makanan penambah asi

5 Jenis Makanan Penambah ASI Agar Lancar Dan Berkualitas

ASI adalah makanan dan minuman pokok bagi bayi yang baru dilahirkan. Bahkan bayi hanya boleh mengonsumsi ASI saja hingga berumur 6 bulan. Lalu apa saja makanan penambah asi?

makanan penambah asi

Menyusui ASI akan memberikan kehidupan yang terbaik bagi si buah hati. Memberikan ASI ekslusif akan meningkatkan perkembangan bicara si kecil, mendukung kemampuan bayi untuk tumbuh, dan membantu mencegah penyakit dalam tubuhnya. Selain itu, terdapat manfaat menyusui untuk bunda yaitu merangsang hormon oksitosin untuk membuat ikatan antara bunda dan bayi dan mencegah kanker payudara dan ovarium.

Namun, kendala yang sering didapatkan oleh ibu menyusui adalah kurangnya ASI. Tubuh setiap ibu berbeda-beda. Ada yang mampu memproduksi ASI berlimpah, ada juga yang memiliki ASI sedikit pada beberapa hari atau minggu pertama.

Oleh sebab itulah, bunda perlu tahu makanan apa saja yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Bunda tidak perlu khawatir karena makanan ini sering dijumpai sehari-hari dan tidak sulit untuk ditemukan.

Apa saja makanan penambah asi?

Kali ini ibuhamisehat.net akan mengulas beragam makanan penambah asi yang penting untuk meningkatkan dan mengoptimalkan produksi Air Susu Ibu.

1. Ubi Jalar dan Daunnya

Ubi jalar dan makanan berwarna orange dan merah lainnya seperti bit dan wortel mengandung beta karoten yang penting untuk meningkatkan suplai ASI. Selain itu, makanan untuk memperbanyak asi ini mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi pada ibu menyusui.

Menurut Prof dr Ahmad Sulaeman, ahli pangan dari IPB dalam acara Jelajah Gizi Sarihusada, daun ubi jalar dapat meningkatkan gizi dalam bayi karena dapat meningkatkan produksi ASI menjadi deras. Dalam makanan penambah asi berkualitas ini terdapat zat laktagogum yang dapat meningkatkan produksi Air Susu Ibu. Ternyata, daun ubi jalar juga mengandung zat besi dan karotenoid.

Prof Ahmad juga menyatakan bahwa daun ubi jalar mengandung protein dan provitamin A yang tinggi. Diketahui bahwa penggunaan makanan untuk menambah asi ini telah dilakukan oleh beberapa negara, termasuk Filipina. Selain daun ubi jalar, daun yang baik untuk meningkatkan ASI adalah daun papaya, daun kelor, dan daun katuk. Bunda yang ingin mengonsumsi daun ubi jalar harus memilih yang tidak menggunakan pestisida. Hal ini dikarenakan, akan berdampak buruk pada bayi yang meminum ASI.

2. Minyak

Terdapat beberapa jenis minyak yang merupakan makanan untuk menambah asi yang bermanfaat untuk meningkatkan produksinya . Minyak yang bisa dimanfaat untuk meningkatkan ASI adalah minyak yang sehat dan memiliki kolesterol rendah. Hal yang perlu diingat adalah sumber makanan pelancar asi ini tersebut perlu dikonsumsi dalam dosis sedang, jangan berlebihan.

makanan penambah asi

Ibu menyusui bisa membuat salad yang dicampur dengan minyak makanan penambah asi agar banyak tersebut. Minyak sehat yang dapat memperbanyak deras ASI ibu adalah minyak zaitun, minyak wijen, minyak biji rami, dan minyak kelapa. Misalnya, miyak zaitun kaya akan antioksidan yang baik untuk pertumbuhan bayi. Detail kandungan dalam makanan untuk menambah asi minyak zaitun adalah vitamin E, vitamin K, protein, omega 3, omega 6, lemak tak jenuh, dan karbohidrat.

Nutrisi ini sangat baik untuk ibu menyusui dan bayinya. Selain itu, minyak wijen yang mengandung tinggi kalsium dapat membantu melancarkan ASI. Selain minyaknya, bunda juga bisa mengonsumsi biji wijen untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Buah Pepaya

Buah papaya adalah salah satu makanan untuk menambah asi. Hal ini dikarenakan buah papaya mengandung 50% kalium dan 33% vitamin yang lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Buah papaya akan memenuhi kebutuhan kalium bagi ibu yang tengah menyusui.

Ibu menyusui yang kekurangan kalium berisiko mengalami depresi dan mudah merasa lelah. Sedangkan bunda harus tetap stabil dan seimbang pada masa menyusui. Selain itu, buah papaya mengandung asam folat, vitamin A, dan vitamin C. Makanan pelancar asi ini juga mengandung natrium, lemak tak jenuh, dan rendah kandungan kolesterol. Kandungan-kandungan tersebut dapat melancarkan ASI bunda.

4. Sup Daging/ Ayam/ Ikan

Sup merupakan salah satu makanan yang dapat memperbanyak produksi ASI. Kuah sup dapat menambah cairan tubuh. The Institute of Medicine menyarankankan agar ibu menyusui mengonsumsi lebih banyak air dibandingkan ibu sedang tidak menyusui.

makanan penambah asi

Oleh karena itu selain mendapatkan asupan cairan dari minum air putih, ibu juga perlu mendapatkan cairan dari makanan untuk menambah asi. Makanan mengandung 20% cairan dari keseluruhan asupan cairan, sedangkan sisanya dipenuhi oleh asupan air langsung.

Sedangkan daging, ayam, atau ikan pada makanan penambah asi sebelum melahirkan ini dapat menambah protein bagi bunda. Daging sapi adalah makanan sumber vitamin B6, vitamin B12, zat besi, dan rendah lemak. Bagi ibu yang menyusui, terkadang tubuh mudah merasa lelah dan terkuras energinya. Hal ini dapat diantisipasi oleh daging sapi karena zat besinya dapat merangsang energy baru.

Untuk daging ayam, bunda bisa memilih bagian dadanya karena rendah lemak. Selain itu, umumnya, sup menggunakan beragam sayur-sayuran yang dapat menambah vitamin dan mineral bagi tubuh. Salah satu sayuran yang sering digunakan dalam sup adalah pak choy.

Pak choy adalah sayuran hijau yang mengandung nutrisi dan gizi yang penting untuk ibu menyusui. Salah satu manfaat pak choy untuk bunda adalah menghindarkan dari anemia karena zat besinya yang tinggi.

Bahan lainnya yang sering ditambahkan pada sup adalah jagung. Jagung muda mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, vitamin B15, kalium, kalsium, protein, dan karbohidrat. Manfaat jagung manis adalah mencerdaskan otak bayi. Bahkan jagung dapat meningkatkan produksi ASI. Tambahkan jagung manis pada sup akan membuat bayi cerdas dan produksi ASI meningkat. Itulah salah satu contoh menu makanan ibu menyusui.

5. Oat

Ibu dapat mengonsumsi oat untuk meningkatkan ASI. Oat adalah olahan gandum yang kaya akan kalsium, zat besi, dan serat. Selain itu, terdapat 79 gram serat dalam 100 gram oatmeal. Makanan penambah asi bagi ibu ini mengandung mineral terbaik diantaranya tembaga, mangan, selenium, seng, kalium, fosfor, dan magnesium.

Bunda juga dapat memperoleh vitamin terbaik dari oat berupa thiamin, riboflavin, niacin, asam folat, dan pantotenat. Selain meningkatkan produksi ASI, kandungan- kandungan tersebut dapat menstabilkan kadar gula dalam darah, bertindak sebagai antioksidan, dan menurunkan tekanan darah busui menyusui. Disamping itu, oat mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, menjaga berat badan ideal, menyehatkan jantung, dan memperbaiki jaringan tubuh busui menyusui.

Agar nutrisi dalam oat makin lengkap, bunda dapat menambahkan buah-buahan, kacang-kacangan, rempah-rempah, dan susu rendah lemak.

Masalah yang mudah bukan untuk membuat ASI berlimpah dan lancar. Mungkin sejak masa kehamilan, bunda telah banyak mencari tahu apa saja makanan dan minuman penambah asi. Sayangnya bunda hanya mengetahui segelintir makanan penambah asi saja namun ulasan tadi telah memberikan wawasan lebih pada ibu menyusui. Ketahui juga makanan sehat untuk ibu menyusui untuk mengetahui makanan lainnya yang bagus untuk bunda dan si buah hati.

No Responses

Write a response