obat sakit gigi untuk anak di apotik

5 Obat Sakit Gigi Untuk Anak Di Apotik Yang Manjur

Tentu saja orang tua akan merasa cemas dan khawatir ketika anak mengalami sakit gigi. Satu cara yang bisa orang tua lakukan adalah memberikan obat sakit gigi untuk anak di apotik. Namun, orang tua harus berhati- hati, pasalnya tidak semua obat sakit gigi aman dikonsumsi anak- anak. Jika salah pilih, dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya. Itulah mengapa banyak kasus sakit gigi yang lebih baik diperiksakan ke dokter.

Lalu, apa yang harus anda lakukan ketika anak sakit gigi dan apa saja obat sakit gigi untuk anak di apotik?

1. Asam Mefenamat

obat sakit gigi untuk anak di apotik

Asam mefenamat merupakan obat sakit gigi darurat untuk anak di apotik yang paling terbaik. Obat generik ini berfungsi menghilangkan nyeri yang diakibatkan gigi berlubang dan kerusakan gigi lainnya. Cara kerja dari asam mefenamat untuk anak adalah dengan menciptakan sintesis prostaglandin agar rasa nyeri bisa dihambat.

Namun, anda harus mengetahui keadaan sang anak sebelum memberikan obat ini. Asam mefenamat tidak cocok untuk anak yang mengalami masalah pencernaan, seperti maag. Hal ini dikarenakan obat bersifat asam sehingga sangat berbahaya diberikan kepada anak yang memiliki masalah sistem pencernaan.

Selain itu, obat gigi anak rusak ini harus diberikan sesuai resep dokter. Dosis untuk anak- anak lebih rendah dibandingkan dosis untuk dewasa.

2. Dentasol

Dentasol dapat menjadi salah satu pilihan obat kumur sakit gigi bagi anda yang sedang mengalami sakit pada gigi yang menusuk dan berdenyut itu. Obat sakit gigi untuk anak di apotik ini tersedia dalam kemasan 10 ml dengan harga Rp9.000,00/ botol.

Nyeri gusi, gigi bengkak, dan gigi berlubang pada anak usia 2 tahun dapat ditangani dengan Dentasol ini. Selain itu, Dentasol dapat mencegah sakit gigi kembali datang. Dentasol merupakan obat sakit gigi di apotik dengan kategori preparat mulut atau tenggorokan. Obat ini mengandung 63 mg benzokain, 0,77 mg mentol, 0,85 mg kamfer, 5 mg fenol, dan 0,2 mg setilpiridinium klorida. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sakit gigi, radang gusi, sakit gigi dari rangsangan tumbuh gigi, dan juga sariawan.

Namun, cara menggunakan dentasol ketika berkumur adalah pastikan anak tidak menelan obat ini. Dan, walaupun jarang, obat ini bisa menyebabkan mual dan muntah.

Ketika sakit gigi anak tak tertahankan, pastika ia berkumur secara rutin dengan Dentasol. Anda pun dapat membantu mengoleskan obat ke area gigi yang sakit dengan menggunakan kapas untuk hasil yang lebih optimal. Ini bisa digunakan dengan cara dikumur atau dioleskan pada gigi yang sakit.

3. Alphamol

Alphamol ini diindikasikan untuk penurun demam, pereda nyeri sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri lainnya. Obat ini mengandung paracetamol dengan khasiat sebagai antipiretik dan juga analgesic. Obat produksi pabrik Molex Ayus Pharmaceutical ini dapat di peroleh tanpa resep dokter dan biasanya dijual di apotik- apotik.

Dan walaupun obat ini memiliki efek anti inflamasi, obat tidak ditujukan untuk obat NSAID. Hal ini dikarenakan efek anti inflamasinya tidak terlalu signifikan. Selain itu, paracetamol didalamnya mampu meredakan nyeri arthritis ringan dengan khasiat yang hampir sama dengan aspirin tapi dengan efek samping yang jauh lebih kecil. Bahkan ini bisa digunakan sebagai obat flu serta pilek yang cukup populer di pasaran.

Karena kandungan paracetamolnya, tentu saja alphamol tidak diberikan pada pasien dengan riwayat hipersensitif terhadap paracetamol. Dan, jika penggunaannya melebihi dosis yang di anjurkan, obat ini memiliki efek samping menyebabkan kerusakan hati dan masalah saluran pencernaan, seperti mual dan muntah. Beberapa ahli mengajurkan untuk menghindari pemakaian obat ini pada anak- anak penderita asma karena dapat memperburuk penyakit asma yang ia derita.

Obat alphamol untuk anak- anak tersedia dalam Alphamol sirup 60 ml dan alphamol drop 15 ml. Alphamol sirup dapat digunakan oleh anak – anak di bawah 7 tahun dan bahkan bayi sekalipun. Obat ini bisa anda dapatkan di apotik dengan harga sekitar Rp10.000. Selain Alphamol, obat lainnya yang mengandung paracetamol adalah panadol anak untuk sakit gigi.

4. Proris

obat sakit gigi untuk anak di apotik

Proris adalah obat yang digunakan untuk mengobati sakit gigi, sakit kepala, demam, sakit pada telinga, dan nyeri ringan lainnya. Obat ini mengandung Ibuprofen yang termasuk NSAID atau nonsteroidal anti-inflammatory drug. Merek obat sakit gigi untuk anak ini diproduksi oleh Pharos dan bisa diperoleh tanpa resep dokter. Untuk anak anda yang sakit gigi, tersedia Proris dalam kemasan botol 60 ml syrup dan botol 50 ml Forte syrup.

Namun, jangan berikan pada anak yang memiliki riwayat alergi terhadap aspirin, Ibuprofen, dan NSAID lainnya. Obat sakit gigi untuk anak di apotik ini juga dikontraindikasikan untuk anak yang menderita asma dan radang atau tukak pada lambung atau usus. Akan tetapi dibandingkan NSAID lainnya, Ibuprofen memiliki efek samping yang lebih ringan. Efek samping Proris obat sakit gigi anak yang ringan, antara lain muntah, sakit kepala, dan gugup. Sementara, efek samping yang lebih serius dapat berupa gatal, ruam kulit, diare, hematuria, hematemesis, dan penglihatan kabur.

5. Clindamycin

Clindamycin bisa menjadi pilihan antibiotik yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Antibiotik yang ditujukan untuk sakit gigi ini banyak digunakan saat ini karena keampuhan dan keefektifannya. Ini bisa digunakan mengatasi masalah infeksi pada gigi dan gusi.

Clindamycin merupakan antibiotik untuk sakit gigi anak yang mengobati infeksi serius yang diakibatkan oleh bakteri anaerob yang rentan meyerang gigi. Karena itu, ini bisa dengan efektif mengobati abses gigi, tulang, dan jaringan lunak yang tidak mempan dengan penisilin ataupun eritromisin. Begitupula, klindamisin adalah alternatif yang baik bagi anda yang alergi terhadap penisilin.

Nah, itulah ulasan tentang obat sakit gigi untuk anak di apotik- apotik terdekat rumah anda. Baca juga pertolongan pertama untuk anak sakit gigi jika anak mengalami sakit gigi yang menyerang tiba- tiba. Selain itu, pelajari cara mengobati asma pada anak jika anda memiliki anak yang mengidap asma.

No Responses

Write a response