resep masakan agar anak nafsu makan

5 Resep Masakan Agar Anak Nafsu Makan

Sudahkan bunda mengetahui resep masakan agar anak nafsu makan? Semua orang tua pasti setuju bahwa anak- anak memerlukan gizi dan nutrisi yang cukup agar bisa mencapai pertumbuhan dan perkembangan secara optimal. Karena itu, tak heran banyak bunda yang mencoba membuat menu masakan dengan gizi seimbang dan sehat untuk anak. Namun, terkadang anak tidak menyukai makanan bundanya sehingga ia tidak merasa tidak nafsu makan.

Inilah yang membuat terkadang bunda merasa kecewa. Mengapa?

Karena banyak anak yang menolak untuk makan, ada solusi bagi bunda untuk membuat nafsu makan anak kembali lagi. Apabila masakan bunda telah mengandung gizi dan nutrisi yang seimbang, bunda tinggal berkreasi dan menyajikan makanan sehat yang disukai anak. Berikut adalah resep masakan agar anak nafsu makan kembali.

Coba masak ini Bun, 5 resep masakan agar anak nafsu makan.

1. Salmon Saus Tiram

resep masakan agar anak nafsu makan
Anak bunda pasti akan menyukai menu salmon saus tiram yang lezat dan enak ini. Bahan- bahan yang perlu bunda persiapkan adalah 6 potong Ikan Salmon, 3 sendok makan Saus Tiram, 2 siung Bawang Putih, 1 buah Bawang Bombay, 1 sendok teh Garam, 1 sendok teh Bawang Putih, 1 sendok makan Air Jeruk Lemon, Garam, dan Minyak Goreng secukupnya.

Adapun langkah- langkah yang harus bunda lakukan untuk membuat salmon saus tiram ini. Mula- mula, bersihkan ikan salmon. Kemudian, lumuri dengan jus lemon atau jeruk nipis, garam, dan bawang putih untuk menghilangkan bau amisnya. Dan, biarkan selama 10 menit.

Selanjutnya, goreng ikan salmon. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan garam hingga tercium harumnya. Tambahkan saus tiram dan aduk- aduk sebentar. Selanjutnya, tambahkan ikan salmon. Tumis sebentar bersama bawang Bombay dan saus tiram. Menu salmon saus tiram pun siap untuk dihidangkan.

2. Sop Sehat Untuk Anak

resep masakan agar anak nafsu makan

Sop sehat untuk anak ini bisa menjadi menu special kesukaan bunda. Selain itu, ini sangat mudah untuk dibuat. Mula- mula, bunda harus menyiapkan bahan- bahannya, diantaranya 4 kuntum kembang kol, 1 genggam bayam, 5 ekor udang besar (buang kepala dan kulitnya), 2 batang seledri dan daun bawang yang telah diiris- iris, 1 buah tomat merah yang telah dibelah menjadi 4, 2 siung bawang merah yang sudah digeprek, 1 siung bawang putih yang sudah digeprek, garam, dan air secukupnya.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Tahap awal, didihkan air hingga mendidih. Kemudian, tambahkan bawang putih dan bawang merah. Lalu, masukan udang, kol, bayam, tomat, dan garam secara berurutan dan bertahap. Jika sayuran sudah terasa empuk, tambahkan seledri dan daun bawang. Koreksi rasanya dan matikan api jika arasanya sudah pas. Masukan kedalam mangkok dan sop pun siap dihidangkan.

3. Nasi Panggang Tom Yum

resep masakan agar anak nafsu makan

Tentu saja ini bukan nasi goreng biasa. Ini merupakan nasi panggang tomyum yang berbeda dengan nasi goreng Indonesia pada umumnya. Namun, tetap saja rasa dari resep masakan agar anak nafsu makan ini selalu akan melekat pada lidah anak.

Mula- mula, bunda harus menyiapkan bahan- bahan untuk sausnya. Antara lain, 1 butir telur dikocok lepas, 75 gram saus lemon lengkuas ala Thailand, 50 gram bawang merah dicincang, 1 sdt jeruk nipis, dan 1 sdt gula dan garam. Sementara itu, untuk bahan nasinya, diantaranya 250 gram nasi, 1 sdm mentega, 60 gram sosis dipotong serong, 30 gram keju mozzarella parut, dan ¼ sdt garam.

Lalu, bagaimana cara membuat nasi panggang Tom Yum ini? Untuk sausnya, panaskan minyak dan tumis saus lemon lengkuas ala Thailand, bawang merah, jeruk nipis, garam, dan gula. Kemudian, aduk dan biarkan hingga mendidih. Tambahkan telur ke dalam saus tersebut, lalu aduk-aduk hingga telurnya bercampur dengan saus. Biarkan saus mendidih dan mengental.

Untuk nasinya, lelehkan mentega di wajan. Kemudian, tambahkan nasi, sosis, dan garam. Lalu, masak hingga nasinya harum. Sajikan nasi pada Loyang dan tambahkan saus dan keju di bagian atasnya. Lalu, panggang hingga keju meleleh.

4. Pancake

Terkadang orang tua ingin menyajikan sajian yang mengeyangkan tapi dengan menu yang berbeda untuk anak. Pancake bisa menjadi varian resep masakan agar anak nafsu makan selain nasi dan roti.

Adapun bahan- bahan yang perlu bunda siapkan untuk membuat pancake. Antara lain ¼ gelas gula pasir, 4 gelas tepung serba guna, 4 butir telur, 2 sdt baking soda, 1 – 1 ½ sdt baking powder, 2 sdt garam, dan 4 gelas susu mentega.

Kemudian, bagaimana cara membuat pancake ini? Mula- mula, campurkan tepung, baking powder, baking soda, gula, dan juga garam. Di mangkuk yang lain, kocok telur dan susu mentega hingga merata. Kemudian, campurkan ke adonan yang pertama, dan aduk- aduk hingga lembut. Selanjutnya, tuang ¼ adonan ke atas penggorengan. Lalu, masak hingga warna berubah menjadi emas kecokelatan. Bunda dapat menyajikannya dengan campuran madu diatasnya.

5. Sate Buah Pelangi/ Rainbow Fruit Skewers

Untuk membuat resep masakan agar anak nafsu makan ini, bunda hanya membutuhkan waktu 15 menit saja tanpa harus memasak makanan atau menggunakan api. Karena itu, resep ini mudah untuk disajikan dan pastinya membuat anak tertarik untuk makan. Selain itu, resep ini cocok untuk memperkenalkan anak pada makanan vegetarian.

Yang bunda butuhkan untuk membuat sate buah pelang adalah 7 potong balok mangga, 7 segmen jeruk, 7 buah strawberry, 7 buah raspberry, 7 buah anggur hijau, 7 potong buah kiwi, 7 potong nanas, 7 buah anggur merah, dan 14 buah blueberry.

Disamping itu, cara membuat resep ini sangat mudah yaitu tahap awal adalah dengan mengambil 7 buah batang tusuk sate. Lalu, tusuk buah dengan berurutan, masing-masing tusuk sate terdiri dari 1 anggur merah, 1 anggur hijau, 1 potong kiwi, 1 potong nanas, 1 balok mangga, 1 segmen jeruk, 1 strawberry, 1 rasberry, dan 2 buah blueberry. Susunlah seperti warna pelangi.

Bunda pun dapat mengikut sertakan anak dalam menyusun buah ini agar ia bisa belajar makanan sehat yang dapat membantu tumbuh kembangnya. Menu ini bisa menjadi bekal sekolah atau snack anak yang sehat. Sementara itu, menu ini mengandung 59 Kkal, 0 lemak, 12 g Karbohidrat, 12 g Gula, 12 g Serat, dan 1 g Protein.

Demikianlah, resep masakan agar anak nafsu makan kembali seperti sediakala. Baca juga, daftar menu makanan untuk anak 1 tahun. Selain itu, bunda pun bisa memberikan vitamin otak untuk anak.

No Responses

Write a response