makanan yang dilarang untuk ibu menyusui

Hindari Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui Berikut Ini

Ibu perlu mengetahui makanan yang dilarang untuk ibu menyusui karena hal-hal dalam momen menyusui perlu mendapatkan perhatian khusus. Menyusui adalah hal yang wajib dilakukan oleh ibu yang baru melahirkan karena memiliki segudang manfaat baik bagi ibu dan bayinya.

Bahkan sebuah riset menunjukan bahwa bayi dengan ASI ekslusif memiliki risiko rendah terserang infeksi, virus, dan serangan penyakit lainnya. Selain itu, anak yang mendapatkan ASI juga memiliki kecerdasan yang tinggi dan memiliki resiko yang rendah terhadap pengembangan alergi dan obesitas.

Dalam masa menyusui, ibu perlu memenuhi asupan kebutuhan nutrisi agar sang buat hati mendapatkan nutrisi yang cukup dari ASI. Selain itu, asupan makanan yang berkualitas dapat melancarkan dan memperbanyak ASI. Sayangnya banyak ibu baru yang masih belum mengetahui makanan yang dilarang untuk ibu menyusui dan makanan apa yang harus dikonsumsi. Sedangkan untuk memproduksi 600ml sampai 800ml ASI sehari, ibu membutuhkan tambahan 500 kalori.

Apa saja makanan yang dilarang untuk ibu menyusui? Simak informasinya dalam ulasan berikut.

1. Jeruk

Semua jenis buah yang masuk dalam kategori jeruk adalah makanan yang harus dihiindari selama menyusui. Jeruk bisa menyebabkan masalah yang berat bagi ibu dan bayinya. Hal ini dikarenakan jeruk mengandung senyawa yang dapat menyebakan ruam kulit pada bayi, menangis terus menerus karena perut tidak nyaman, dan bayi muntah setelah minum ASI. Masalah-masalah ini dikarenakan kandungan vitamin C yang belum dapat diterima oleh tubuh bayi.

makanan yang dilarang untuk ibu menyusui

Adapun bahaya-bahaya lain dari jeruk bagi ibu menyusui dan bayinya jika ibu mengonsumsi buah ini berlebihan. Bahaya yang pertama adalah jeruk dapat menyebabkan luka di lapisan perut. Tak cuma itu, luka juga bisa berada di usus halus atau esophagus bagian bawah. Hal itu terjadi akibat meningkatnya produksi asam lambung ibu menyusui. Karena banyaknya asam dapat menyebabkan luka di pencernaan bagian dalam. Bagi bayi, jeruk bisa menyebabkan perut melilit dan tidak nyaman.

Bahaya yang kedua adalah jeruk dapat menyebabkan penyakit GERD (Gastro Oesophageal Reflux Disease) pada ibu. GERD adalah penyakit yang berhubungan dengan usus yang diawali sakit tenggorokan, nyeri di dada, mual, dan muntah. Penyakit ini sering ditimbulkan karena konsumsi jeruk nipis.

Bahaya yang ketiga adalah makanan yang dilarang untuk ibu menyusui ini dapat menimbulkan batu ginjal pada sang ibu. Hal ini dikarenakan kandungan oksalatnya. Kandungan tersebut dapat mencegah penyerapan kalsium yang pada akhirnya membentuk batu ginjal. Sebagai buah pengganti ibu bisa mengonsumsi nanas, mangga, dan papaya.

2. Tanaman Keluarga Mint

Ibu menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi tanaman yang berasal dari keluarga mint. Beberapa tanaman ini termasuk peppermint, basil, daun mint, dan parsley adalah makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui. Semua jenis tanaman dari keluarga ini mengandung senyawa aktif dalam minyak essensial yang dapat mempengaruhi lancar asi anda. Bayi anda akan sering menangis.

makanan yang dilarang untuk ibu menyusui

Selain itu, tanaman keluarga mint juga dapat mengganggu suplai atau produktivitas susu. Bahkan tanaman ini dapat menyebabkan denyut jantung ibu menjadi lebih cepat dan menyebabkan masalah pencernaan. Terdapat efek samping lainnya bagi ibu dan bayi jika ibu mengonsumsi makanan ini secara berlebihan selama menyusui. Konsumsi tanaman mint dapat menyebabkan diare baik pada bayi maupun ibunya.

Selain itu, makanan yang dilarang untuk ibu menyusui ini dapat menyebabkan kemerahan pada kulit, mulas-mulas, iritasi lambung, dan gatal kulit pada bayi dan ibunya.

3. Makanan Pedas

Makanan yang bercita rasa dan berbumbu pedas memang sangat menggoda untuk dikonsumsi. Apalagi jika cuaca sedang panas, ibu akan semakin berselara untuk menyantap makanan pedas. Hanya saja makanan pedas dan berempah seperti paprika, cabai, kari, dan kayu manis tidak baik untuk sistem pencernaan dan kesehatan si buah hati. Oleh karena itu, makanan ini adalah makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui.

makanan yang dilarang untuk ibu menyusui

Masih banyak lagi bahaya makanan pedas untuk ibumenyusui dan bayi jika ibu mengonsumsinya berlebihan. Bahaya yang pertama adalah makanan pedas dapat menyebabkan maag akut atau gastritis pada ibu. Bahaya selanjutnya makanan ini dapat menyebabkan ibu mengalami insomnia. Bahaya lainnya adalah perut ibu menyusui akan merasakan mulas. Hal ini tentunya akan mengganggu ibu dalam proses menyusui.

Selain itu, makanan pedas dapat menyebabkan bayi mengalami diare akut. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang dilarang untuk ibu menyusui ini untuk menjaga kesehatan bayi.

4. Bawang Putih

Ibu menyusui sebaiknya menghindari konsumsi bawang putih selama menyusui. Harum bawang putih memang akan membuat ibu semakin berselera tapi tidak dengan bayinya. Hal ini dikarenakan bawang putih akan membuat ASI memiliki aroma dan rasa yang kuat sama seperti bawang putih 2 jam setelah memakannya.

makanan yang dilarang untuk ibu menyusui

Jika bayi tidak menyukai rasa dan aroma bawang putih, bayi bisa menangis dan rewel saat meminum ASI. Selain itu, ada beberapa efek samping negative dari bawang putih bagi ibu dan bayi jika dikonsumsi berlebihan. Efek samping yang pertama bawang putih dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Hal ini akan menyebabkan mual, perut tidak nyaman, dan diare pada ibu menyusui dan bayi.

Efek samping selanjutnya adalah bagi ibu menyusui yang memiliki alergi terhadap bawang putih. Reaksi alergi yang diakibatkan oleh bawang putih pada ibu berupa sesak nafas, sakit kepala, demam, kulit mengelupas, mual, muntah, dan ruam kemerahan. Bawang putih termasuk salah satu pantangan makanan ibu menyusui bayi alergi. Efek samping lainnya adalah bawang putih dapat memicu pendarahan berlebihan pada ibu menysui. Pendarahan bisa menyebabkan mimisan pada sang ibu.

5. Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau yang kaya akan antioksidan dan nutrisi yang tinggi. Sayangnya brokoli dapat menyebakan perut bayi mulas dan sering buang angin karena gas yang ditimbulkannya. Brokoli mengandung rafinosa yang tinggi. Rafinosa adalah serat yang sulit dipecah sehingga menyebakan perut kembung dan gas dalam perut. Bahkan brokoli mengandung zat kimia yang disebut goitrogens.

Jika ibu menyusui mengonsumsi brokoli secara berlebihan, hal ini akan menggangu fungsi tiroid yang menyebabkan hipotiroidsme. Bila kondisi tersebut dibiarkan, akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung dan obesitas pada ibu hamil. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi brokoli selama masa menyusui. Sebagai penggantinya, ibu bisa mengonsumsi wortel atau bayam.

Selain makanan yang dilarang untuk ibu menyusui diatas, ibu hamil juga perlu mewasapadai konsumsi obat-obatan baik kimia maupun herbal. Faktanya, tidak semua obat-obatan bebas di apotik dan herbal baik untuk ibu menyusui. Ibu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari risiko yang mungkin timbul.

Demikianlah daftar makanan yang dilarang untuk ibu menyusui. Sebagian ibu dan bayi bisa menerima beragam makanan tanpa menimbulkan reaksi negatif tertentu. Namun, banyak bayi yang dpat mengalami reaksi buruk seperti alergi. Selain itu, banyak kandungan makanan dan minuman yang harus dihindari oleh ibu menyusui bisa keluar dari ASI bila tetap dikonsumsi.

Jadi pertimbangkanlah untuk menghindari pantangan makanan ibu menyusui. Perbanyak konsumsi vitamin pelancar asi dan juga susu ibu menyusui untuk mendapatkan ASI yang berlimpah untuk bayi tercinta Anda.

No Responses

Write a response