan bayi perempuan adalah janin perempuan akan memiliki detak jantung lebih dari 140 bpm atau 140 beat per menitnya atau lebih.

Janin perempuan biasanya memiliki detak jantung yang lebih cepat dibandingkan janin laki-laki. Jika anda memeriksakan diri di dokter, puskesmas atau layanan kesehatan masyarakat, anda bisa memeriksa dan mendengarkan detak jantung sang janin. Bidan akan mencatat detak jantung janin anda. Sejak usia kandungan 3 bulan, janin telah memiliki detak jantung tersendiri walaupun organ-organ tubuhnya belum sempurna.

3. Warna Urin

Kehamilan memang membawa banyak perubahan pada tubuh ibu hamil termasuk warna urin. Salah satu ciri-ciri hamil anak perempuan adalah warna urin yang berbeda dari kondisi biasanya. Ketika ibu hamil mengandung janin perempuan, urinnya akan berwarna kuning pekat, kusam dan lebih keruh dibandingkan sebelum kehamilan.

Pada kasus lain, ibu hamil akan memiliki warna urin yang lebih gelap walau ia telah mengonsumsi banyak air putih. Berbeda halnya jika ibu hamil mengandung anak laki-laki. Warna urinnya adalah lebih bening atau kuning muda.

4. Ngidam

Ketika ibu hamil anak perempuan, selera makan juga akan berubuh menurut mitos. Ibu hamil yang mengandung anak perempuan cenderung lebih suka makanan makanan yang manis seperti gula, eskrim, susu, permen, dan coklat. Jika ibu hamil ngidam makan coklat lebih sering, mungkin ibu sedang mengandung anak perempuan.

ciri-ciri hamil anak perempuan

Banyak wanita hamil mengatakan bahwa ia sulit menolak makanan manis walupun mereka khawatir berat badan mereka meningkat saat hamil anak perempuan. Selain itu, ibu hamil juga sering ngidam buah-buahan. Jika dilihat dari dunia medis, ibu hamil mengalami perubahan hormone saat mengandung anak perempuan yang dapat mempengaruhi indra penciuman.

Perubahan hormonlah yang membuat ibu memiliki keinginan makan sesuatu atau ngidam. Sedangkan ibu yang hamil anak laki-laki cenderung lebih menyukai makanan yang asam, pedas, dan asin.

5. Menjadi Malas Berhubungan Seksual

Salah satu ciri ini adalah tanda tanda hamil anak perempuan yang akurat. Cirinya adalah ibu hamil menjadi malas untuk berhubungan badan dengan suami. Hal ini terjadi akibat perubahan hormone ketika mengandung anak perempuan, apalagi pada trimester pertama.

ciri-ciri hamil anak perempuan

Seks mungkin akan menjadi prioritas terakhir anda terutama bila anda mengalami mual dan pusing. Jika hal ini terjadi, bicarakanlah pada suami karena kehamilan juga akan berpengaruh pada dinamika hubungan suamis istri. Jika anda memang tidak ingin berhubungan intim dengan suami saat kehamilan anak perempuan, lakukanlah hal-hal yang dapat membuat anda dan suami menjadi dekat seperti berciuman, saling menyentuh, dan memijat.

Saat tubuh rileks, oksitosin dan hormone bahagia juga akan meningkat, hal ini akan membuat hubungan anda dan suami tetap mesra. Begitu juga sebaliknya, ibu hamil akan sering berhubungan intim jika mengandung anak laki-laki.

6. Gerakan Janin dalam Ibu Hamil Anak Perempuan

Gerakan janin dalam perut sang ibu juga bisa menjadi indicator apakah anak berjenis kelamin perempuan. Hal ini dapat diprediksi dengan janin yang bergerak tidak beraturan dan tidak dapat diprediksi. Misalnya, terkadang janin melakukan gerakan menendang dengan keras. Namun, pada malam hari, janin terkadang diam dan terkadang juga bergerak.

Selain itu, menurut dunia medis, janin perempuan selalu lebih kuat dibandingkan janin laki-laki. Hal ini disebabkan janin perempuan memiliki kromosom XX yang membuatnya lebih aktif dan stabil. Jika dalam setengah jam janin anda bergerak lebih dari tiga kali, kemungkinan anda mendapatkan anak perempuan sangat tinggi. Jika semua hal ini terjadi, mungkin ibu mengandung bayi perempuan.

7. Posisi Perut

Tanda mengandung bayi perempuan juga bisa dilihat dari posisi kandungan atau perut ibu hamil. Posisi perut ibu hamil anak perempuan biasanya akan lebih tinggi dibandingkan posisi perut saat hamil anak laki-laki. Alasannya adalah janin perempuan akan berada di bagian Rahim sebelah atas.

Hal ini akan membuat posisi perut ibu hamil lebih tinggi dibandingkan hamil anak laki-laki. Selain itu, perut ibu hamil anak perempuan tidak akan bulat dibandingkan ibu hamil anak laki-laki yang bulat. Namun, ini hanyalah mitos yang beredar di tengah masyarakat.

Faktanya, posisi dan bentuk perut tergantung apakah ibu hamil pernaha mengalami kehamilan sebelumnya atau baru pertama kali hamil. Penyebabnya, pada ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan, otot perut cenderung masih kencang sehingga membuat bentuk perut cenderung tinggi.

Itulah ciri-ciri hamil anak perempuan. Banyak ibu hamil yang menginginkan anak perempuan. Boleh-boleh saja memprediksi atau mengharapkan anak berjenis kelamin tertentu. Namun, yang perlu disadari adalah baik anak perempuan atau anak laki-laki adalah anugerah Tuhan. Ketahui juga tanda-tanda mau melahirkan ketika bayi perempuan atau laki-laki anda akan lahir.

No Responses

Write a response