makanan bergizi untuk anak

5 Daftar Makanan Bergizi Untuk Anak

Makanan bergizi untuk anak tentunya sangat menunjang tumbuh kembang fisik dan psikisnya. Asupan yang bergizi yang bunda berikan pada si kecil mampu mengoptimalkan kemampuannya yang sesuai dengan umurnya. Sementara, untuk makanan yang tidak sehat hanya akan mengganggu kesehatan anak anda.

Menjaga asupan makanan bergizi untuk anak dapat dilakukan sejak anak masih kecil. Bunda harus lebih selektif dalam memilih bahan makanan untuk sang buah hati. Bagi anda yang ingin melengkapi kebutuhan gizi harian menu makan si kecil, anda bisa menambahkan beberapa bahan makanan diantaranya akan diulas disini.

5 daftar makanan bergizi untuk anak sangat bagus dalam masa perkembangan otak dan daya tahan tubuh anak, dicoba ya Bunda..

1. Ikan

makanan bergizi untuk anak

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi salmon yang merupakan jenis ikan yang mengandung asam lemak yang bermanfaat. Salmon merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega 3 yang essensial untuk pertumbuhan dan fungsi otak anak. Faktanya, beberapa penelitian membuktikan bahwa orang yang menyukai memakan ikan yang mengandung asam lemak omega 3 terbukti memiliki tes mental dengan nilai yang tinggi dan memiliki pikiran yang tajam.

Selain asam lemak omega 3 , makanan bergizi untuk anak ini mengandung mineral, zat besi, dan protein yang tinggi. Dan disamping salmon, beberapa jenis ikan lainnya yang mengandung asam lemak omega-3 adalah ikan teri dan sarden. Jenis- jenis ikan ini bisa mencukup kebutuhan gizi anak anda.

Walaupun begitu, banyak bunda yang tidak menyajikan menu ikan untuk si kecil karena berbagai alasan. Ada yang khawatir ikan terpapar bahan berbahaya merkuri, ada juga yang karena si kecil tidak suka makan ikan, dan ada yang membatasi belanja ikan karena harganya cukup mahal.

Walaupun bunda sangat takut akan resikonya, jangan sampai si kecil tidak mengenal ikan. Hal ini dikarenakan manfaat ikan sebenarnya lebih menonjol dibandingkan risikonya. Bahkan bunda bisa meminimalkan risiko paparan merkuri dengan memilih jenis yang aman untuk dikonsumsi si kecil.

2. Telur

makanan bergizi untuk anak

Telur merupakan bahan makanan yang mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan anak-anak. Protein dalam telur adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Kandungan dalam telur ini mampu membantu menumbuhkan rambut yang berkilau dan sehat dan membangun massa otot yang lebih kuat.

Dan, memberi si kecil telur rebus saat sarapan pagi atau makan siang saja adalah cara yang sehat untuk memberikan menu telur kepada anak. Walaupun sehat, jangan memberinya telur terlalu sering. Hal ini dikarenakan telur pun mengandung banyak kolesterol, terutama pada bagian kuningnya.

Namun, bagaimanapun telur mengandung banyak vitamin essensial. Ada Vitamin A, Vitamin B, vitamin D, E, dan K. Setiap vitamin memiliki kegunaan dan manfaat masing masing. Vitamin A adalah antioksidan yang akan melindungi tubuh dari radikal bebas. Disamping itu, vitamin A berguna untuk penglihatan yang bagus.

Vitamin D membantu tubuh untuk mengabsobsi kalsium sehingga sangat penting bagi tulang. Selain itu juga memiliki peran pada sistem imun, otot, dan sistem saraf. Dan, masih banyak lagi kegunaan dari vitamin- vitamin yang terkandung dalam makanan bergizi untuk anak ini. Pentingnya nutrisi pada anak dan anda bisa memenuhinya dengan makanan bergizi dan bernutrisi tinggi, seperti telur ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

3. Buah-buahan

makanan bergizi untuk anak

Sebenarnya, seluruh buah-buahan baik untuk bayi, balita, dan anak- anak. Sebab di dalamnya mengandung banyak nutrisi, serat, vitamin, mineral, dan gizi lainnya. Untuk mendapatkan nutrisi itu, berikan anak-anak buah-buahan setiap hari.

Salah satu buah yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak adalah pisang. Buah ini harganya cukup murah sehingga sudah akrab di kalangan masyarakat. Kandungan gizi yang dikandungnya, diantaranya vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, mineral, serta selenium yang sangat baik untuk pertumbuhan otak si kecil.

Buah lainnya yang bagus untuk si kecil adalah papaya. Bahkan bayi yang masih berusia 7 bulan sudah bisa mulai mengonsumsi jenis buah tropis yang memiliki ukuran lonjong ini. Buah papaya memiliki kandungan yang baik untuk menutrisi kulit si kecil, antara lain vitamin A, B1, B2, C, dan vitamin E. Selalu makanlah makanan sehat untuk anak usia dini yang diantaranya adalah buah- buahan ini.

4. Sayuran

Sayuran yang direkomendasikan untuk diberikan pada si kecil, antara lain kubis atau brokoli. Brokoli dapat memberikan manfaat bagi si kecil dalam menangkal sel kanker. Buatlah menu untuk si kecil dengan brokoli didalamnya.

Memang apa saja manfaat brokoli untuk anak? Brokoli dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung serat dalam kadar yang tinggi. Susah buang air besar atau sembelit dapat dicegah dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur.

Selain itu, brokoli dapat meningkatkan sistem imun. Seperti yang diketahui bahwa brokoli kaya akan kandungan vitamin C. Manfaat vitamin C adalah sebagai antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh atau daya imun tubuh anak. Juga, kandungan fitonutrien dan fitokimia pada brokoli berperan penting untuk membuang zat berbahaya dan racun dari dalam tubuh.

Lalu, apakah anda tahu bahwa brokoli dapat menjaga kesehatan tulang? Kandungan kalsium dan vitamin K bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang si kecil. Untuk si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan, sayuran satu ini cocok untuk proses pemadatan dan pembentukan tulang. Brokoli memang tidak bisa diragukan lagi merupakan jenis makanan sehat dan bergizi untuk anak.

5. Susu

Anda pasti sudah tahu pasti bahwa susu adalah sumber minuman yang kaya akan kalsium. Tidak perlu diragukan lagi, susu menyediakan jumlah kalsium yang penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat. Disamping itu, susu yang sehat ini mengandung vitamin D yang akan membantu untuk menyerap kalsium.

Dan karena susu sapi merupakan susu yang rendah lemak, ini menyediakan sejumlah nutrisi lengkap untuk anak-anak. Anak- anak biasanya tidak suka susu murni yang biasa. Karena itu, anda bisa memberikan kepada mereka susu dalam berbagai jenis dan rasa. Diantaranya, milk shake coklat atau strawberry, minuman sereal, dan masih banyak lainnya. Susu ini merupakan makanan bergizi untuk anak sekolah dan anak pra sekolah.

Demikianlah, makanan bergizi untuk anak yang bisa anda berikan pada sang buah hati. Pelajari pula menu makanan untuk anak 1 tahun jika anda memiliki anak di usia sekian. Selain itu, baca juga cara mengatasi anak susah makan nasi karena nasi adalah sumber karbohirat yang essensial dibutuhkan untuk memenuhi gizi dan nutrisi harian anak.

No Responses

Write a response