manfaat minum air putih untuk kesehatan anak

Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan Anak

Minum air yang cukup dapat menghindarkan anak dari berbagai macam penyakit. Tak heran mengapa air putih menjadi kebutuhan wajib untuk dikonsumsi setiap hari. Lalu, apa manfaat minum air putih untuk kesehatan anak?

Anak-anak yang cukup minum air putih bisa memiliki tubuh yang sehat, menurut Prof. Dr. Ir. Hj. Netti Herawati, M.Si, Ketua Umum PP HIMPAUDI. Dan baik untuk perkembangan tubuh dan otak.

Menurut Prof. Dr. Ir. Hj. Netti Herawati, M.Si, air bisa memberikan berbagai manfaat minum air putih untuk kesehatan anak. Air baik untuk perkembangan otak dan bisa membuat anak kebal pada penyakit. Dalam hal ini, 1 dari 4 anak di Indonesia masih kurang minum. Hal ini ditunjukan oleh riset di 13 negara yang dikeluarkan oleh European Journal of Nutrition.

Setelah dihitung dengan rumus menghitung kebutuhan air minum, idealnya, kebutuhan air putih untuk anak 1 tahun adalah 800 mililiter dan anak usia 4-6 tahun membutuhkan 5-6 gelas perhari atau sekitar 1.2-liter air. Sementara, anak usia 7-9 tahun memerlukan 6-7 gelas setiap hari atau sekitar 1.5-2 liter air.

Nah, lalu, apa saja manfaat minum air putih untuk kesehatan anak?

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Apakah bunda tahu bahwa manfaat minum air putih untuk kesehatan anak adalah menjaga daya imun tubuhnya baik fisik dan mental anak. Seperti yang diketahui umum bahwa air adalah komponen utama yang menyusun darah.

Air berfungsi untuk menyalurkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, air pun membantu agar suhu tubuh tetap normal atau seimbang.

Air pun merupakan penyusun cairan limfa yang berada di peredaran getah bening yang memiliki kunci penting dalam sistem kekebalan tubuh. Karena itu, konsumsi air putih sesuai jumlah yang cukup agar anak-anak tetap sehat. Dengan begitu, si kecil dapat terhindar dari berbagai bibit penyakit yang mudah menyerang anak-anak.

Selain itu, air akan membuat anak agar tetap aktif. Hal ini dikarenakan air merupakan sumber energi yang bisa membuat anak tidak menjadi pemalas, tidak mudah terlihat lesu, dan tidak cepat lelah. Dan, bagaimana mengatasi anak susah minum air putih? Anda harus menjjadikan minum air putih sebagai kebiasaanya agar lama- lama ia terbiasa.

2. Meningkatkan Kecerdasan

manfaat minum air putih untuk kesehatan anak

Sejumlah studi menunjukan bahwa anak-anak yang terhidrasi dengan baik cenderung akan lebih cerdas ketimbang mereka yang tidak terhidrasi dengan baik atau mengalami dehidrasi. Karena itu, anda sebagai orang tua harus memperhatikan asupan air putih anak setiap harinya agar mereka terhidrasi dengan baik.

Untuk memenuhi kebutuhan air putih perharinya dan juga mengatasi anak susah minum air putih, anda harus memastikan bahwa si kecil membawa air putih ke sekolah. Ini dimaksudkan bukan untuk memperberat tas mereka tapi ini berguna agar anak anda tidak cepat mengantuk saat pelajaran karena sudah memasuki jam pelajaran disiang hari atau karena sudah terlalu lama menerima pelajaran.

Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan otak anak sejak pagi hari sudah mengali pembelahan sel-sel yang bertujuan meningkatkan daya ingat mereka. Meminum air putih disaat anak lelah dapat mengganti cairan tubuh yang sudah mulai kehabisan mineralnya atau mengganti cairan-cairan tubuh yang terbuang, logis bukan?

3. Menunjang Kinerja Otot

manfaat minum air putih untuk kesehatan anak

Otot perlu dilatih dengan baik untuk membentuk tubuh ideal yakni dengan melakukan olahraga rutin. Bila ditunjang dengan cukup minum air putih, proses pembentukan otot tubuh ini semakin maksimal. Perlunya cairan yang cukup dalam tubuh untuk menjauhkan otot dari cedera saat latihan dan menunjang kinerjanya, menurut Barbara Rolls, PhD, ahli kesehatan dan penulis buku The Volumetrics Weight Control Plan.

Selain itu, sel-sel otot yang tidak memeiliki cairan yang cukup tidak bisa mempertahankan elektrolit dan cairan sehingga otot akan mudah lelah. Otot kemampuannya akan berkurang dan tidak akan berfungsi dengan baik. Menurut American College of Sports Medicine, saat berolahraga, anak memerlukan air yang banyak. Beberapa ahli dari kampus tersebut mengajurkan bahwa 2 jam sebelum mulai berolahraga, anak harus meminum 0,5 liter air.

4. Memperkuat Gigi Anak

Selain sehat dan menyegarkan, air putih tentunya bebas dari zat- zat yang dapat merusak gigi anak, seperti soda dan gula. Karena itu, sebaiknya perbanyak dalam memberikan air putih agar anak Bunda tetap terjaga kekuatan giginya. Bahkan, di dalam air putih itu terdapat fluoridasi hingga 40 persen yang bisa membantu mengurangi kerusakan gigi anak, menurut America Dental Association.

Memang air putih merupakan salah satu asupan yang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Cairan ini bisa membantu membersihkan gigi agar bersih dari kotran dan bakteri yang menempel. Disamping itu, banyak mengkonsumsi air putih juga bisa menjaga produksi air ludah atau saliva. Karena itulah kebersihan di dalam mulut akan selalu terjaga.

5. Melunakkan Feses

Kurangnya asupan cairan bisa menyebabkan susah buang air besar. Nah, mengatasi sembelit merupakan salah satu manfaat minum air putih bagi kesehatan anak. Disamping itu, air putih juga dapat membantu melunakkan feses dan melancarkan buang air besar si kecil.

Feses menjadi kering dan keras diakibatkan oleh tubuh mengambil air sebanyak mungkin dari makanan yang melalui saluran pencernaan. Kondisini ini akan terjadi jika anak anda kekurangan minum air putih dan mengalami dehidrasi. Minum air putih yang cukup akan membantu tinja bergerak lebih mudah dengan cara melunakannya.

Dan anak anda mungkin tidak cukup minum air jika tidak banyak berkeringat, urine berwarna gelap atau keruh, jarang buang air kecil, dan sering mengalami pusing atau sakit kepala. Sementara bayi minum air putih banyak tidak terlalu dianjurkan kerana akan menimbulkan beberapa efek samping.

Demikianlah, manfaat minum air putih untuk kesehatan anak sehingga anak anda akan terbebas dari berbagai masalah kesehatan. Baca juga makanan bergizi untuk anak disamping memenuhi kebutuhan air putihnya. Selain itu, pelajari pula cara mendidik anak agar cerdas sejak dini.

No Responses

Write a response