tanda bayi sehat

Bun, Ini Lho 6 Tanda Bayi Sehat

Mengenali tanda bayi sehat adalah hal yang penting bagi orang tua dan hal itu jangan dianggap sepele. Ini penting karena kesehatan bayi akan mempengaruhi pekembangan dan pertumbuhan di masa dewasanya kelak. Ciri- ciri bayi sehat dapat dilihat dari penampilan fisik maupun mentalitas sang anak. Selain itu, anak sehat tentunya tidak terlepas dari asupan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang diberikan orang tuanya baik saat masih dalam kandungan atau dalam fase pertumbuhan dan perkembangannya.

Lalu, apa saja tanda bayi sehat? Berikut 6 tanda-tanda bayi Bunda sehat.

1. Detak Jantung Bayi Normal dan Bayi Bergerak Dalam Kandungan

tanda bayi sehat

Salah satu tanda bayi sehat dalam kandungan adalah jantungnya yang berdenyut dengan normal. Untuk mengetahui detak jantung janin, sebenarnya ibu tidak bisa melakukannya sendiri tapi memerlukan bantuan dari pihak yang ahli dalam bidang itu. Detak jantung janin bisa diketahui dengan alat Doppler atau USG. Dengan kedua alat itu, detak jantung bayi dalam kandungan bisa diketahui jelas baik jumlah maupun suaranya.

Detak jantung bayi yang normal adalah 110 hingga 160 kali /menitnya. Anda perlu waspada jika detak jantung bayi tidak terdengar sama sekali atau sampai 100 kali permenitnya. Hal itu menandakan bahwa bayi dalam kandungan mengalami kelainan.

Selain detak jantungnya yang normal, tanda bayi sehat dalam kandungan adalah saat ia bergerak. Gerakan bayi tersebut akan mulai dirasakan menginjak usia kehamilan trimester kedua. Ibu hamil akan merasakan gerakan janin hingga 10 kali perhari.

Tanda gerakan bayi sehat adalah akan semakin bertambah kuat seiring dengan bertambahnya usia kandungan, seperti gerakan menendang, menggeliat, memukul, dan gerakan- gerakan lainnya. Namun, jangan kaget ketika kandungan memasuki usia 6 bulan, gerakan janin akan menurun. Hal itu dikarenakan ruang gerak janin semakin sempit.

2. Bayi Sehat Ketika Baru Dilahirkan

tanda bayi sehat

Saat baru dilahirkan, suara tangis bayi cukup myaring dan keras. Jika bayi anda tidak menangis, dikhawatirkan ada kelainan. Manfaat tangisan bayi pertama kali adalah untuk melonggarkan saluran pernafasannya agar dapat berjalan dengan baik.

Tanda anak yang sehat saat baru dilahirkan lainnya adalah beratnya yang minimal 2,5 kilogram. Selain itu, warna kulit bayi adalah kemerahan, mulai dari bagian kaki, kulit tangan, bagian muka, dan bibir. Jika kulit bayi berwarna kuning, itu berarti ada kelainan.

Kemudian, pernafasannya tenang dan teratur. Bagian dinding perut dan dada bergerak secara teratur. Di samping itu, bagian tungkai dan lengannya bergerak aktif, tangannya mengepal dan menekuk di bagian siku, tungkainya setengah menekuk di bagian lutut dan sendi paha. Seluruh anggota badannya sempurna dan lengkap, dari ujung rambut hingga ujung kakinya. Tidak terkecuali pusar, lubang dubur, dan lubang mulutnya.

Fesesnya pada hari pertama hingga ke tujuh berwarna hijau dan pada hari berikutnya berubah menjadi berwarna kuning. Warna urin bayi jernih kekuningan. Warna putih di bagian matanya tetap putih dan tidak berubah kekuningan. Jika semua anggota tubuhnya hingga 4 minggu dinilai baik, itu berarti bayi anda normal.

3. Sering Ganti Popok, Sering Menangis, dan Sering Tidur.

Salah satu tanda bayi sehat adalah ganti popok sebanyak 8 sampai 10 kali sehari. Hal ini merupakan tanda bahwa bayi anda mengonsumsi cukup cairan. Namun, apabila si kecil buang air kecil atau buang air besar sebanyak itu, ibu perlu wasapada bisa saja si kecil mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Berikan ASI atau cairan yang cukup pada bayi agar sehat kembali.

Selain sering ganti popok, bayi yang sehat tumbuh dan kembangnya ditandai dengan seringnya ia menangis. Walaupun sering menangis bisa jadi ia mengalami sakit atau merasakan ketidaknyamanan, sering menangis juga bisa menjadi tanda bahwa ia adalah bayi yang sehat. Dalam sehari, biasanya bayi menangis elama beberapa jam jika ingin popoknya diganti, kepanasan, kedinginan, lelah, dan merasa lapar.

Selain itu, tanda bahwa bayi sehat adalah sering tidur. Ibu tidak perlu khawatir bila bayi sering tertidur karena byi yang berusia 1-4 bulan membutuhkan istirahat hingga 20 jam sehari. Jika ia tidur selama 20 menit setiap 4 jam, itu berarti si kecil memiliki kondisi yang normal dan merupakan bayi yang sehat. Oleh karena itu, tidak perlu ada yang dicemaskan oleh ibu.

4. Bayi Merasa Tenang Karena Sentuhan dan Suara anda

tanda bayi sehat

Bayi yang merasa tenang oleh suara dan sentuhan anda adalah pertanda bahwa anda berdua memiliki hubungan emosional yang baik. Bayi baru lahir yang menangis adalah hal wajar. Selama bayi berada dalam kandungan anda, bayi akan sering mendengar suara anda.

Menurut Jennifer Shu, M.D. penulis Heading Home with Your Newborn dan sekaligus dokter anak, saat bayi mendengar suara anda, digendong, dan merasakan tubuh anda yang hangat, ia seolah kembali ke masa damai ketika dalam perut anda. Ketika bayi merasa tenang karena kehadiran anda, itulah pertanda jelas bahwa emosinya sedang berkembang dan langkah pertama jalinan kedekatan anda dengan bayi.

5. Bayi Menyukai Gerakan, Warna, dan Corak.

tanda bayi sehat

Salah satu tanda perkembangan bayi adalah mata bayi mulai mengikuti gerakan anda. Sejak lahir, sebenarnya bayi telah mengenal gerakan dan juga cahaya. Setelah lahir, jarak pandang si kecil adalah 20-30 cm. Jarak itu kira- kira antara wajah bayi dan wajah anda ketika menyusui.

Saat bayi berusia 3 bulan, bayi bisa menatap wajah anda dan juga objek ketika anda menggerakan benda sekitar beberapa puluh cm dari wajahnya. Di usianya yang 4 bulan, bayi sudah mulai mendeteksi objek yang berjarak sekitar 30 cm disekelilingnya dan dia pun akan berusaha meraih objek tersebut. Jika bayi telah mendapatkan MPASI, lebih baik letakan biskuit dan makanan bayi sehat dalam jangkauannya.

6. Mulai Melakukan Kontak Mata, Tertawa, Tersenyum, dan Menggoda Orang Lain

tanda bayi sehat

Melakukan kontak mata, menggoda orang lain, tersenyum, dan tertawa adalah tanda bahwa bayi anda adalah makhluk social yang bahagia. Pada usia 1 bulan, biasanya bayi akan melakukan kontak mata dengan sang ibu.

Kemudian, pada usia 2 bulan, bayi akan mulai memberikan senyuman yang bermakna pada anda untuk pertama kalinya. Ciri ciri bayi sehat usia 0-3 bulan, ia mulai bisa bergumam.

Saat usianya 4 bulan, barulah ia bisa tertawa. Pada usia 5 bulan, ia sudah bisa melemparkan senyuman pada orang yang tersenyum kepadanya dengan lincah. Jauh sebelum bayi bisa berbicara, ia akan menggunakan bahasa tubuhnya, termasuk ekspresi wajah dan pandangan matanya. Semua interaksi ini menunjukan bahwa si kecil lebih sadar dengan lingkungannya dan tanda bahwa bayi anda terhubung dengan anda.

Itulah tanda bayi sehat dan normal. Pastikan anda mengingat dan memahami tanda anak sehat diatas, jika dirasa sebaliknya, sebaiknya anda mengunjungi dokter. Bayi yang sehat dan cerdas adalah kebahagiaan orang tua bukan?

Disamping kesehatan bayi dan anak yang penting, intelektualnya juga penting sehingga para ibu perlu mengetahui cara mendidik anak cerdas sejak dini. Selain itu, ketahui manfaat minum air putih untuk kesehatan anak.

jikalau bayi atau anak anda menunjukan selain gejala diatas.

No Responses

Write a response