menu makanan untuk anak 1 tahun

Daftar Menu Makanan Untuk Anak 1 Tahun

Pada kesempatan ini kita akan membahas menu makanan untuk anak 1 tahun. Sebenarnya, begitu anak memasuki usia 1 tahun, ia sudah bisa mengonsumsi makanan yang sama dengan makanan orang dewasa atau istilahnya ‘Table Food’. Namun, yang perlu diperhatikan adalah karena istilah ‘Table Food’ berasal dari negara- negara di Barat, tentunya makanan orang dewasa yang ada negara- negara tersebut menjadi tidak masalah dibandingkan makanan di negara Asia.

Hal ini dikarenakan makanan di negara barat terkenal ‘hambar’. Kadar garam yang ada di makanan mereka cenderung lebih sedikit. Karena itu, asupan makanan bagi si kecil harus selalu dipantau dan diperhatikan oleh orang tuanya.

Walaupun si kecil telah menginjak usia 1 tahun, sebaiknya bunda tidak menggunakan gula dan garam terlalu banyak. Bahkan lebih baik jangan diberikan sebelum mereka berusia 2 tahun. Ketika anak sudah berumur 1 tahun ke atas, mereka sudah boleh mengonsumsi makanan laut seperti cumi-cumi, kerang, dan udang.

Nah, langsung saja, berikut ulasan menu makanan untuk anak 1 tahun yang baik dan sehat. Yuks Bunda kita coba, anak-anak dijamin gak bosan.

1. Bihun Goreng Telur

menu makanan untuk anak 1 tahun

Mungkin bayi berusia 1 tahun kurang suka makan mie sehingga tidak terlalu lahap makan. Selain itu, bihun dipercaya merupakan resep makanan balita 1-2 tahun yang lebih sehat dibandingkan mie.

Bihun memiliki tujuh kandungan vitamin dan gizi. Kandungan dalam bihun, diantaranya karbohidrat 82,1 gram, protein 4,7 gram, kalsium 6 miligram, lemak 0,1 gram, zat besi 1 miligram, fosfor 35 miligram, dan energi sebesar 360 kilokalori. Disamping itu, vitamin- vitamin dalam bihun berupa vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Bunda bisa mencoba satu resep bihun goreng telur ini. Mula- mula, persiapkan bahan- bahan yang dibutuhkan, diantaranya 1 butir telur ayam kampong, 1 bungkus bihun jagung, 1 potong seledri, 1 potong daun bawang, 1 siung bawang putih cincang, kecap non msg secukupnya, dan sejumput garam. Bahan- bahan ini untuk 1 porsi.

Adapun cara membuat makanan untuk anak umur 1th ini. Tahap awal, rebus bihun hingga lunak, kemudian potong kecil, dan sisihkan. Tumis daun bawang, seledri, dan bawang hingga tercium harumnya. Jika sudah harum, tambahkan kecap, garam, dan air secukupnya dan sesuai selera.

Kemudian, masukan telur dan diaduk sampai telur matang. Lalu, tambahkan bihun dan koreksi rasanya. Menu ini bisa dihidangkan pada anak 1 tahun tanpa nasi. Dan, berikan menu ini saat jadwal makan bayi 1 tahun.

2. Sayur Asem untuk Anak 1 Tahun

menu makanan untuk anak 1 tahun

Jika anak bosa dengan sop dan anda sedang bingung mencari menu baru untuk anak 1 tahun, bunda bisa mencoba membuat sayur asem. Mula- mula, anda harus menyiapkan bahan- bahannya berupa 1/4 ruas asam, 1/2 ruas lengkuas, 2 butir bawang merah, garam, gula, dan 1 bungkus sayur asam. Sayur asam biasanya terdiri dari jagung, melinjo, terong, labu, dan lain- lain. Anak umur 1 tahun boleh makan apa saja yang ada di sayur asem.

Apakah anda tahu bahwa melinjo menghasilkan senyawa antioksidan. Aktivitas antioksidan ini didapatkan kandungan protein dalam biji melinjo. Protein berguna menghabisi radikal bebas yang memicu timbulnya berbagai jenis penyakit berbahaya. Selain itu, melinjo merupakan antimikroba alami yang dapat membunuh kuman- kuman penyebab penyakit.

Bagaimana cara membuatnya? Potong semua bahan sayur asam, lalu cuci, dan sisihkan. Didihkan air di dalam panci. Sementara, anda menyiapkan lengkuas, bawang, garam, dan gula dan kemudian gerus/ uleg kasar. Kemudian, masukan bumbu- bumbu yang telah dihaluskan kedalam panci.

Satu- persatu dan bertahap, masukan jagung, melinjo, potongan lengkuas, labu, terong, pepaya, asam secara berurutan. Lalu, rebus hingga lunak. Koreksi rasanya dan tunggu sampai matang. Sayur Asem untuk Anak 1 Tahun siap disajikan.

3. Dimsum Mungil non MSG

menu makanan untuk anak 1 tahun

Dimsum Mungil non MSG merupakan camilan sehat bagi anak berusia 1 tahun. 100 gram Dim Sum memiliki nilai kalori sebesar 112, protein 11,55 gram, karbohidrat 9,56, lemak 2,64 gram, seperti yang dilansir dari Fat Secret. Jadi, bisa dikatakan Dim Sum memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh si kecil. Gizi- gizi didalamnya akan membantu meningkatkan perkembangan anak 1 tahun keatas.

Bahan-bahan yang perlu anda persiapkan adalah 100 gr udang cincang halus, 100 gr ayam kampung giling, 3 butir telur puyuh, 2 lembar daun kale rajang halus, 1/4 wortel diparut halus, daun bawang secukupnya rajang halus, 1 sdt minyak wijen, 1 sdt saos tiram non MSG, 1 sdm tepung tapioka, bubuk bawang putih, garam, merica, pala, lada secukupnya, kulit pangsit secukupnya dimana setiap lembarnya dipotong jadi empat.

Adapun cara- cara membuatnya. Campur semua bahan, kecuali kulit pangsit. Bungkus adonan dengan kulit dimsum. Kemudian, rekatkan menggunakan putih telur. Kukus selama 15 menit. Dan, jangan lupa melumuri kukusan dengan minyak supaya tidak lengket.

4. Dadar Gulung Strawberry

Bahan-bahan yang perlu bunda persiapkan untuk membuat kulit dadar gulung diantaranya 250 ml susu cair, 1 sdm tepung maizena, 4 sdm tepung terigu, 1 butir telur ayam, dan pink himalayan salt secukupnya. Sementara, untuk bahan fla isian, bunda harus menyediakan 2 sdm tepung maizena, 1 butir kuning telur, 1 sdt gula pasir, dan 100 ml susu cair.

Bagaimana cara untuk membuatnya? Mula- mula, anda harus membuat kulit dadar. Campur tepung terigu, garam, dan maizena. Kemudian tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk. Tambahkan telur, campur hingga merata. Lalu, saring adonan hingga halus.

Selanjutnya, panaskan Teflon. Ambil adonan menggunakan sendok sayur dan lalu tuang ke Teflon. Dan, supaya permukaan rata, anda harus menuangkannya sambil diputar. Biarkan hingga adonan matang dan jangan sampai kering, lalu angkat. Lanjutkan seperti cara tadi hingga adonan habis.

Untuk flanya, campur semua bahan- bahannya. Kemudian, masak hingga kental dan lalu sisihkan. Ambil 1 sendok fla dan kemudian taruh diatas kulit dadar. Lipat seperti amplop. Bunda juga bisa memodifikasi isian dengan memberi pisang, keju, nutella, dan lain- lain yang menjadi kesukaan si kecil.

5. Nasi tim ayam

Menu makanan untuk anak 1 tahun yang selanjutnya adalah nasi tim ayam. Untuk membuat nasi tim ayam, bahan- bahan yang perlu bunda siapkan diantaranya 80 gr nasi aron yang setengah matang, 50 gr daging ayam giling, 50 gr tomat diiris, 100 gr wortel di parut, 1 butir kuning telur, garam secukupnya, dan air secukupnya.

Adapun cara membuatnya. Mula- mula, campurkan semua bahan menjadi satu. Kemudian, masukan kedalam mangkuk tahan panas. Tambahkan air sampai semuanya terendam. Masukan mangkuk tersebut kedalam panci kukus lalu tim hingga matang. Nasi tim ayam pun siap untuk disajikan. Selain itu, tekstur nasi ayam merupakan tekstur makanan bayi 1 tahun.

Nah, itulah menu makanan untuk anak 1 tahun yang bisa anda hidangkan dan sajikan pada si kecil. Jika anak bunda susah untuk makan nasi, pelajari cara mengatasi anak susah makan nasi dalam ulasan kami selanjutnya. Selain itu, baca juga cara mengobati asma pada anak dengan tepat.

No Responses

Write a response