makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil selalu menjadi perhatian khusus bagi para ibu yang ingin memiliki janin dan bayi yang sehat. Jika makanan tersebut tidak sehat, hal itu dapat beresiko bagi janin yang dikandungnya. Namun, mungkin pada usia kehamilan yang masih muda, anda masih menebak-nebak makanan apa saja yang menjadi pantangan atau keharusan dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu apa saja makanan sehat untuk ibu hamil?

Para ibu dengan masa kehamilan trimester pertama, biasanya mereka mengalami mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan. Oleh karena itu, ibu hamil memerlukan vitamin, mineral, dan nutrisi yang lebih banyak lagi. Fase ini sangatlah penting karena merupakan tahap awal pembentukan janin dan pembentukan organ. Dr. Raehanul Bahraen dalam kesehatanmuslim.com menjabarkan beberapa hal singkat mengenai makanan sehat untuk ibu hamil pada trimester pertama.

Pada masa kehamilan trimester pertama atau 3 bulan pertama, ibu dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu, dan lemak yang sehat. Kemudian, zat yang paling penting dalam usia kehamilan ini adalah asam folat. Asam folat berguna untuk pembentukan awal otak janin.

Adapun contoh menu makanan sehat untuk ibu hamil trismester pertama :

  • Sarapan yaitu nasi goreng, telur mata sapi, jus buah, dan susu khusus kehamilan.
  • Makan siang yaitu nasi, ikan bumbu kuning, tempe goring, sayur bening, dan buah jeruk.
  • Sedangkan contoh menu makan sehat ibu hamil untuk makan malam yaitu nasi, bistik, bakwan jagung, selada buah, dan susu menjelang tidur.

Lalu apa saja makanan sehat untuk ibu hamil? Ulasan ini akan membahas panduan makanan yang bagus dan sehat dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki nutrisi yang sangat lengkap.

1. Produk Susu

Susu merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama dan bulan-bulan selanjutnya. Kandungan yang terdapat dalam susu bagus untuk ibu hamil karena dapat membantu transportasi oksigen ke janin, pembentukan otot janin, memperbaiki jaringan yang rusak pada ibu hamil, dan mendukung pertubuhan jaringan baru pada bayi.

Susu mengandung protein dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Seperti yang diketahui bahwa pertumbuhan sel membutuhkan protein. Susu juga mengandung kalsium yang diperlukan oleh ibu hamil. Pada masa kehamilan, ibu memerlukan kaslium dua kali lipat lebih dari biasanya.

makanan sehat untuk ibu hamil

Minuman ini juga mengandung kalori yang bermanfaat untuk sumber energi bagi ibu hamil. Susu juga mengandung zat besi, asam folat, AHA dan DHA, zinc, dan fosfor. Kandungan zat besi dapat membantu pembentukan sel darah merah pada ibu dan janin, memelihara kehamilan agar lebih kuat, dan mebangun enzim pada ASI.

Kandungan asam folat berguna untuk pembentukan organ janin dan menghindari cacat tulang belakang dan otak. AHA dan DHA berperan sebagai komponen pembentukan membran sel otak dan menyiapkan ASI yang berkualitas. Zinc membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan janin. Kandungan fosfor berguna untuk pembentukan tulang dan gigi.

Kemudian, susu tanpa lemak merupakan pilihan yang pintar dan cerdas. Setiap gelas susu tanpa lemak dapat memasok kalsium 30% dari total kebutuhan kalsium 1000mg perharinya. Anda juga bisa mengonsumsi susu kedelai yang juga bermanfaat bagi ibu hamil.

2. Sereal dan Oatmeal

Setiap pagi anda bisa memulai hari dengan mengonsumsi seral atau oatmeal. Para ahli menganjurkan mengonsumsi seral ketika sarapan. Oleh karena itu, masukanlah sereal kedalam daftar menu makanan ibu hamil. Ternyata sereal mengandung asam folat yang berguna untuk fase awal tahap kehamilan hingga delapan bulan kedepan.

Para ahli menyarankan ibu hamil mengonsumsi asam folat minimal 400 mikrogram per harinya. Makanan ini juga mengandung vitamin B kompleks yang merupakan nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil. Jika anda tidak menyukai sereal, anda bisa menggantinya dengan sayur asparagus atau kacang polong.

makanan sehat untuk ibu hamil

Oatmeal atau bubur gandum juga merupakan sumber karbohidrat kompleks yang bagus dikonsumsi untuk ibu hamil. Kandungan ini akan membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh ibu hamil dan juga mencukupi asupan gizi. Oatmeal juga mengandung serat, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Kandungan serat berguna untuk mengatasi gangguan pencernaan pada ibu hamil. Kalsium bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi. Kandungan magnesium bermanfaat untuk mengatur kadar gula dalam darah sehingga tidak beresiko terkena diabetes. Zat besi bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah.

3. Kacang-kacangan

Faktanya tidak semua jenis kacang-kacangan bagus untuk ibu hamil terutama pada trimester pertama. Akan tetapi, ada beberapa jenis kacang yang memiliki kandungan protein yang merupakan makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis kacang-kacangan yang disarankan untuk ibu hamil diantaranya kacang hijau, kacang merah, dan kacang kedelai. Jenis kacang-kacangan ini mengandung asam folat dan vitamin B yang bagus untuk ibu hamil.

Kacang merah mengandung protein, zat besi, dan antioksidan. Seperti yang diketahui, ibu hamil sering mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Oleh karena itu, ibu hamil memerlukan zat besi yang dapat meningkatkan volume darah pada ibu hamil. Zat besi juga bermanffat untuk perkembangan kognitif pada bayi.

makanan sehat untuk ibu hamil

Sedangkan kacang hijau mengandung protein, karbohidrat, serat, asam folat, dan lemak yang bagus untuk ibu hamil. Kandungan protein berguna untuk pembentukan sel-sel janin dan juga otot. Karbohidrat merupakan sumber energy ibu hamil agar tidak mudah kelelahan. Serat berfungsi untuk mencegah konstipasi atau sembelit pada ibu hamil.

Kandungan asam folat bermanfaat untuk pertumbuhan janin dan produksi sel-sel darah merah. Lemak bermanfaat untuk fungsi oragan jantung pada ibu hamil.

4. Daging tanpa lemak, telur, dan Ikan

Daging, telur, dan ikan merupakan kelompok makanan ibu hamil muda agar anak cerdas yang mengandung protein yang bagus untuk perkembangan janin. Apalagi pada usia kehamilan trimester kedua dan ketiga. Telur mengandung kolin yang akan mengurangi risiko cacat saraf dan mendukung perkembangan otak dan tubuh janin. Sedangkan ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu pertumbuhan janin dan menjaga mood pada ibu hamil.

makanan sehat untuk ibu hamil

Namun demikian, tidak disarankan untuk mengonsumsi salmon lebih dari 340 gram seminggu untuk menghindari paparan merkuri. Selain itu, daging tanpa lemak merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi. Namun, hindarilah konsumsi daging olahan seperti sosis yang banyak mengandung parasite dan bakteri.

5. Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan salah satu menu makanan ibu hamil setiap hari. Pada kehamilan trimester pertama dan trimester kedua dan ketiga, vitamin C dalam jeruk berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga memerangi infeksi pada ibu hamil. Selain itu, kandungan zat besi dalam buah dan sayur dapat membantu mencegah dan mengatasi anemia.

Rata-rata buah dan sayuran juga mengandung serat yang akan melancarkan buang air besar pada ibu hamil. Untuk janin sendiri, sayuran dan buah mengandung nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Sayuran apa saja yang bagus untuk ibu hamil? Baca selengkapnya di sayuran yang baik untuk ibu hamil.

Pemilihan jenis makanan sehat untuk ibu hamil haruslah dilakukan dengan teliti. Anda bisa memilih jenis makanan yang baik dan memang dibutuhkan oleh anda dan janin anda. Selain itu, anda juga dianjurkan untuk mengolah sendiri makanan anda karena pengolahan yang tepat dan benar sehat untuk janin anda.

Bagi ibu yang memiliki penyakit diabetes dan kondisi penyakit lainnya dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Dokter akan meberikan anjuran dan pantangan makanan bagi ibu hamil.

No Responses

Write a response