sayuran yang baik untuk ibu hamil

Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Sayuran adalah salah satu makanan yang sangatlah penting bagi ibu hamil. Kekurangan vitamin dan mineral dari sayuran merupakan hal yang berbahaya bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Sayuran untuk ibu hamil sangatlah banyak macamnya. Lalu apa saja sayuran yang baik untuk ibu hamil?

Sayuran yang baik untu ibu hamil mulai dari sayuran yang tinggi akan zat besi hingga asam folat. Sayuran yang mengandung asam folat bermanfaat untuk menghindarkan cacat bawaan pada bayi. Sedangkan sayuran yang memiliki kandungan zat besi berguna untuk membantu sel darah merah untuk mengantarkan oksigen pada janin.

Kemudian, ada juga sayuran yang mengandung kalsium dan protein yang berfungsi untuk pembentukan tulang dan jaringan tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi minimal lima porsi sayuran yang berbeda setiap hari untuk mendapatkan vitamin, mineral, dan serat dari sayur.

Apakah ibu sudah mengetahui apa saja jenis dan manfaat dari sayuran yang baik untuk ibu hamil? Lalu apa saja panduan lengkap jenis sayuran untuk ibu hamil?

Beberapa jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil muda maupun hamil tua akan dikupas tuntas dalam ulasan ini.

1. Kangkung

Kangkung adalah makanan yang sudah sangat akrab bagi lidah Indonesia. Kangkung juga terkenal menjadi sayuran yang membuat rasa kantuk. Benarkah? Pendapat ini tidaklah salah karena kangkung mengandung zat selenium dan zinc. Dua kandungan gizi ini memiliki efek sedative yang membuat sistem saraf menjadi lebih rileks. Oleh karena itu, andapun akan mudah mengantuk setelah mengonsumsi kangkung. Jika ibu hamil mengonsumsi kangkung secara rutin, makanan ini dapat mengatasi insomnia atau susah tidur.

Apa saja kandungan kangkung lainnya yang bagus untuk ibu hamil? Ternyata kangkung juga mengandung kalsium yang sangat tinggi. Kandungan ini berperan penting dalam pemebentukan tulang, gigi, dan jaringan lainnya pada janin. Kangkung juga mengandung zat besi yang dapat mencegah dan mengatasi anemia pada ibu hamil.

sayuran yang baik untuk ibu hamil

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan wajah menjadi pucat dan tubuh mudah lelah dan lemas. Hal ini dikarenakan oksigen dalam darah berkurang karena kurangnya asupan zat besi. Sayuran untuk ibu hamil muda ini juga mengandung vitamin C. Vitamin ini berperan penting dalam kesehatan gigi dan gusi dan juga membantu dalam penyerapan nutrisi dan gizi kedalam tubuh.

Serat dalam sayuran ini juga berperan untuk melancarkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan organ-oran pencernaan. Kemudian, vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin ini juga berperan dalam mejaga daya imun janin. Namun, dosis dari vitamin A juga tidak boleh terlalu banyak karena akan menghambat pertumbuhan janin. Selain itu, kandungan asam folat berguna untuk mebantu perkembangan saraf pada janin.

2. Sayur Pare

Kebanyakan ibu hamil mungkin tidak akan suka akan rasa daun pare yang pahit. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, pare dapat membantu melencarkan produksi ASI setelah proses persalinan dan juga menjaga tekanan darah. Pare mengandung vitamin C yang dapat membuat kulit ibu hamil lebih cantik dan cerah. Bukan rahasia lagi bahwa ibu hamil sering mengalami kulit kering dan stretch mark.

sayuran yang baik untuk ibu hamil

Pare juga mengandung antioksidan yang dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak pada ibu hamil. Pada usia kehamilan trimester ketiga seringkali ditemukan ibu hamil yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi ini dapat menyebabkan penyakit serius. Konsumsi sayur pare ibu hamil dapat mengatasi hipertensi ini.

Namun, pare juga memiliki bahaya bagi ibu hamil karena mengandung vicine, saponic, carapain, resin, dan glikosida. Kandungan-kandungan tersebut dapat menyebabkan ibu mual, muntah, keram perut, kembung, dan juga buang angina terus menerus.

Selain itu, terdapat penelitian bahwa pare dapat menyebabkan penurunan gula darah. Tentunya sangatlah bahaya jika gula darah turun dibawah normal saat ibu hamil. Beberapa penelitian pun malaporkan bahwa pare dapat merangsang aktivitas Rahim. Hal ini dapat menyebabkan bayi lahir premature.

3. Brokoli

Brokoli sangatlah baik dan menyehatkan untuk ibu hamil. Brokoli mengandung zat besi dan asam folat yang berguna untuk mencegah dan mengatasi anemia dan tubuh lesu pada ibu hamil. Asam folat berguna untuk membantu perkembangan otak janin dan juga mencegah cacat spina bifida.

sayuran yang baik untuk ibu hamil

Brokoli juga memiliki kandungan kalsium, seng, magnesium, vitamin K, dan fosfor yang bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan membentuk struktur tulang yang lebih kuat pada ibu hamil. Kalsium juga berperan dalam pembentukan tulang, otot, dan gigi dari mulai janin hingga janin tersebut lahir.

Resep sayuran untuk ibu hamil ini juga mengandung kolin yang dapat menurunkan kadar kortisol. Ini dapat mengurangi stress pada anak dan gangguan fisik lainnya ketika ia beranjak dewasa. Ini juga memiliki kandungan glukoraphanin dan sulforaphane yang berfungsi untuk mencegah kerusakan kulit pada ibu hamil. Sayuran hijau ini juga mengandung beta karoten dan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Kemudian, kandungan serat bermanfaat untuk mengatur kadar insulin sehingga mencegah diabetes pada ibu hamil. Brokoli juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mencerdaskan janin sejak dalam kandungan. Selain itu, brokoli juga dapat diolah menjadi jus untuk ibu hamil.

4. Daun Katuk

Ibu hamil terutama ibu yang sudah memasuki trimester terakhir biasanya sangat diajurkan untuk mengonsumsi daun katuk. Kadar prolactin didalam daun katuk ternyata sangatlah tinggi. Zat ini sangatlah berguna untuk meningkatkan dan melancarkan ASI. Daun katuk juga mengandung tannin, flavonoid, sterol, dan alkaloid.

Kandungan-kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang membuat ibu hamil tidak mudah terserang penyakit. Resep sayuran yang baik untuk ibu hamil ini juga kaya akan vitamin A dan C. Vitamin A ini berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan. Daun ini juga mengandung vitamin B yang bermanfaat untuk menajaga metabolism tubuh. Kemudian, daun katuk mengandung kalsium yang dapat memabntu tulang lebih kuat dan sehat.

Seperti yang diketahui, ibu hamil memerlukan tulang yang lebih kuat karena semakin besarnya kandungan. Kalsium juga akan menyeimbangkan tekanan darah pada ibu hamil. Daun ini juga mengandung zat besi yang akan memberikan energi pada ibu hamil. Kandungan ini juga dapat mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah.

5. Buncis

Buncis merupakan sayuran yang baik untuk ibu hamil trimester pertama yang mengandung vitamin K, serat, dan protein. Protein dan serat berguna untuk mencegah ibu hamil dari konstipasi atau sembeli dan juga sakit kepala Sedangkan vitamin K berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. B

uncis juga mengandung asam folat yang dapat mebantu tumbuh kembang janin dan mencegah cacat lahir. Sayuran ini juga mengandung vitamin C yang berguna untuk mempercepat penyembuhan luka dan mencegah kanker. Kemudian, ini mengandung vitamin A yang dapat memberi nutrisi pada mata ibu hamil dan janinnya.

Bahkan menurut penelitian yang telah dialkukan tim peneliti di Danish National Birth Cohort, Denmark, terdapat manfaat buncis untuk ibu hamil. Dengan mengonsumsi buncis sekali dalam seminggu dapat mengurangi risiko anak mengidap asma ketika lahir. Penelitian ini dilakukan terhadap 61.000 ibu hami di Denmark yang memerlukan waktu selama 5 tahun dari tahun 2003 hingga 2008.

Itulah beberapa daftar sayuran yang baik untuk ibu hamil untuk menu sehari-hari. Memperhatikan nutrisi pada saat kehamilan sangatlah penting karena akan mendukung tumbuh kembang janin. Kekurangan nutrisi pada ibu hamil juga dapat menyebabkan bayi lahir premature dan meningkatkan risiko keguguran. Tapi tidak perlu mengonsumsi sayur berlebihan, ibu hamil juga perlu karbohidrat, susu, dan protein nabati.

No Responses

Write a response