posisi duduk ibu hamil

Posisi Duduk Ibu Hamil Yang Benar

Bagaimana cara dan posisi duduk ibu hamil yang benar dan aman? Ada beberapa cara dan posisi duduk yang benar, aman, dan perlu ibu hamil tahu. Jika sekarang anda dalam masa kehamilan, anda harus mulai banyak memikirkan hal apa saja yang dapat membuat anda dan janin anda selalu sehat dan aman.

Hal yang sepele seperti posisi duduk bagi ibu hamil perlu diperhatikan karena dapat mengganggu janin dalam kandungan jika dilakukan dengan cara yang salah. Menurut penelitian, ibu yang sering berdiri dalam jangka waktu yang lama berisiko melahirkan bayi yang kurus dan pendek. Begitu juga jika ibu duduk dalam jangka waktu yang lama, ibu hamil perlu mengetahui cara dan posisi duduk yang aman dan nyaman.

Jika ibu hamil duduk dalam posisi yang tidak benar, ibu akan merasakan nyeri punggung dan nyeri pada bagian perut bawah. Duduk dalam jangka waktu yang lama adalah posisi duduk yang berbahaya bagi ibu hamil.

Ulasan ini akan membahas cara dan posisi duduk ibu hamil yang benar, aman, nyaman, dan baik serta dapat menjaga kesehatan ibu dan janinnya.

1. Menyandarkan Tubuh Pada Kursi atau Sofa

Posisi ini adalah posisi yang ideal untuk menghindarkan ibu hamil dari sakit punggung. Sandarkan bagian pantat dan bahu ibu hamil pada sofa atau kursi agar ibu terasa nyaman. Doronglah pinggul ibu hamil sejauh mungkin kedalam lekukan dalam kursi. Sangatlah penting untuk membiarkan kaki lurus menapak lantai dan membuat punggung tetap lurus. Bahu ibu hamil harus ditarik ke belakang.

posisi duduk ibu hamil

Ibu hamil juga dapat menambahkan bantal untuk sandaran. Selain itu, banyak hal yang bisa ibu hamil lakukan diatas sofa seperti membaca buku, bersantai, menonton, dan masih banyak yang lainnya. Terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan agar ibu hamil lebih nyaman duduk di sofa.

Tips yang pertama adalah pilihlah sofa dari bahan yang kuat. Pilihlah sofa dengan bahan kain yang tebal dan tidak mudah robek. Kemudian, pilihlah sofa yang terbuat dari bahan-bahan alami. Misalnya, pilihlah sofa yang terbuat dari kayu yang aman, kuat, dan sehat. Pilih juga sofa yang ada bahan busa agar ibu hamil lebih nyaman lagi.

Selain itu, jagalah kebersihan sofa. Sofa yang dibiarkan dan tidak pernah dibersihkan adalah sarang bakteri, virus, dan penyakit yang dapat mengganggu kesehatan ibu. Oleh karena itu, bersihkanlah sofa secara rutin dan teratur.

2. Punggung Lurus dan Bahu Tertarik Kebelakang.

Pada masa kehamilan, bobot tubuh yang semakin berat tentu saja akan membebani otot dan ligament. Hal itu akan menimbulkan nyeri pada tubuh sehingga tubuh tidak bisa duduk dalam posisi yang benar. Duduk dengan punggung lurus dan bahu tertarik kebelakang adalah posisi tegak yang bisa membuat ibu hamil nyaman dan menghindarkan ibu dari rasa nyeri.

posisi duduk ibu hamil

Duduklah dengan bagian pantat ibu hamil menyentuh sandaran kursi atau sofa. Normalnya, lengkungan tulang belakang akan terlihat saat ibu hamil duduk. Letakan bantal kecil di bagian belakang punggung agar lengkungan tulang belakang ibu hamil normal. Kemudian tekuk lutut pada sudut yang benar. Pastikan posisi lutut ibu hamil lebih tinggi dari pinggul. Ini adalah posisi duduk yang proporsional.

Selain itu, hindari menyilangkan kaki. Biasakan telapak kaki ibu hamil menapak ke lantai. Dengan kaki yang berpijak, posisi kaki ibu hamil adalah posisi yang benar dan ini akan membuat posisi duduk ibu hamil juga benar. Disamping itu, istirahatkanlah lengan dan siku. Renggangkanlah lengan dan siku ibu hamil sesekali agar bahu menjadi rileks.

Posisi ini akan membuat ibu hamil terhindar dari sakit pada bagian pinggang, punggung, dan perut. Gambar posisi duduk ibu hamil yang benar dengan punggung yang lurus dan bahu yang tertarik ke belakang bisa dilihat dalam gambar diatas.

3. Posisi Duduk Berganti-Ganti

Duduk dalam satu posisi dan tidak merubahnya dapat membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Tidak hanya kurang nyaman, berbagai keluhanpun akan dirasakan ibu hamil seperti kram kaki, sakit punggung, dan pegal-pegal disekujur tubuh.

Menurut lembaga kesehatan terbesar di Inggris NHS (The National Health Service), duduk dalam jangka waktu yang lama dapat mengganggu sistem metabolisme yang menurunkan kemampuan tubuh untuk mengatur tekanan darah, gula darah, dan memecah lemak. Oleh karena itu, ibu hamil yang duduk seharian dapat terkenan obesitas dan diabetes.

Banyak juga ibu hamil yang mengeluhkan sakit punggung akibat terlalu lama duduk saat hamil. Dengan demikian, ibu hamil dianjurkan untuk berganti posisi duduk 40 kali untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan. Atau jika ibu hamil duduk dalam jangka waktu yang lama, usahakan ibu hamil mengganti posisi duduk setiap 10 hingga 15 menit. Dengan demikian, peredaran darahpun akan lancar dan terhindar dari keluhan-keluhan tersebut.

4. Duduk Menyamping Diatas Motor

Bagaimana posisi duduk ibu hamil saat naik motor? Jika kondisi perut ibu hamil terlalu besar dan tidak memungkinkan untuk duduk menghadap depan, ibu hamil dapat duduk menyamping ke samping. Dengan duduk menyamping perut ibu hamil akan lebih aman dari benturan, apalagi jika terjadi rem mendadak.

Namun, ibu hamil perlu hati-hati karena posisi duduk ini menyebabkan ketidakseimbangan diatas motor. Sebenarnya posisi duduk menyemping kurang safety dalam pandangan safety riding. Namun, ada beberapa tips saat ibu hamil memilih duduk menyemping diatas motor.

Tipsnya, informasikan kepada pengendara motor bahwa ibu hamil sebagai penumpang ingin duduk menyamping. Hal itu dimaksudkan agar pengendara lebih berhati-hati apalagi ketika berbelok. Ketika ibu hamil duduk menyamping, kaki ibu hamil tidak menjepit motor. Selain itu, yang menumpu berat ibu hamil hanyalah pegangan ibu hamil dan handle belakang motor.

Oleh karena itu, saat berbelok pendara tidak boleh melajukan motornya dengan kencang. Tips selanjutnya, jika ibu hamil memakai rok, pastikan rok ibu tidak terburai sebagai penumpang. Sebab rok yang terburai dapat melilit ke roda bagian belakang atau rantai motor.

5. Bersantai di Lantai

Demi keselamtan dan kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan, ibu tidak perlu tegang dalam menghadapi masa kehamilan. Agar rileks, ibu bisa melakukan posisi duduk di lantai dengan kaki terjulur lurus kedepan, dan gunakan bantal atau guling untuk membuat posisi duduk ini lebih nyaman.

posisi duduk ibu hamil

Usahakan posisi punggung tegak tapi rileks dan kaki tidak merasa kesemutan. Ibu hamil duduk di lantai bisa dilakukan sambil bersandar ke dinding. Duduklah di tikar, karpet, dan dudukan bantal yang empuk agar ibu hamil lebih nyaman duduk dalam jangka waktu yang lama.

Kemudian, tangan ibu hamil diletakan di kedua sisi tubuh dengan tepak tangan menyentuh lantai. Usahakan lengan jangan merapat ke tubuh. Namun, jika ibu hamil tidak terbiasa duduk di lantai, ibu bisa duduk di kursi. Yang terpenting adalah ibu hamil merasakan kenyamanan.

Itulah cara dan posisi duduk ibu hamil yang benar, nyaman, aman, dan tepat. Jangan sepelekan hal-hal semacam ini karena akan mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan anda selama masa kehamilan. Apalagi jika anda sudah mengalami sakit punggung, tidur anda akan terganggu dan juga tidak nyaman. Selain itu, ketahui juga tips memelihara hewan saat hamil jika anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, hamster, unggas, dan lain-lain.

No Responses

Write a response