obat sakit gigi alami untuk anak

5 Obat Sakit Gigi Alami Untuk Anak

Mengapa mengetahui obat sakit gigi alami untuk anak sangatlah penting? Sakit gigi merupakan musuh bagi orang tua dan anak-anak. Berbagai upaya dilakukan untuk mengobati dan mencegah terjadinya sakit gigi. Ketika anak mengalami sakit gigi, rasa nyerinya akan mempengaruhi keceriaannya dan seluruh aktivitas. Tidak hanya sekedar lemah dan lesu tetapi dapat dipastikan juga menjadi sangat rewel. Karena itu, bukan hal yang berlebihan bila banyak orang tua melakukan berbagai upaya.

Orang tua mulai mengajarkan cara merawat gigi, yakni menjauhkan hal-hal yang dapat menjadi penyebab sakit gigi dan cara membersihkan gigi. Hal ini memang tidak mudah karena terkadang anak menghindari makanan tertentu, membersihkan gigi, dan menyikat gigi.

Lalu, bagaimana jika anak terlanjur mengalami sakit gigi? Dibawah ini bahan-bahan alami yang anda bisa memberikan obat sakit gigi alami untuk anak.

1. Pijatan Es Batu

obat sakit gigi alami untuk anak

Memberikan pijat sakit gigi dengan es batu merupakan pertolongan pertama untuk mengurangi rasa sakit akibat sakit gigi yang diderita anak. Rasa sakit yan diderita anak secara bertahap akan mereda dengan pemberian es batu ini. Bagian tubuh, yaitu gigi, yang diletakan es batu akan mengalami efek mati rasa. Karena itu, rasa sakit bisa diredam.

Disamping itu, anda bisa menaruh potongan es batu di sela antara jari telunjuk dan jempol. Apakah ini memberikan efek? Tentu saja. Dengan menaruh es batu di area titik tekanan L14, ini dapat membantu mengurangi sakit gigi.
Menurut para ahli gigi, memijat titik L14 di tangan dengan es batu adalah pengobatan untuk sakit gigi yang sederhana namun efektif. Hal ini dikarenakan es batu mengirimkan sinyal dingin yang bisa menggangu sinyal rasa sakit.

Jika es batu digosok-gosokkan selama lima sampai sepuluh menit pada area ini, dapat menyebabkan rasa sakit berangsur menghilang. Gosokan pada tangan yang berada di sisi yang sama dengan gigi yang sakit. Anda harus menggosok pada tangan kiri anda jika anda mengalami sakit pada gigi sebelah kiri. Disamping itu, anda bisa menghisap es batu hingga mencair di bagian yang sakit. Es batu merupakan obat sakit gigi paling ampuh sedunia.

2. Batang Kemuning

obat sakit gigi alami untuk anak

Kemuning merupakan tanaman yang tumbuh liar di semak belukar dan biasanya ada di tepi hutan dan merupakan obat sakit gigi alami untuk anak. Ataupun sengaja ditanam sebagai tanaman pagar dipekarangan dan tanaman hias dihalaman. Kemuning dengan nama latin Murraya paniculata adalah tumbuhan suku jeruk jerukan atau famili Rutaceae.

Tumbuhan kemuning memiliki banyak sekali kegumaam dan manfaat, diantaranya mengobati sakit gigi, memar, nyeri sendi, rematik, keseleo, bisul, datang haid tidak teratur, infeksi saluran kencing, kulit kasar, radang buah zakar, hingga untuk melangsingkan badan. Khasiat tersebut didapatkan dari kandungan- kandungan dalam batang kemuning, berupa 5-7-dimethoxy-8- (2,3-dihydroxyisopentyl) coumarin dan mexotioin.

Sediakanlah batang tumbuhan kemuning yang ukurannya tidak terlalu besar. Lalu, bakarlah batang tersebut. Kemudian, teteskanlah minyak hasil pembakaran ke gigi yang sakit atau berlubang. Batamg kemuning merupakan obat sakit gigi rumahan yang bisa anda praktikan sendiri.

3. Biji Alpukat

obat sakit gigi alami untuk anak

Alpukat adalah buah yang populer di Indonesia dan merupakan obat sakit gigi alami untuk anak. Warnanya yang khas dan rasa yang nikmat membuat buah ini gampang untuk dikenali. Sementara nama ilmiah untuk alpukat adalah Persea Americana.

Penggunaan biji alpukat untuk mengatasi sakit gigi pada anak memang merupakan pengobatan yang jarang dilakukan. Namun, ini merupakan pengobatan alami yang dapat dilakukan sehingga tidak menimbulkan efek samping yang besar.

Alpukat paling terkenal akan kandungan antioksidan (karetanoid) didalamnya. Dengan kandungan ini, alpukat mampu mencegah radikal bebas dan bakteri penyebab sakit gigi. Kandungan antioksidan karetanoid yang terkandung dalam alpukat, antara lain beta-cryptoxanthin, beta-carotene, alpha-carotene, lutein, chrysanthemaxanthin, neoxanthin, neochrome, zeaxanthin, dan violaxanthin.

Caranya adalah dengan menghaluskan biji alpukat. Lalu, letakkan pada permukaan gigi. Selanjutnya, tekan untuk beberapa waktu. Terakhir, bersihkan. Ini merupakan obat gigi berlubang parah yang menimbulkan sakit gigi yang menusuk dan berdenyut.

4. Daun Cabai Merah

Walaupun daun cabai merah memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, tapi manfaatnya sangat besar untuk mengatasi sakit gigi. Daun cabai merah sangatlah mudah diolah dan juga sangat minim efek sampingnya. Dan, walaupun kandungannya tidak sebanyak buah cabai, daun ini mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Kandungan- kandungan dalam daun cabai yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk mengatasi sakit gigi, diantaranya Serat, Kalsium, dan Zat besi. Untuk mengolahnya hampir sama seperti mengolah daun-daun lainnya dan terbilang sangatlah mudah.

Caranya adalah dengan menyiapkan selembar daun cabai merah yang masih muda. Lalu, teteskan getahnya pada gigi yang sakit dan berlubang. Ini adalah obat sakit gigi alami yang sangat mudah untuk dipraktikan.

5. Madu

Dalam sebuah ulasan disebutkan bahwa memang madu merupakan terbukti membantu mengatasi masalah gigi berlubang, mengurangi kerusakan gigi, dan meredakan sakit gigi. Hal ini didasarkan pada riset Dr. Peter C. Molan, seorang dokter dari Universitas Wakaito, Selandia Baru. Hasil riset Dr. Molan tersebut menyatakan bahwa kandungan anti bakteri dalam madu cukup tinggi untuk pengobatan berbagai penyakit gigi.

Untuk memperoleh madu, anda bisa membeli madu asli menyehatkan. Kandungan enzim yang memproduksi hidrogen peroksida menjadi penyebab utama aktivitas anti mikroba.

Selain menghentikan pertumbuhan bakteri pada gigi, madu dapat membantu menurunkan produksi asam sehingga akan menghentikan proses produksi dextran oleh bakteri. Dextran sendiri merupakan komponen plak gigi untuk bakteri menempelkan diri pada permukaan gigi.

Caranya adalah dengan mencampurkan 5 sdt madu dengan 1 sdt kayu manis bubuk. Setelah tercampur dengan rata, tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Sisanya, taruh di wadah tertutup rapat di suhu ruang. Ulangi pengobatan ini 2-3 kali sehari sampai gigi tak terasa sakit lagi. Madu merupakan obat sakit gigi untuk anak 2 tahun keatas yang cukup ampuh dan efektif.

Nah, itulah obat sakit gigi alami untuk anak yang bisa anda aplikasikan pada anak yang mengalami sakit gigi. Jika anda ingin anak cepat sembuh dari sakit giginya, anda bisa menggunakan obat sakit gigi untuk anak di apotik. Selain itu, baca juga pertolongan pertama untuk anak sakit gigi untuk pengobatan sakit gigi lainnya.

No Responses

Write a response