vitamin pelancar asi

Konsumsi Vitamin Pelancar ASI Berikut Ini

Kebutuhan si buah hati sampai berusia 6 bulan hanyalah ASI dan tidak perlu campuran lainnya. Namun, ibu menyusui sering khawatir karena ASI tidak keluar atau hanya sedikit keluar. Alhasil ibu menyusui kerapkali tidak memberikan ASI eksklusif dengan alasan tidak memproduksi cukup ASI. Hal itu tentu saja tidak bisa dibenarkan karena ASI eksklusif adalah makanan dan minuman utama bagi bayi. Bagi ibu menyusui yang hanya mengeluarkan sedikit ASI, ibu perlu mengonsumsi suplemen atau vitamin pelancar ASI untuk memenuhi kebutuhan ASI si kecil.

Apa sajakah vitamin pelancar ASI itu?

Vitamin pelancar ASI untuk menambah produktivitas air susu ibu bisa didapatkan dari makanan alami seperti sayur, buah, dan daging. Kali ini ibuhamilsehat.net akan mengulas vitamin pelancar ASI. Simak baik-baik ya!

1. Vitamin A

Vitamin A memiliki nama lain yaitu Retinol. Vitamin A terbagi menjadi 2 jenis yaitu beta karoten yang berasal dari produk tumbuh-tubuhan dan retinoid yang berasal dari produk hewani. Mungkin selama ini bunda hanya mengetahuinya sebagai vitamin untuk kesehatan mata.

Ternyata vitamin A atau retinol merupakan vitamin untuk ibu menyusui yang dapat meningkatkan produktivitas ASI. Selain manfaat tersebut, vitamin A juga membantu memaksimalkan penglihatan ketika cahaya minim bagi bunda. Kemudian, vitamin A bermanfaat untuk meningkatkan daya imun tubuh bunda untuk bekerja lebih keras menghalau infeksi.

Vitamin ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit ibu menyusui. Salah satu jenis vitamin A yaitu retinoid sering ada dalam resep dokter untuk mengatasi masalah kulit seperti keriput dan jerawat. Oleh karena itu, bunda perlu memenuhi kebutuhan akan vitamin A setiap harinya. Vitamin A bisa berasal dari berbagai makanan diantaranya keju cheddar, mentega, bayam, kangkung, hati sapi, brokoli, ubi jalar, wortel dan masih banyak yang lainnya.

Kebutuhan vitamin A dapat diperoleh dari asupan makanan sehari-hari. Jika tidak digunakan seluruhnya, sisa vitamin A dapat dijadikan cadangan dalam tubuh untuk digunakan di kemudian hari. Mengenai dosis, orang dewasa yang mengonsumsi sayur dan buah sebyak 5 porsi dapat memenuhi kebutuhan 65% dari total vitamin A per-harinya. Ibu menyusui memerlukan 700 mikrogram vitamin A perharinya.

2. Vitamin B1

Vitamin B1 sering disebut juga sebagai Thiamin. Vitamin B1 adalah senyawa yang pertama kali dikenal sebagai vitamin. Selain sebagai pelancar ASI, thiamin bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh. Selain itu, banyak fungsi tubuh yang memerlukan vitamin B1 yaitu sistem saraf, fungsi otot, dan metabolism karbohidrat bunda dan bayi.

vitamin pelancar asi

Bahkan defisiensi vitamin B1 dapat berdampak buruk bagi bunda yaitu memicu gangguan otak, otot, saraf, pencernaan, jantung, dan penyakit beri-beri. Oleh karena itu, selain berguna sebagai vitamin untuk melancarkan ASI, vitamin B1 bermanfaat untuk menjaga kesehatan bunda dan bayinya. Vitamin B1 terkandung dalam gandum, ragi, kentang, hati, telur, dan biji-bijian. Selain itu, vitamin B1 tersedia dalam berbagai merek obat baik yang melalui resep dokter dan yang dijual bebas di apotek.

Vitamin sebagai cara memperbanyak asi ini dalam bentuk injeksi memerlukan resep dari dokter. Mengenai dosis, untuk menghindari defisiensi vitamin B1, bunda perlu memenuhi kebutuhan 50-300 mg/hari. Dosis dan jangka pengobatan berdasarkan respon tubuh setelah memulai pengobatan dan tingkat keparahan kondisi. Pengobatan bisa berlangsung 3-6 bulan.

Jika bunda menggunakan obat atau suplemen untuk ibu menyusui vitamin B1, selalu baca aturan pakai dan petunjuk dalam kemasan. Kemudian, jangan mengonsumsi dosis melebihi yang dianjurkan. Bunda dapat mengonsumsi vitamin B1 pada saat makan atau setelah makan untuk mengoptimalkan efeknya. Keunggulan dari vitamin ini adalah tidak menimbulkan efek samping sama sekali asal mengonsumsinya dalam dosis yang tepat.

3. Vitamin B2

Vitamin B2 terkenal juga sebagai Riboflavin. Riboflavin adalah mikronutrisi yang mudah larut dalam air sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Asupan vitamin B2 harus terpenuhi selama masa menyusui karena selain melancarkan produksi ASI, vitamin pelancar asi yang bagus untuk ibu menyusui ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ASI. Selain itu, vitamin B2 memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

vitamin pelancar asi

Secara umum, tubuh bunda memerlukan vitamin B2 untuk membakar lemak, protein dan karbohidrat, menjaga kesehatan sistem saraf, mata, dan kulit, dan membantu memproduksi sel darah merah. Defisiensi vitamin B2 dapat menyebabkan ibu dan bayi mengalami demam berkepanjangan dan diare. Sumber utama vitamin B2 adalah kacang-kacangan, sayuran hijau, hati, keju, dan daging sapi. B

ahan-bahan makanan tersebut sebaiknya dihindari dari cahaya matahari karena UV dapat merusak kandungan vitamin B2 didalamnya. Secara umum, dosis vitamin B2 yang dibutuhkan oleh bunda adalah 1,1mg/hari. Jika bunda mengonsumsi suplemen vitamin B2, takaran maksimal yang diperbolehkan adalah 40mg/hari.

4. Vitamin B12

Vitamin B12 adalah salah satu jenis vitamin yang larut air dan sering disebut cobalamin. Vitamin pelancar asi saat hamil ini memiliki peranan penting untuk sistem saraf dan funsi normal otak. Umumnya, vitamin ini terlibat dalam proses metabolism setiap sel tubuh terutama dalam produksi energy, sintesis asam lemak, dan sintesis dan regulasi DNA.

Karena keterilbatannya dalam seluruh proses metabolism sel, vitamin B12 juga dapat berperan sebagai vitamin utuk melancarkan ASI. Banyak dari suplemen dan obat pelancar ASI yang menambahkan vitamin B12 sebagai kandungannya. Selain itu, asupan vitamin B12 dalam tubuh ibu menentukan kadar vitamin B12 dalam ASI nya. Selain terkandung dalam obat dan suplemen pelancar ASI, vitamin B12 dapat ditemukan dalam makanan alami.

Makanan alami yang mengandung vitamin B12 diantaranya daging sapi, kerang, kepiting, ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, dan ikan haring. Untuk mengatasi desiensi vitamin B12 bagi ibu menyusi, diperlukan 125-2000 mikrogram/ harinya. Ibu menyusui bisa mendapatkan vitamin B12 dari obat dengan merek dagang Neurotropic Plus, Neurotropic, Neurosanbe Plus, Neurosanbe, Neurobion, Neurobion Forte, Milmor, Mecola, Liveril, dan Laktafit.

5. Kalium

Kalium dikenal sebagai potassium. Defisiensi senyawa kalsium dalam tubuh ibu menyusui dapat menyebabkan cepat lelah dan bahkan tidak bisa memproduksi ASI. Bahkan kekurangan kalsium dapat menyebakan gejala depresi. Padahal ibu dalam menyusui sangat dilarang untuk mengalami depresi. Selain itu, apabila tubuh ibu menysui kekeurangan kalium, tubuh akan mengalami kondisi yang disebut hypokalemia.

Gejala hypokalemia berupa detak jantung yang tidak beraturan, perubahan suasana hati, mual, muntah, kram otot tangan dan kaki, otot terasa lemah, dan kelelahan. Senyawa ini merupakan mineral essensial untuk menjaga kesehatan tubuh dan imun tubuh. Kalium banyak terkandung dalam kentang, kurma, kacang-kacangan, bayam, yoghurt, ubi jalar, buah alpukat, dan pisang.

Nah, itulah ulasan mengenai vitamin pelancar ASI yang dapat membantu produkstivitas ASI dan meningkatkan kualitas ASI. Pemberian ASI ekslusif memiliki sejuta manfaat untuk bayi bunda. Kini, bunda tidak perlu khawatir ASI yang dikeluarkan sedikit atau tidak keluar sama sekali. Ketahui juga makanan penambah ASI dan suplemen pelancar asi agar bunda tahu pilihan terbaik yang mengandung banyak vitamin-vitamin pelancar ASI.

No Responses

Write a response