tanda-tanda kehamilan

Apa Saja Tanda-Tanda Kehamilan?

Kenalilah tanda-tanda kehamilan lebih dini agar ibu dapat mengetahui lebih banyak informasi seputar kehamilan dan menyiapkan diri. Jika ibu tidak mengetahui tanda-tanda kehamilan, mungkin saja ibu masih melakukan rutinitas sehari-hari yang dapat mengganggu kehamilan. Dengan tanda kehamilan yang segera diketahui, kedatangan si buah hati hanyalah masalah menunggu waktu. Lalu apa saja tanda-tanda kehamilan?

Ada kalanya pasangan suami istri belum mengetahui apa saja tanda kehamilan yang benar. Mereka biasanya masih bingung membedakan antara tanda-tanda ibu hamil dan tanda-tanda datangnya mestruasi. Tanda awal kehamilan biasanya cukup menjebak karena hampir mirip dengan tanda-tanda mestruasi seperti kram perut, munculnya flek, dan payudara terasa membengkak.

Ketidaktahuan akan tanda-tanda kehamilan bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan keguguran.

Oleh karena itu, anda perlu mengetahui setidaknya gejala kehamilan yang paling sering dirasakan pada 1 minggu awal yaitu terlambat haid dan mual.

Untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan, sebaiknya anda melihat banyak hal. Semakin banyak tanda kehamilan, semakin besar juga peluang anda hamil. Baca terus ulasan dibawah ini untuk mengetahui dan memahami tanda-tanda kehamilan secara fisik.

1. Morning Sickness

Morning sickness adalah salah satu tanda awal kehamilan sebelum telat haid. Morning sickness adalah perasaan tidak nyaman yang muncul pada pagi hari dan ini terjadi hampir pada setiap ibu hamil. Penyebabnya adalah perubahan hormonal dalam darah yang menyebabkan rasa sakit pada lapisan perut dan perasaan mual.

tanda-tanda kehamilan

Mual akan terjadi setelah tiga minggu masa pembuahan. Mual pada ibu hamil disebabkan oleh beberapa faktor. Mual bisa disebabkan oleh produksi hormone kehamilan. Ketika sel telur telah dibuahi dan menempel pada dinding Rahim, tubuh ibu hamil akan memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (HCG).

Hormon inilah yang diduga menyebabkan mual. Jadi, rasa mual yang muncul pada ibu hamil adalah pertanda bahwa hormone yang dibutuhkan saat kehamilan telah berjalan normal. Mual juga diakibatkan oleh meningkatnya hormon estrogen, meningkatnya sensitivitas terhadap bau atau aroma tertentu, stress saat kehamilan, dan infeksi saluran kecing.

Rasa mual ini akan terjadi pada trimester pertama dan akan menghilang seiring pertambahan usia kehamilan. Meskipun gejala ini bernama morning sickness, ibu hamil juga bisa merasakannya pada siang dan malam hari. Selain itu, tidak semua ibu hamil mengalami morning sickness ini.

2. Terlambat Datang Bulan dan Haid

Terlambat haid adalah salah satu tanda kehamilan setelah berhubungan. Terlambat datang bulan atau haid mungkin adalah pertanda kehamilan yang mudah diketahui. Jika hal ini terjadi pada anda, anda bisa langsung melakukan cek dengan testpack atau di bidan dan dokter.

Normalnya, mestruasi atau haid datang sebulan sekali karena meluruhnya dinding Rahim yang tidak dibuahi. Karena tidak dibuahi, mekanisme tubuh akan memaksanya keluar dan tubuh akan membentuk dinding Rahim yang baru. Namun, saat sel telur telah dibuahi, sel telur tidak akan dikeluarkan dari tubuh berupa darah saat menstruasi.

Selain itu, ovarium tidak akan memproduksi sel telur baru selama masa kehamilan. Maka dari itu saat masa kehamilan, anda tidak akan mengalami datang bulan atau haid. Meskipun demikian, bukan berarti jika anda telat haid, anda pasti akan hamil. Terlambat haid juga bisa disebabkan oleh jadwal datang bulan yang tidak teratur dan masalah kesehatan fisik. Adapun penyebab lainnya adalah masalah hormonal.

3. Ngidam

Ngidam sesuatu yang aneh adalah tanda kehamilan. Mungkin ketika datang bulan biasa, anda hanya ingin makan makanan yang asin dan manis seperti coklat, gorengan, dan keripik kentang. Sedangkan ngidam ibu hamil adalah keinginan atau kebutuhan terhadap kombinasi makanan yang tidak biasanya, misalnya sate usus dan jus nangka. B

Biasanya ibu akan mengidamkan makanan yang jarang dimakan atau tidak biasanya. Bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa jika ibu hamil tidak terpenuhi ngidamnya, bayi akan mengeluarkan liur terus-menerus. Namun, itu hanyalah mitos belaka. Anda harus mengabaikan ngidam tersebut jika itu berdampak buruk pada anda dan janin.

tanda-tanda kehamilan

Anda juga perlu mengabaikan ngidam terhadap makanan yang mengandung nutrisi buruk. Batasi juga ngidam terhadap makanan yang berlemak dan berkalori tinggi, hingga memicu berat badan yang tidak normal. Seiring dengan keinginan pada makanan yang spesifik, ibu hamil biasanya mengalami penurunan nafsu makan dan tidak menyukai bau makanan tertentu. Bahkan ibu hamil tidak menyukai makanan yang ia sangat sukai sebelumnya. Hal ini akan berlangsung selama kehamilan.

4. Cepat Merasa Lelah

Pada masa kehamilan awal, banyak ibu hamil yang sering mudah kelelahan padahal mereka tidak melakukan aktifitas yang berat. Rasanya ibu hamil ingin diam dan bermalas-malasan saja. Ciri-ciri ini umum terjadi pada ibu hamil karena tubuh sedang menyesuaikan terhadap makhluk baru yang ada di Rahim. Mudah lelah disebabkan oleh meningkatnya hormone progesterone. Hormon ini dapat memicu rasa kantuk pada ibu hamil.

Sayangnya, walaupun ibu hamil sering mengantuk, mereka tidak dapat memiliki tidur malam yang nyenyak karena sering buang air kecil. Sebab lainnya ibu hamil sering mengalami mudah kelelahan adalah tekanan darah dan gula darah yang menurun. Apalagi jika anda memiliki riwayat tekanan darah rendah, anda akan pingsan akibat kelelahan yang amat sangat.

Hal ini perlu diwaspadai karena akan membahayakan diri anda dan janin. Mudah kelelahan juga bisa diakibatkan karena ibu sering mengalami mual dan muntah. Banyak energy yang terbuang ketika ibu mengalami mual dan muntah. Selain itu, ibu hamil juga mudah capek karena anemia atau defisiensi zat besi. Untuk memastikan bahwa ibu terkena anemia, dokter harus melakukan pengecekan darah.

5. Sering Buang Air Kecil

Setelah terlambat menstruasi 1 hingga 2 minggu, ibu hamil biasanya memiliki keinginan untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya. Hal disebabkan janin menekan kandung kemih yang menyebabkan peningkatan sirkulasi darah. Selain itu, kandung kemih menjadi lebih cepat dipenuhi urin sehingga keinginan buang air kecil menjadi lebih sering.

Meningkatnya rasa ingin buang kecil juga disebabkan oleh hormone kehamilan. Walaupun anda akan sering merasa ingin buang air kecil, jangan sampai anda menahannya. Selain itu, tingkatkan asupan cairan ke tubuh untuk menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi. Selain itu, ibu hamil juga sering mengalami keputihan.

6. Perubahan pada Payudara dan Puting

Tanda tanda hamil muda pada perut dan payudara juga pasti terjadi selama kehamilan. Perubahan fisik pada bagian payudara selama masa kehamilan adalah payudara menjadi lebih berat, sakit, dan nyeri saat dipegang.

Pada dua minggu awal kehamilan, payudara akan berubah menjadi besar. Hal ini dikarenakan payudara akan siap untuk memproduksi susu. Penyebab lainnya akan perubahan bentuk payudara tersebut adalah meningkatnya hormone estrogen dan progesterone dalam tubuh.

Perubahan payudara akan sangat jelas terlihat walaupun anda baru pertama kali mengalami kehamilan. Payudara ibu hamil akan sensitif tersentuh termasuk tersentuh oleh branya sendiri. Tanda lainnya adalah payudara ibu hamil akan terasa lembut dan lebih empuk ketika disentuh. Selain itu, ibu hamil juga akan merasa gatal di bagian tersebut.

7. Kram Perut

Kram perut adalah salah satu ciri ciri akan hamil sebelum telat haid. Selain itu, usia kehamilan yang masih beberap minggu akan menyebabkan ibu hamil sering mengalami kram perut. Ibu hamil akan merasakan kram perut seperti ada sesuatu yang tumbuh di perut.

Kram perut disebabkan oleh merenggangnya otot Rahim untuk mendukung perubahan bentuk embrio. Ukuran janin yang semakin membesar bisa menyebabkan ibu hamil mengalami kram perut yang lebih sering. Namun, jika ibu hamil terlalu sering mengalmi kram perut, ibu bisa mengkonsultasikannya ke dokter. Kondisi ini harus dipantau jikalau terjadi kelainan kehamilan.

Selain tanda-tanda kehamilan diatas, masih banyak pertanda lain ibu mengalami kehamilan. Selain mengetahui tanda kehamilan, cara terbaik untuk mengetahui kehamilan adalah dengan tes kehamilan. Temui dokter anda juga jika ada pertanyaan atau masalah seputar kehamilan. Semakin cepat anda mengetahui bahwa anda hamil, semakin cepat anda melakukan perawatan yang tepat.

Selain itu, nutrisi optimal sangatlah baik untuk ibu hamil sehingga segera berikan nutrisi lengkap yang dibutuhkan setelah mengetahui tanda kehamilan. Anda juga jangan pernah menyepelekan apapun selama kehamilan termasuk posisi tidur ibu hamil.

No Responses

Write a response