obat nafsu makan tradisional

Obat Nafsu Makan Tradisional Untuk Anak

Anak yang tidak nafsu makan adalah wajar dan bukanlah sebuah penyakit. Mungkin saja anak anda memang kurang sehat. Memang kurangnya nafsu makan bukanlah suatu masalah kesehatan. Namun, apa jadinya jika anak tidak nafsu makan terus menerus? Apa saja obat nafsu makan tradisional?

Anak dapat terkena banyak penyakit dan kekurangan nutrisi dan gizi yang ia butuhkan untuk tumbuh kembangnya jika ia tidak selalu nafsu makan. Seperti yang diketahui, makanan merupakan sumber tenaga untuk melakukan kegiatan sehari – hari. Tidak nafsu makan pun dapat menurunkan kekebalan tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit menyerang.

Berikut adalah obat nafsu makan tradisional yang dapat anda gunakan untuk obat penambah nafsu makan.

1. Kunyit

obat nafsu makan tradisional

Faktanya, kunyit memiliki manfaat untuk tubuh anda, tak hanya berguna sebagai bahan masakan saja. Kunyit memiliki zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Ditambah, kunyit memiliki kemapuan meningkatkan daya imun tubuh karena kandungan kurkumin didalamnya. Kunyit juga bisa mengobati diare, asma, usus buntu, rematik, sakit lambung, dan menurunkan tekanan darah.

Dr. Prapti Utami MSi menganjurkan para orang tua untuk memberikan ramuan kunyit khusus untuk anak yang mengalami kesulitan makan. Selain itu, kunyit pun dapat meningkatkan enzim pencernaan. Pemberian kunyit secara teratur, bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindarkan anak dari radang.

Kunyit adalah tanaman obat nafsu makan anak yang paling dicari orang. Ramuannya juga bisa bantu redakan anak yang nyeri di perut, demam, dan merupakan antiseptic untuk anak yang sariawan. Dan, yang paling utama adalah menambah nafsu makan anak.

Lalu, bagaimana cara membuat ramuan kunyit? Mula- mula, potong rimpang kunyit sebesar 1 hingga 2 jari. Kemudian, parut dan peras dengan kain. Lalu, beri garam sedikit dan berikan pada anak sebelum tidur.

Adapun cara lainnya yaitu dengan digeprek. Caranya adalah dengan merebus air 1,5 sampai 2 gelas dan tunggu sampai airnya mendidih. Tambahkan kunyit yang telah digeprek tersebut kedalam panci dan jangan lupa ditutup. Kecilkan api dan diamkan hingga 10 menit. Kemudian, saringlah. Tunggu rebusan kunyit itu sampai dan bisa ditambah madu. Jamu tradisional agar anak doyan makan pun siap disajikan.

2. Temulawak

obat nafsu makan tradisional

Tumbuhan temulawak atau memiliki nama latin Curcuma xanthonirriza ini dapat menambah nafsu makan si kecil, lho. Sejak zaman dulu kala, memang temulawak ini telah dijadikan obat nafsu makan tradisional dan mengatasi berbagai macam penyakit.

Zat- zat yang terkandung dalam temulawak memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Diantaranya zat herbal seperti, minyak asirin, kurkumin, Abu, protin, serat, pati, phelandren, dan tumerol. Tak heran bukan mengapa temulawak digolongkan menjadi tumbuhan yang bermanfaat untuk tubuh. Temulawak penambah nafsu makan pun sering diterapkan oleh para orang tua pada anak- anaknya.

Ditambah, zat curcuma atau zat kurkumin adalah zat yang terkandung dalam temulawak untuk meningkatkan nafsu makan. Zat ini berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan si kecil.

Lalu, bagaimana cara membuat ramuan temulawak tersebut? Mula- mula siapkan temulawak kira-kira yang berukuran 1/2 jari, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, parut dan tambahkan air masak dua sendok makan. Hasil parutan disaring dan diperas. Kemudian, tambahkan madu satu sendok makan. Lalu, berikan jamu nafsu makan menambah berat badan ini pada anak satu kali sehari.

3. Jahe

obat nafsu makan tradisional

Salah satu bahan herbal tradisional alami yang telah diakui memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan adalah jahe. Salah satu menfaat jahe adalah untuk menambah nafsu makan. Jahe mengandung minyak atsiri yang dapat merangsang nafsu makan, meningkatkan pencernaan, dan membantu menghilangkan gas berlebih pada usus yang dapat menyebabkan rasa kenyang berlebihan.

Adapun cara membuat ramuan jahe untuk nafsu makan anak. Ambil setengah sendok makan jahe bubuk. Lalu, tambahkan sejumput garam dan seduh dengan air hangat. Kemudian, minum setengah jam sebelum makan setiap hari selama delapan sampai sepuluh hari.

Atau, anda bisa membuat teh jahe. Caranya adalah dengan memotong jahe kecil-kecil dan kemudian merebusnya dengan 2 gelas air. Anda juga dapat menambahkan gula atau susu sesuai selera anda untuk memperkaya rasa. Dan, anda bisa meminum ramuan ini beberapa kali dalam sehari.

Selain itu, anda bisa menjadikan jahe sebagai bahan campuran masakan anda sehari-hari untuk memaksimalkan jahe sebagai penambah nafsu makan. Jahe adalah obat penambah nafsu makan anak yang bagus.

4. Jamu Cekok

obat nafsu makan tradisional

Jamu cekok memang sudah terkenal turun- temurun untuk menambah nafsu makan pada anak. Tidak hanya itu saja, jamu cekok pun dapat meringankan batuk, mengobati sariawan, demam, dan flu pada anak.

Sebenarnya, jamu cekok untuk anak susah makan tidak memiliki ramuan khusus karena bahan- bahannya sama seperti racikan jamu yang telah ada. Namun, yang berbeda hanyalah cara pembuatan, cara penerapan, dan cara konsumsinya.

Jamu cekokan berasal dari istilah Jawa yang berarti meminumkan jamu secara paksa dengan menekan lidah. Namun, agar anak yang dicekok tidak keselek, ini harus sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan. Dan, agar jamu tidak terlalu pahit, bisa ditambahkan gula aren.

Selain untuk menambah nafsu makan, ternyata jamu cekok juga bisa mengobati cacingan pada anak. Dan biasanya anak yang susah makan bisa jadi karena ia cacingan. Anak susah makan apa perlu obat cacing? Mungkin jamu cekok bisa jadi jawabannya.

Lalu, bagaimana cara membuat jamu cekok untuk menambah nafsu makan? Tahap awal, siapkan 1 rimpang temulawak dan gula merah atau gula aren. Kemudian, parut temulawak dan lalu campur dengan gula merah. Obat tradisional penambah nafsu makan anak ini pun siap untuk diberikan pada anak.

5. Buah Pisang

obat nafsu makan tradisional

Salah satu buah yang kaya akan serat adalah pisang. Serat yang terkandung dalam pisang sebanyak 0,6 gram per 100 gram buah. Kandungan inilah yang membuat buah pisang dapat dijadikan obat nafsu makan tradisional. Selain itu, pisang mengandung vitamin A, vitamin C, fosfor, dan zat besi. Juga, kandungan kalium dan natrium dalam buang pisang terbilang cukup tinggi.

Kandungan kalium dalam pisang inilah yang membuat pisang dapat dikatakan bisa membantu memperbaiki nafsu makan anak yang berantakan. Pisang pun bermanfaat untuk mencegah konstipasi dan melancarkan saluran pencernaan. Untuk membantu si kecil untuk nafsu makan, anda dapat meberinya pisang. Disamping itu, pisang dapat meningkatkan perkembangan otaknya. Konsumsi buah penambah nafsu makan ini secara teratur setiap hari.

Demikianlah, obat nafsu makan tradisional yang bisa diberikan pada anak yang susah makan. Baca juga vitamin penambah nafsu makan anak untuk mengatasi anak yang tidak mau makan. Selain itu, pelajari juga manfaat air putih untuk kesehatan anak karena air putih adalah unsur essensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

No Responses

Write a response