makanan sehat untuk ibu menyusui

Ini Lho Bun Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Apa saja makanan sehat untuk ibu menyusui yang dapat meningkatkan kualitas ASI bagi si buah hati? Bunda pasti telah mengetahui bahwa ASI dengan kualitas yang baik memiliki sejuta manfaat untuk bayi. ASI memang sangat berguna bagi tumbuh kembang dan kesehatan sang buah hati.

makanan sehat untuk ibu menyusui

Selain itu, sudah banyak diketahui bahwa bayi harus minum ASI hingga berusia 6 bulan. Pada 6 bulan – 2 tahun, barulah bayi boleh mengonsumsi MPASI. Oleh karena itu, pasti bunda ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil dengan menjaga kualitas ASI?

Bunda tidak perlu khawatir dan bingung karena menjaga kualitas ASI bukanlah masalah yang sulit. Ada berbagai cara untuk menjaga kulitas ASI mulai dari menjaga kesehatan bunda hingga menjaga asupan makanan yang bergizi lengkap dan seimbang. Mengenai asupan dan pola makan untuk meningkatkan kualitas ASI, ada beberapa tips yang perlu bunda ketahui.

Hal itu dikarenakan, asupan nutrisi tidak boleh dilakukan sembarangan. Kemudian, sebagian besar ibu menyusui membutuhkan tambahan nutrisi hingga 500 kalori untuk mencukupi produksi ASI.

Simak ulasan berikut untuk mengetahui makanan sehat untuk ibu menyusui dan daftar menu ibu menyusui apa saja yang dapat meningkatkan kualitas ASI untuk si kecil.

1. Beras Merah

Salah satu makanan sehat untuk ibu menyusui dan si buah hati adalah beras merah. Beras merah mengandung senyawa galaktogogus yang bermanfaat untuk melancarkan ASI. Makanan ini juga penting untuk ibu dan bayi karena mengandung asam folat.

makanan sehat untuk ibu menyusui

Kemudian, beras merah memiliki kandungan vitamin B yang dapat mengatasi kesemutan, rematik, beri-beri, dan sakit pinggang bunda. Disamping itu, beras merah akan menyediakan kalori untuk produksi ASI berkualitas tinggi. Selain itu, makanan ibu menyusui agar bayi tidak mencret ini akan mempercepat proses pemulihan pasca melahirkan.

Beras merah juga akan menjaga kadar gula dalam darah dan menjaga nafsu makan bunda lho. Hal yang paling penting, makanan yang baik untuk ibu menyusui ini mengandung banyak senyawa yang dapat meningkatkan kualitas ASI. Ketika bayi sudah bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI, beras merah juga merupakan makanan yang tepat untuk si kecil.

Masih banyak lagi manfaat beras merah untuk bunda dan si kecil. Beras merah dapat membuat kulit bunda lebih halus dan mengatasi alergi. Menurut The Natural Medicines Comprehensive Database, beras merah mengandung Lovastatin alami yang dapat menyingkirkan HDL atau kolesterol dalam darah ibu menyusui. Kemudian seperti yang dilansir dalam jurnal American Diabetes Association dari penelitian tim Prof. Hiroyuki Masuzaki di Univesitas Ryukyu, Okinawa, Jepang, beras merah mengandung serat dan magnesium yang bagus untuk diet bagi bunda yang mengalami obesitas.

Riset lainnya yang dilakukan oleh Experimental Biology annual conference di di Anaheim, California, AS, menyatakan bahwa beras merah dapat menurunkan risiko serangan jantung dan menurunkan tekanan darah.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan DHA yang bermanfaat untuk sistem saraf bayi. Tingkat DHA dalam ASI tergantung pada asupan makanan sehat untuk ibu menyusui. Penelitian menunjukan bahwa kaitan antara IQ anak-anak dan DHA diambil pasca hamil dan masa menyusui.

makanan sehat untuk ibu menyusui

Selain itu, sebuah penelitian menunjukan bahwa DHA dalam makanan untuk ibu menyusui ini akan mencegah depresi yang dialami pasca melahirkan. Manfaat selanjutnya dari makanan ibu menyusui agar bayi cerdas ini adalah melindunginya dari alergi.

Menurut penelitian “alergi pediatric dan imunologi” yang terbit pada edisi Februari 2011, ibu hamil yang diberi asupan DHA dan EPA pada usia kehamilan 25 minggu dan ibu menyusui 3,5 bulan akan memiliki bayi yang memiliki tingkat alergi rendah. Sedangkan bila ada suplementasi yang dilakukan pada usia 3,5 bulan menyusui, ada kemungkinan penurunan tingkat alergi sepanjang tahun kedua.

Menurut catatan para peneliti juga ada kaitan yang erat antara alergi bayi dengan asam lemak DHA dan EPA. Namun, tetap batasi konsumsi ikan salmon hanya 12 ons perminggu. Hal ini dikarenakan kandungan merkuri dalam salmon akan keluar dan terbuang dari ASI.

3. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak penting untuk dikonsumsi ibu menyusui. Beberapa ibu yang belum memenuhi asupan nutrisi ibu menyusui, penting untuk mendapatkan nutrisi dari susu. Hal ini dikarenakan, makanan ibu menyusui ini mengandung manfaat kalsium yang berguna untuk meningkatkan kualitas ASI.

Selain itu, susu mengandung banyak yang diperlukan oleh tubuh bunda. Susu kaya akan vitamin B, vitamin D, dan protein. Dalam segelas susu, bunda pun dapat memperoleh lemak, yodium, zat besi, fosfor, seng, vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam folat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Konsumsi susu setiap hari akan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pertumbuhan tulang pun akan dipengaruhi oleh konsumsi susu karena susu akan memperkuat tulang. Selain itu, saat menyusui, kandungan kalsium pada tulang bunda akan menipis. Akibatnya bunda akan sering mengeluh nyeri pada tulang. Menkonsumsi tiga cangkir susu bisa memperbaiki asupan kalsium pada tubuh ibu menyusui.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau sangatlah beragam jenisnya. Beberapa diantaranya adalah brokoli dan daun bayam. Keduanya mengandung vitamin A yang baik untuk bunda dan buah hati. Selain itu, keduanya mengandung zat besi dan vitamin C.

makanan sehat untuk ibu menyusui

Sayuran berdaun hijau juga bagus untuk kesehatan jantung karena memiliki kalori yang rendah dan kaya akan anti-oksidan. Sayuran berdaun hijau lainnya yang penting untuk ibu menyusui dan bayi adalah daun katuk. Daun katuk muda mengandung mineral dan vitamin yang akan menjaga produksi ASI. Selain itu, senyawa berupa polifenol dan steroid bisa meningkatkan produksi ASI pada ibu.

Makanan sehat ibu menyusui selanjutnya yang penting untuk bunda adalah selada. Selada adalah sayuran yang kaya akan zat besi. Inilah yang menyebabkan daunnya berwarna hijau. Selada juga mengandung serat, asam folat, dan zat flavonoid. Mengkonsumsi selada dipercaya mampu mengatasi anemia dan menambah energy bagi ibu menyusui. Asam folat bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah dan juga meningkatkan kecerdasan bayi.

5. Kacang- Kacangan

Singkirkan terlebih dahulu stereotype dan statement yang mneyebutkan bahwa kacang dapat memperburuk penampilan dan menyebabkan jerawat. Sebenarnya kacang mengandung gizi yang dibutuhkan ibu menyusui agar bayinya cerdas. Ditambah, makanan sehat untuk ibu menyusui ini dapat dikenalkan langsung pada bayi sebagai makanan pendamping ASI.

Vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal dalam kacang dapat memberikan perlindungan pada otak bayi dari penyakit Alzheimer. Selain itu, kacang kaya akan protein yang akan memberi bunda nutrisi dan energy yang cukup. Tingginya kandungan protein akan meningkatkan produksi ASI. Untuk meningkatkan produksi ASI, para ahli sering menyarankan asupan kacang tanah, kacang polong, kacang hitam, dan kacang merah. Selain pasokan protein yang tinggi, kacang juga dapat menjadi sumber zinc dan zat besi yang baik untuk ibu menyusui.

Ternyata cara untuk melancarkan ASI dan meningkatkan kelaitas ASI tidaklah sulit bukan? Selain mengonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui, ibu juga perlu istirahat dan olahraga yang cukup dan teratur. Stress juga bisa menurunkan kulitas ASI.

Oleh karena itu, ibu menyusui harus tetap santai dan tidak boleh melakukan aktivitas yang berlebihan. Ketahui juga mitos seputar kehamilan agar bunda tahu hal apa saja yang merupakan mitos dan hal apa yang menjadi fakta seputar kehamilan yang tengah beredar di masyarakat.

No Responses

Write a response