pertolongan pertama untuk anak sakit gigi

Pertolongan Pertama Untuk Anak Sakit Gigi

Mengapa sangat penting untuk mengetahui pertolongan pertama untuk anak sakit gigi? Karena selain dialami oleh orang dewasa, sakit gigi pun tak jarang dialami oleh anak- anak. Sakit gigi sendiri merupakan rasa nyeri dan berdenyut pada gigi dan gusi. Rasa nyeri ini membuat anak yang merasakannya merasakan rasa sakit yang luar biasa. Tentu saja ini dapat membuat aktivitas sehari-hari anak menjadi terganggu.

Faktor utama pemicu sakit gigi pada anak-anak adalah seringnya mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi. Sisa-sisa makanan manis akan menumpuk pada sela-sela gigi dan membuat bakteri di mulut mudah berkembang biak.

Hal ini dikarenakan bakteri akan merubah zat gula menjadi zat asam yang dapat menimbulkan kerusakan pada email pelindung gigi. Pada akhirnya, bakteri akan masuk ke syaraf dan memicu sakit yang berdenyut dan menusuk pada gigi. Bahkan, tak jarang ini bisa menimbulkan peradangan.

Sebagai langkah pencegahannya, orang tua harus selalu memperhatikan makanan yang di konsumsi oleh si kecil.

Dan, berikut adalah cara alami sebagai pertolongan pertama untuk anak sakit gigi yang bisa anda praktikan sendiri.

1. Bawang Putih

pertolongan pertama untuk anak sakit gigi

Faktanya, bawang putih adalah umbi yang selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan juga efektif dan ampuh untuk obat sakit gigi darurat. Disamping itu, bahan alami ini cukup murah dan terjangkau dan akan dengan mudah dijumpai di dapur.

Dr. Elson Hass, seorang pakar nutrisi dan penulis “Staying Healthy with Nutrition”, menyatakan bahwa bawang putih mengandung senyawa kimia yang ampuh dan efektif untuk mengurangi inflamasi dan melawan bakteri. Saat bawang putih melalui proses penghalusan atau pemotongan, asam amino aliin yang terkandung didalamnya berubah menjadi alisin. Alisin menmpunyai sifat antibakteri. Dan, perlu diketahui bahwa senyawa inilah yang memberikan aroma khas pada bawang putih.

Bahkan menurut University of Maryland Medical Center, bawang putih tidak hanya memiliki khasiat untuk meredakan sakit gigi, ini juga digunakan untuk penanganan flu, pilek, kanker, pembuluh (kardiovaskular), dan penyakit jantung.

Pertolongan pertama untuk anak sakit gigi adalah dengan menyiapkan satu suing bawang putih. Keprek dan kemudian letakan pada gigi anak yang terasa sakit. Kandungan dalam saripati bawang akan membantu meredakan rasa sakit gigi yang anak derita.

2. Daun sirih

pertolongan pertama untuk anak sakit gigi

Salah satu rajanya pengobatan tradisional adalah daun sirih. Daun sirih dapat mengobati dan menyembuhkan banyak penyakit, termasuk sakit gigi. Bahan herbal ini memiliki sifat antiseptik pembunuh bakteri dengan daya yang kuat. Sifat tersebut berasal dari kandungan chavicol didalamnya.

Pertolongan pertama untuk anak sakit gigi adalah dengan menyiapkan selembar daun sirih dan lalu lipat kecil. Minta anak untuk menggigit dan mengunyah daun sirih di sumber rasa sakitnya. Cairan yang keluar dari daun sirih yang sedang dilumat pun dapat membantu mengobati sakit gigi.

Jika anak anda enggan untuk mengunyah daun sirih, anda dapat merebus daun sirih dengan 1 mangkuk air. Caranya adalah dengan menyediakan beberapa lembar daun sirih dan kemudian rebus hingga air mendidih. Peras daun yang layu dan saring. Jadikan obat kumur untuk sakit gigi anak.

Disamping dapat mengobati sakit giginya, berkumur dengan rebusan air daun sirih pun dapat mengatasi bau mulut. Terlebih jika bau tak sedap itu berasal dari gigi yang sakit atau berlubang. Tentu saja itu akan membuat aroma nafas anak menjadi berbau busuk.

3. Jeruk nipis

pertolongan pertama untuk anak sakit gigi

Jeruk nipis dengan nama ilmiahnya Ciltrus aurantifolia ini dapat dijadikan obat alami untuk mengurangi sakit gigi dan peradangan pada gusi. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis.

Caranya, potong jeruk nipis menjadi 6 bagian kecil. Kemudian, letakkan potongan tersebut pada gigi atau gusi yang terasa sakit. Anda bisa memerasnya secara perlahan terlebih dahulu agar airnya keluar dan cepat meresap pada bagian yang sakit. Ulangi pengobatan ini beberapa kali hingga sakitnya reda.

Disamping itu, karena aroma dari jeruk nipis, mulut anak pun akan menjadi lebih fresh. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, anda bisa mengombinasikannya dengan daun sirih. Namun, memanfaatkan jeruk nipis untuk pengobatan tunggal pun tidak masalah.

4. Cengkeh

Cengkeh berkhasiat sebagai anti bakteri, anti inflamasi, antioksidan, dan anestesi yang dapat menyembuhkan luka dan membunuh bakteri pada gigi yang berlubang. Bahan herbal ini bermanfaat sebagai pereda nyeri alami karena kandungan bahan aktif eugenol didalamnya. Mengoleskan minyak cengkeh sedikit saja akan membantu meredakan sakit gigi. Setidaknya sampai anak dibawa ke dokter gigi, langkah ini dapat dicoba sebagai pertolongan pertama.

Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak cengkeh ke gelas yang berisi air. Lalu, jadikan air tersebut sebagai obat kumur untuk meredakan sakit gigi pada anak- anak. Kumur- kumur supaya air campuran cengkeh tersebut dapat menyebar secara merata, terutama di sumber sakit.

Disamping itu, anda dapat melakukan dengan cara meneteskan minyak cengkeh ke kapas. Selanjutnya, tempelkan ke bagian gigi yang berlubang.

5. Garam dapur

Sakit gigi memang sering terjadi secara tiba-tiba. Untuk mengatasi sakit gigi pada anak yang tiba- tiba menyerang, anda bisa menggunakan garam dapur sebagai alternative yang terjangkau dan mudah didapatkan. Bukan karena rasanya yang asin tapi karena kandungan yodium tinggi yang dikandungnya. Kandungan ini mampu mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri akibat sakit gigi.

Mula- mula, larutkan garam dengan air hingga merata. Lalu, mintalah si kecil untuk berkumur dengan air ini. Ini dapat dengan mudah menenangkan gigi yang sakit. Garam dapur mengandung elektrolit yang dapat melapisi lapisan gigi dan membersihkan area mulut. Lakukan ini secara berulang untuk hasil yang lebih optimal.

Itulah ulasan lengkap mengenai pertolongan pertama untuk anak sakit gigi yang bisa anda aplikasikan sendiri di rumah dengan bahan- bahan yang terjangkau dan mudah didapatkan.

Jika anda memiliki anak yang mengidap asma, pelajari cara mengobati asma pada anak dan temukan apakah asma bisa disembuhkan secara total. Selain itu, baca juga ulasan cara mengetasi mimisan pada anak karena mimisan juga sering terjadi pada anak- anak, terutama yang sangat aktif. Selain itu 5 Daftar Makanan Bergizi Untuk Anak wajib juga anda baca.

No Responses

Write a response