diet mayo untuk ibu menyusui

Bolehkah Diet Mayo Untuk Ibu Menyusui?

Diet mayo dapat dijalani oleh wanita yang obesitas dan gemuk ataupun tidak. Yang membuat wanita setelah melahirkan saling berlomba- lomba melakukan diet mayo ini adalah diet ini menjanjikan penurunan berat badan sebanyak 3-7 kilogram dalam waktu 13 hari. Wajar saja jika diet mayo menjadi buah bibir masyarakat untuk program melangsingkan tubuh. Lalu, bolehkah diet mayo untuk ibu menyusui?

Apa sih diet mayo?

Diet mayo adalah diet dengan pantangan utama berupa garam dan makanan yang memiliki rasa asin. Jika anda melanggar pantangan tersebut di tengah jalan, anda harus mengulangi diet dari awal lagi. Bolehkah ibu menyusui diet mayo?

Menurut saran ahli kesehatan, ibu menyusui yang masih memberikan ASI sangat tidak dianjurkan untuk melakukan diet mayo 13 hari. Apalagi jika ibu menyusui mengikuti menu makanan yang ditentukan oleh penurunan berat badan anda.

Diet mayo 13 hari adalah program diet dengan cara mengurangi asupan kalori sehingga hal ini dapat menyebabkan penurunan produksi ASI secara signifikan. Bagi ibu, masih diperbolehkan melakukan diet mayo untuk ibu menyusui tapi bukan mengonsumsi menu diet mayo 13 hari.

Umumnya, contoh menu diet mayo untuk ibu menyusui yang bisa anda jadikan referensi dan bayangan adalah sebagai berikut.

1. Hari ke-1 dan Hari ke-8

Untuk sarapan, anda bisa mengonsumsi 1 gelas teh manis. Pada siang hari, menu yang bisa anda santap adalah rebusan ayam, 1 buah tomat, dan 2 butir telur rebus. Malam hari, anda bisa mengonsumsi aire jeruk lemon yang dicampur 1sdm minyak zaitun, daun selada, dan daging bakar.

2. Hari ke-2 dan Hari ke-9

Pada pagi hari, menu yang bisa anda konsumsi adalah 1 gelas kopi dan teh tapi jangan sampai menggunakan susu. Untuk siang hari, anda bisa memakan satu potong daging rebus atau daging bakar dan daun selada. Malam hari, menu yang bisa anda konsumsi adalah yogurt dan daging ayam yang direbus.

3. Hari ke-3 dan Hari ke-10

Untuk sarapan, anda bisa mengonsumsi roti bakar dan 1 gelas kopi. Siang harinya, menu yang ideal untuk mengenyangkan perut anda adalah buah segar, tomat 1 buah, dan kukusan daun seledri. Pada malam harinya, konsumsilah 2 butir telur yang direbus dan 2 iris ham.

4. Hari ke-4 dan Hari ke-11

Pagi hari, menu yang baik untuk disantap adalah roti bakar dan 1 gelas kopi. Pada siang harinya, konsumsi 60 gram keju, 1 gelas jus wortel, dan 1 butir telur rebus. Di malam hari, anda dapat menyantap daun selada dan buah yang dicampurkan dengan yogurt dan air jeruk lemon.

5. Hari ke-5 dan Hari ke-12

Pada pagi hari, konsumsilah jus wortel yang dicampur lemon. Di siang hari, menu yang cocok untuk disantap adalah ikan pepes. Malam harinya, anda dapat mengonsumsi daun selada dan daging rebus.

6. Hari ke-6 dan Hari ke-13

Di pagi hari, menu yang pas untuk dikonsumsi adalah roti bakar dan 1 gelas kopi. Siang harinya, anda bisa memakan daun selada dan satu dada ayam rebus. Pada malam hari, konsumsilah jus wortel dan 2 butir telur rebus.

7. Hari ke-7

Untuk sarapan, anda bisa meminum 1 gelas teh tanpa gula. Pada siang hari, konsumsilah 1 potong daging rebus atau daging yang dibakar. Di malam hari, berpuasalah namun masih boleh mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak.

Setelah mengetahui menu apa saja jika ibu menyusui ingin melakukan diet mayo, anda perlu mengetahui bahaya yang dapat ditimbulkan oleh diet mayo. Banyak dokter memang melarang ibu menyusui melakukan diet ini. Risiko tersebut berdampak pada ibu dan juga bayinya.

Berikut ini adalah bahaya diet mayo untuk ibu menyusui.

1. Kondisi Tubuh Ibu Melemah

Diet mayo tergolong diet yang berat dan ketat untuk dijalankan oleh obu menyusui. Program diet mayo untuk ibu menyusui yang mengatur asupan makanan ke tubuh itu dapat menyebabkan kondisi tubuh melemah.

Kondisi ini disebabkan oleh ibu yang seharusnya mendapatkan asupan kalori yang lebih banyak dibandingkan wanita normal malam membatasi dan mengurangi asupan tersebut. Kondisi melemah tersebut amalah akan mengganggu aktivitas ibu dalam mengurusi anaknya dan menyebabkan ibu menjadi rentan terserang penyakit.

2. Bayi Kekurangan ASI

Pembatasan asupan kalori dalam diet mayo dapat menyebabkan produksi ASI berkurang. Hal ini tentunya akan menyebabkan sang bayi menjadi kekurangan ASI pula. Mengingat ASI adalah satu- satunya asupan makanan saat bayi berusia 0-6 bulan, kekurangan ASI ini akan mengganggu tumbuh kembang dan kesehatan sang bayi.

Bagaimana kondisi bayi yang kekurangan ASI?

Bayi dapat mengalami dehidrasi dan jika tidak ditangani, akan menimbulkan bahaya lebih serius. Berat badan bayi akan berkurang dan kesehatannya akan terganggu.

Perkembangan dan pertumbahan bayi akan terganggu. Bayi menjadi gelisah, mudah menangis, dan menjadi rewel. Selain itu, bayi akan mudah terserang penyakit dan sistem imunnya dapat menurun.

3. Asupan Nutrisi Ibu Tidak akan Tercukupi

Diet mayo untuk ibu menyusui yang ketat akan mengurangi jumlah makanan yang akan dikonsumsi. Kondisi ini malah akan menyebabkan jumlah nutrisi yang dibutuhkan ibu menjadi tidak terpenuhi. Kekurangan nutrisi pada ibu menyusui dapat berdampak pada pertumbuhan bayi dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Nutrisi yang kurang pun akan menurunkan jumlah dan kualitas ASI yang diberikan pada bayi. Hasilnya, bayi akan mudah terpapar penyakit, kondisi penurunan kesehatan, dan kualitas pertumbuhan bayi yang tidak akan optimal.

Bagaimana diet yang benar untuk ibu menyusui?

Diet ibu menyusui yang dianggap masih aman adalah melakukan olahraga, memperbanyak konsumsi air putih, memperbanyak buah dan sayur yang dapat melancarkan pencernaan, meminum susu rendah lemak, mengurangi menu makan malam, membiasakan sarapan, dan mengurangi karbohidrat.

Sebaiknya ibu menyusui melakukan diet setelah bayi berusia 6 bulan. Bentuk diet termasuk diet mayo untuk ibu menyusui pun sebaiknya disesuaikan dengan kondisi masing- masing orang.

Nah, itulah diet mayo untuk ibu menyusui. Daripada melakukan diet mayo yang malah akan berpengaruh negative pada tubuh anda dan si buah hati, lebih baik anda melakukan prosuder diet yang benar untuk ibu menyusui yang akan membantu anda menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran. Konsumsi juga buah yang bagus untuk ibu menyusui yang akan membantu anda dalam program diet anda.

No Responses

Write a response